Pelindo 1 Tingkatkan Pelayanan dengan Luncurkan Aplikasi CRM

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Mei 2020 - 06:00 WIB

Pelindo 1 Tingkatkan Pelayanan dengan Luncurkan Aplikasi CRM
Pelindo 1 Tingkatkan Pelayanan dengan Luncurkan Aplikasi CRM

INDUSTRY.co.id - Medan- Menjawab tantangan di era digital, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan untuk manajemen hubungan pelanggan Pelindo 1.

CRM merupakan sebuah metode dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai aktivitas yang berbeda untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

“Mengingat dinamika industri dan pergeseran penting ke arah pengaturan yang berpusat pada pelanggan, kebutuhan akan manajeman hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan,” terang Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Syahputera Sembiring. 

  Layanan CRM yang diluncurkan Pelindo 1 berbasis portal yang bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id yang di dalamnya terdapat pilihan berbagai channel yang bisa digunakan. Selain itu, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Call Center dengan Hot Line Number 1500 – 778 yang akan dilayani dengan Nona CERI atau Customer Care Pelindo 1.

 Layanan Call Center ini merupakan suatu sistem informasi terpusat yang terintegrasi dengan aplikasi CRM Pelindo 1 untuk menggali informasi dan menjawab kebutuhan pelanggan sehingga dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan layanan perusahaan bagi seluruh pelanggan Pelindo 1. Layanan call centre menawarkan real time interactions yang memungkinkan pelanggan mudah berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dengan perwakilan perusahaan dari perangkat mobile yang digunakan dengan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Aplikasi CRM ini memudahkan kami dalam melakukan aktivitas marketing dan melakukan sosialisasi mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan kepada para pengguna jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, serta melakukan proses penanganan keluhan, klaim, maupun informasi dari pelanggan. Aplikasi ini merupakan salah satu wujud modernisasi sistem layanan Pelindo 1 untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepada pengguna jasa,” jelas Syahputera Sembiring.

Dengan penerapan aplikasi CRM ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan

Syahputera Sembiring menambahkan bahwa Pelindo 1 telah melakukan kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM sejak awal tahun 2020 di berbagai wilayah kerja yang meliputi: Medan, Pekanbaru, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Batam, dan Aceh. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penggunaan aplikasi CRM serta dirangkai dengan pemberian apresiasi kepada pengguna jasa di cabang-cabang pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…