Wow...Harga BBM Level Pertamax di Arab Saudi Hanya Seharga Rp 3.280 per Liter, Kenapa di RI Masih Tinggi

Oleh : Ridwan | Selasa, 19 Mei 2020 - 18:42 WIB

Saudi Aramco
Saudi Aramco

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penurunan harga minyak dunia akibat virus corona terus berlanjut. Meski harga minyak saat ini sudah mulai merangkak naik akibat pemangkasan produksi negara OPEC+, tapi levelnya masih USD 30 per barel untuk jenis Brent dan USD 24 per barel untuk WTI.

Masih jatuhnya harga minyak mentah dunia, jauh di level aman USD 60 per barel, membuat Saudi Aramco menurunkan harga BBM di Arab Saudi.

Dikutip dari saudigazette.com, Selasa (12/5), bensin RON 91 turun dari SR 1,31 menjadi SR 0,67 per liter atau setara dengan Rp 2.680 (kurs Rp 4.000 per Saudi Riyal).

Sedangkan bensin RON 95 diturunkan menjadi SR 0,82 alias Rp 3.280 dari sebelumnya SR 1,47 per liter di bulan sebelumnya. Sebagai pembanding, harga bensin RON 95 di Indonesia di atas Rp 9.000 per liter.

Menurut Saudi Aramco, penurunan ini sesuai dengan prosedur tata kelola penyesuaian harga produk energi dan air yang disetujui. Jadi, ketika harga bahan bakunnya turun, maka produk hilirnya ikutan murah.

Sedangkan Indonesia, sejak awal Februari sampai sekarang masih mempertahankan harga BBM meski harga minyak mentah sudah jatuh hingga ke level USD 20 per barel.

Terkait keputusannya untuk menahan harga BBM di tengah murahnya harga minyak, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengaku pihaknya mempertimbangkan berbagai hal.

Pertama, menurut dia harga minyak dunia masih belum stabil dan memiliki volatilitas yang cukup tinggi, berpotensi turun atau naik lagi. Pemerintah pun terus memantau perkembangan harga komoditas tersebut.

"Selain itu, (pemerintah) juga menunggu pengaruh dari pemotongan produksi OPEC+ (negara produsen minyak mentah) sekitar 9,7 juta barel per hari pada Mei-Juni 2020 dan pemotongan sebesar 7,7 juta barel per hari pada Juli-Desember 2020, serta 5,8 juta barel per hari pada Januari 2021-April 2022," kata Arifin Tasrif dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI secara daring,(4/5).

Menurut Arifin, harga BBM di Indonesia merupakan salah satu yang termurah di antara negara-negara ASEAN dan beberapa negara di dunia. Di sisi lain, volume penjualan BBM dalam negeri turun secara signifikan sekitar 26,4 persen pada April dibandingkan kondisi sebelum pandemi COVID-19 selama Januari dan Februari.

"Jadi, pemerintah masih menjaga harga tetap karena harga minyak dunia dan kurs masih tidak stabil serta dapat turun. Menyikapi kondisi ini, beberapa badan usaha melakukan aksi korporasi seperti pemberian diskon dan antara lain berikan diskon dan pikirkan juga para nelayan yang gunakan Solar dan LPG di daerah yang memang kesulitan biaya kerjanya," ujar Arifin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…