Perusahaan Didorong Maksimalkan Penyerapan Livebird

Oleh : Wiyanto | Selasa, 12 Mei 2020 - 22:13 WIB

Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)
Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) terus melakukan pemantauan terhadap implementasi komitmen kerjasama penyerapan ayam ras (livebird) peternak mandiri oleh para mitra peternakan.

Tercatat hingga 7 Mei 2020, jumlah ayam yang sudah diserap oleh perusahaan mitra peternakan sebanyak 613.870 ekor atau setara 14,90% dari komitmen yang disepakati 4.119.000 ekor.

“Kami terus mengimbau perusahaan pembibitan ayam ras dan perusahaan pakan ternak yang telah melakukan pembelian livebird agar dapat terus memaksimalkan penyerapan sesuai komitmennya,” ungkap Dirjen PKH, I Ketut Diarmita di Jakarta, Kamis (7/5).

Lanjut Ketut membeberkan data capaian pembelian livebird di tingkat provinsi, yakni Provinsi Jawa Barat sebanyak 312.024 ekor, Banten 18.695 ekor, Jawa Tengah 181.585 ekor, DI Yogyakarta 6.847 ekor, Jawa Timur 79.487 ekor, dan Sumatera Utara 15.232 ekor.

"Masih ada dua perusahaan yang belum melaporkan hasil pembelian livebird peternak mandiri, kami harapkan perusahaan mitra tersebut dapat segera melaporkan," tambahnya.

Ketut menyampaikan terdapat enam mitra peternakan yang penyerapannya di atas 50%, dan empat perusahaan mitra lainnya telah melebihi target (lebih dari 100%) yakni PT. Expravet, PT. Intertama Trikencana Bersinar, dan PT. Ayam Manggis, dan CV. Surya Inti Pratama.

“Kami apresiasi komitmen yang diberikan sebagai wujud solidaritas untuk saling menguatkan rasa kebersamaan dalam membantu peternak lainnya saat ini,” ucapnya.

Menurutnya, Tim Ditjen PKH juga mencatat bahwa penyerapan terbesar saat ini dilakukan oleh PT Charoen Pokphand sebesar 190.513 ekor (19,05% dari komitmen) dan PT. De Heus sebanyak 115.161 ekor (11,52% dari komitmen).

Sementara itu, A. Bagus Pekik, Head Poultry Value Chain PT. De Heus menyampaikan bahwa bagi mereka, pembelian livebird peternak ini merupakan bentuk kebersamaan anak bangsa.

PT. De Heus sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pakan ternak tambahnya, memahami permasalahan peternak mandiri yang kesulitan karena harga livebird yang rendah, dan tergerak rasa nasionalisme dan kemanusiaannya untuk membantu membeli livebird peternak mandiri.

"Kami siap membeli satu juta ekor livebird peternak mandiri, walaupun kami tidak memiliki RPHU dan Cold Storage, namun kami carikan untuk membantu masalah ini," tambah Bagus.

Hal senada juga disampaikan oleh Suwandi pimpinan PT. Karya Indah Pertiwi yang berkomitmen untuk membeli livebird peternak mandiri sebanyak 50.000 ekor dengan harga Rp 15.000/kg.

"Semoga ini jadi awal perbaikan harga ayam pedaging menuju harga BEP dan mendukung sukses dan berkembangnya peternak rakyat mandiri," ucapnya.

Dukungan para mitra peternakan ini disambut baik oleh peternak mandiri juga oleh dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di enam provinsi.

Lalu Muhamad Syafriadi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah berharap fasilitasi penyerapan livebird ini dapat mengurangi supply ayam ke pasar, sehingga akan terjadi keseimbangan supply - demand.

"Diharapkan harga akan meningkat dan pada gilirannya peternak bisa menikmati hasil usahanya," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:29 WIB

Dari 245 PSN, Jokowi: Saya Minta Betul-betul Dihitung, Mana Proyek yang Daya Ungkitnya Lebih Besar Bagi Pemulihan Ekonomi

Adapun mengenai usulan beberapa PSN baru yang sebanyak 245 proyek strategis, Kepala Negara meminta jajarannya untuk mengkaji secara rinci mengenai prioritas dari proyek-proyek usulan tersebut.…

Petenis Federer (Foto Dok VoaNews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:00 WIB

Petenis Federer Federer Atlet Bayaran Termahal di Dunia

Pemain tenis asal Swiss, Roger Federer, menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2020. Hal tersebut terjadi karena pandemi COVID-19 telah menggeser Lionel Messi dari posisi…

ASN Diminta Selalu Gunakan Masker Saat Berkegiatan

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:20 WIB

Halo ASN, Begini Sistem Kerja 'Kalian' Saat New Normal

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Surat Edaran nomor 58 tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Tatanan Normal Baru…

Sambut HUT Batalyon ke-53 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad Kembali Menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Merauke

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:10 WIB

Yonif 411 Kostrad Semprot Disinfektan dan Bagikan Masker di Pelabuhan Merauke

Dalam rangka menyambut HUT Batalyon ke-53 pada tanggal 1 Juni 2020, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad kembali menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Merauke dalam memutus…

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Fotos Ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:00 WIB

PDIP Dukung Sepenuhnya Kebijakan Era New Normal

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan dukungan sepenuhnya atas kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meng¬ajak seluruh rakyat Indonesia memasuki fase kehidupan…