Schneider Electric Beberkan Strategi Meningkatkan Ketahanan Industri Manufaktur di Masa 'New Normal'

Oleh : Candra Mata | Rabu, 20 Mei 2020 - 21:50 WIB

Pabrik Schneider Electric
Pabrik Schneider Electric

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengingatkan sektor manufaktur agar segera beradaptasi menghadapi kondisi “new normal” pasca krisis dengan memanfaatkan teknologi revolusi industri 4.0 sebagai katalisator rencana pemulihan bisnis di masa krisis dan pasca krisis seperti saat ini. 

Dalam merencanakan strategi digital yang efektif dan terukur, pelaku industri perlu mengidentifikasi permasalahan / tantangan utama dalam menjalankan operasional di kondisi “new normal”, melakukan penilaian dan studi kelayakan, membangun kapasitas sumber daya manusia, berkolaborasi dengan mitra-mitra yang ahli dalam transformasi digital industri, dan terakhir melakukan pengawasan dan evaluasi hasil dari penerapan strategi digital. 

Salah satu kondisi “new normal” yang menjadi tantangan bagi sektor manufaktur adalah tuntutan menjalankan kebijakan remote working. 

Sektor manufaktur yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi dalam kegiatan operasionalnya yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin, manusia dengan manusia, dan mesin dengan mesin membutuhkan teknologi pendukung yang dapat menciptakan kolaborasi dan pengelolaan data yang akurat dan cepat untuk pengambilan keputusan bisnis yang tepat. 

Agar dapat menjalankan remote working yang efektif dan produktif, manajemen perusahaan perlu memperhatikan beberapa tantangan ini antara lain menyediakan akses internet yang aman untuk seluruh karyawan, memberikan kemudahan akses data real-time secara digital untuk membantu pekerjaan karyawan, mempertahankan interaksi komunikasi dan koordinasi antar sesama karyawan dan manusia dengan mesin agar tetap berjalan, dan menyediakan fasilitas dan teknologi pendukung untuk mengakomodasi ketiga hal tersebut. 

Xavier Denoly, Cluster President Indonesia dan Timor Timur, Schneider Electric mengatakan digitalisasi teknologi revolusi industri 4.0 dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut dan memungkinkan pelaku industri 
mencapai tingkatan baru dalam produktivitas operasional dan efisiensi energi, menciptakan proses kerja baru, memberdayakan sumber daya manusia, dan memberikan kemampuan untuk cepat beradaptasi di tengah situasi 
krisis sekalipun. 

"Digitalisasi bahkan dapat merubah kondisi krisis menjadi peluang. Perusahaan yang memiliki skenario dan prosedur mitigasi yang terstruktur, akurat dan real-time dalam kondisi krisis akan memperoleh kepercayaan dan keyakinan penuh dari pelanggan untuk tetap berbisnis dan juga dari karyawan untuk terus fokus bekerja dan mencapai hasil yang maksimal," ujar Xavier Denoly kepada Industry.co.id Rabu malam (20/5).

Platform digital yang menggabungkan advanced analytics dan konektivitas jarak jauh memberikan visibilitas penuh bagi perusahaan untuk mengidentifikasi potensi kerentanan. 

Dikatakannya, dengan memanfaatkan analisa data penting, pelaku industri dapat menghadapi dan meminimalisir dampak dari ancaman yang tiba-tiba terjadi dan bergerak dengan cepat untuk keberlangsungan bisnis. 

Digitalisasi dan kemampuan pengoperasian jarak jauh menawarkan peluang bagi pelaku industri untuk tetap beroperasi dan bertahan selama krisis. 

Tidak hanya itu, manajemen jarak jauh yang menggabungkan cybersecure remote access dan augmented reality memungkinkan operator pabrik untuk terus menyesuaikan proses, melakukan pemeliharaan, dan membuat keputusan operasional dengan analisa data yang real-time untuk mendorong efisiensi bahkan ketika akses fisik ke area pabrik dibatasi atau tidak dimungkinkan. 

Dalam memilih solusi digital, pelaku industri perlu mencari solusi yang open platform dengan fitur-fitur yang komprehensif, terintegrasi dan dilengkapi dengan sistem keamanan siber yang terbaik. 

"Solusi EcoStruxure™ dari Schneider Electric memungkinkan fleksibilitas dan interoperabilitas, membantu pelaku industri meningkatkan produktivitas, efisiensi, mendorong pertumbuhan dan menjaga keberlangsungan bisnis. Solusi EcoStruxure™ Schneider Electric dapat meningkatkan keandalan performa peralatan/mesin pabrik hingga 50 persen, meningkatkan keamanan dan keselamatan pekerja hingga 25 persen, dan mengurangi jejak karbon hingga 50 persen," jelas Xavier Denoly. 

Perlu diketahui, pabrik pintar Schneider Electric di Batam dan Cikarang sendiri telah menggunakan solusi EcoStruxure™ dan dapat menjadi bukti bagaimana transformasi digital dapat meningkatkan ketahanan dan memberikan kemampuan adaptasi yang cepat bagi manajemen dalam merespon perubahan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…