Sazia Outer: Pengganti APD yang Modis

Oleh : Candra Mata | Minggu, 03 Mei 2020 - 03:44 WIB

Rosie Rahmadi - Sazia Outer
Rosie Rahmadi - Sazia Outer

INDUSTRY.co.id

Jakarta, Masih segar diingatan kita atas berita mengenai sepasang suami istri yang berbelanja ke Supermarket menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa Baju Hazmat lengkap dengan kacamatanya. 

Hal tersebut sempat membuat geram beberapa pihak karena bertepatan dengan kondisi keterbatasan APD bagi tenaga medis, yang notabanenya lebih membutuhkan APD sebagai garda terdepan di bandingkan masyarkat umum.

Akan tetapi, rasa takut dan khawatir seseorang berbeda-beda kadarnya. Kita tidak pernah tahu seberapa besar kadar takut dan khawatir yang dirassakan masing- masing orang. 

Mungkin rasa takut di tengah wabah covid19 itu pula yang memantik beberapa orang nekat keluar rumah karena harus belanja dengan APD lengkap.

Melihat hal tersebut, Creative Director Maison Gadiza, Rosie Rahmadi berinisiatif untuk membuat sebuah produk yang bisa menggantikan APD sehingga bisa digunakan oleh masyarakat biasa.

“Kita tidak perlu menggunakan APD. APD itu hanya untuk Tim medis. Tapi kita bisa cari pengganti APD yang sekiranya mungkin bisa memuat kita merasa lebih aman ketika harus keluar," ujar Rosie Rahmadi kepada Industry.co.id Minggu (3/5).

Sazia Outer, merupakan salah satu produk dari Maison Gadiza, brand yang diusung oleh Desainer Rosie Rahmadi yang menurutnya bisa digunakan sebagai APD untuk kegiatan sehari-hari masyarakat umum. 

Hal tersebut didukung dengan beberapa fitur produk tersebut seperti panjang jaket yang melebihi pinggan, hoodie yang uuntuuk menutup kepala serta bahan yang anti air. Baginya, seorang fashion designer mempunyai kewajiban untuk menciptakan suatu produk yang tidak hanya baik tetapi juga bisa memberikan manfaat atau solusi.

Hal ini juga berangkat dari pengalaman pribadinya sebagai penderita Skliosis, Rosie seringkali mendapatkan beberapa keluhan, salah satunya mudah masuk angin disebabkan karena tidak menentunya cuaca di Indonesia. 

Karenanya, Rosie seringkali membawa jaket kemanapun ia pergi. Akan tetapi, ketika itu, ia tidak bisa menemukan jaket ataupun outer yang sesuai dengan aktivitasnya. Inilah kemudian memantik lahirnya ide terciptanya outer yang kemudian dinamai Sazia Outer.

Produk yang terbuat dari serat nilon dan polyester ini juga memiliki kemampuan water repellent, cepat kering, dan ringan.

“Produk ini selalu aku bawa kemana-mana. Selain ringan dia juga bisa kulipat dan kusut tidak butuh space banyak di dalam tas,“ ucapnya. 

Dengan desain yang sedemikian rupa, Sazia Outer dapat digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari beraktifitas santai di rumah, berjemur, bekerja di rumah, hingga berbelanja.

“Selain itu juga bisa aku pake olahraga, karena dia panjang bikin aku merasa nyaman saat pake pants untuk olahraga, lalu bisa membantu mengeluarkan keringat lebih banyak,“ sebutnya. 

Di masa Pandemi ini, Sazia Outer bisa jadi salah satu must have item bagi banyak orang. Desain yang praktis tapi multifungsi dengan berbagai fitur tambahannya, menjadikan Sazia Outer ini bisa menjadi salah satu alat pelindung diri. 

Dan paling tidak, dapat mengurangi rasa cemas seseorang ketika harus keluar rumah ditengah kondisi pandemik saat ini. Tentu saja dengan ditambah protocol keluar rumah lainnya membawa handsanitizer, melakukan sosial distancing, dan Jangan lupa menggunakan celana panjang dan sepatu tertutup keluar rumah.

“Sebaiknya memang jangan terlalu cemas dan mengkhawatirkan sesuatu karena sering kali hal-hal yang kita khawatirkan jarang terjadi. Tetapi tugas kita berupaya maksimal biar menjadi lebih tenang dan merasa aman,“ kata Rosie Rahmadi. 

Dengan banyaknya permintaan akan Sazia Outer, akhirnya Rosie Rahmadi pun kini menyempurnakan desain outer tersebut sehingga dapat digunakan baik oleh perempuan dan laki laki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021 - 07:00 WIB

Tekan Laju Penularan COVID-19 Lewat Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, perlu dilakukan pendekatan secara pentahelix, yaitu melibatkan unsur pemerintah, akademisi, swasta, komunitas, dan masyarakat. Satgas menekankan…

Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:53 WIB

Porang, Dulu Tak Dilirik Sekarang Banyak Dicari Orang

Porang menjadi salah satu komoditas super prioritas Kementerian Pertanian untuk meningkatkan nilai ekspor. Dalam skala luas, komoditas ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan mulai…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melihat buah Porang

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:38 WIB

Penuhi 20 Persen Lebih Kebutuhan Porang Dunia, Teknologi Pangan Harus Dikembangkan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo mengunjungi Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Menaker Ida Fauziyah

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:30 WIB

Menaker Ida: Reformasi Birokrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Digitalisasi menjadi norma baru dan menjadi sangat penting bagi perusahaan modern maupun institusi Pemerintah sebagai pemberi layanan publik. Reformasi birokrasi salah satunya diwujudkan melalui…

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Resmikan Lanal Saumlaki Tanimbar Maluku

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan…