DKJ Rilis Platform Indonesia Dance Network dan Saweraan Online

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 April 2020 - 13:00 WIB

DKJ Rilis Platform Indonesia Dance Network dan Saweraan Online
DKJ Rilis Platform Indonesia Dance Network dan Saweraan Online

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai respon dari pandemik Covid 19, Dewan Kesenian Jakarta menginisiasi panggung virtual di kanal YouTube Dan Instagram (IG)  Indonesia Dance Network.  Kehadiran panggung virtual ini membuka kembali pertemuan masyarakat dengan pekerja seni yang tidak bisa melakukan aktivitasnya karena PSBB.

Pada saat peluncuran hari ini akan ditayangkan video  yang memuat karya  tari dari Leuwijee - Outer Space, EKI Dance Company – 2 Girl, Ufa Sofura – UFA, Rianto – Tutorial Tari Lengger Eling Eling Banyumasan I, & Gigi Art of Dance - #GAoDNariDiRumah Bersama Keluarga.

Umar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan mengapresiasi  keberadaan  kanal YouTube Indonesia Dance Network sebagai ruang yang menyatukan seniman dengan masyarakat. “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi publik terhadap seni pertunjukan sebagai objek pemajuan kebudayaan dan sebagai upaya menghidupkan dan menjaga ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan,“ katanya, Rabu (29/4/2020)

Senada dengan Direktur Jenderal Kebudayaan, Yola Yulfianti dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ)  menegaskan bahwa kanal YouTube Indonesia Dance Network dapat menjadi panggung alternatif semasa Covid. "Selain itu masyarakat juga bisa menyalurkan kepedulian pada nasib pekerja seni dengan ikut berdonasi melalui program Saweran Online.”

Saweran Online juga didukung oleh Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia yang telah banyak membantu DKJ dalam sejumlah program-programnya, seperti Jakarta Dance Meet Up, Telisik Tari Ballet, Jakarta Philharmony dan masih banyak program lainnya. Alim Sudio selaku perwakilan dari Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia menyatakan memberi dukungan penuh untuk administrasi maupun promosi serta komunikasi dengan sejumlah seniman yang terlibat

“Dengan tim manajemen dan  pekerja seni yang dimiliki oleh Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia, tawaran DKJ membuat platform digital dan program Saweran Online  adalah tantangan baru, dengan waktu singkat membuat tim sosial media, digital promotion sekaligus broadcast team untuk penayangan talkshow ataupun pentas di berbagai kanal panggung digital,” kata Alim.

“Panggung digital inipun harus dikelola melibatkan banyak seniman tari se-Indonesia, mulai dari pendataan, recruitment, penjadwalan video tayang, editing, penghitungan dana, perpajakan dan  pembayaran ‘nyawer’  langsung via digital payment melalui platform OVO dan DOKU,” tambahnya.

Sementara itu, program Saweran Online juga didukung oleh Ratri Anindyajati, seorang penyintas Covid 19 yang berperan sebagai brand ambassador. “Saweran Online adalah program yang hadir sebagai respon dari pekerja seni tari yang tidak bisa mendapatkan penghasilan karena dampak Covid 19 sekaligus mendukung tumbuhnya ekosistem kebudayaan yang lebih baik “ katanya.

Kata saweran dipilih, sesuai dengan kultur tradisi yang mendukung pembiayaan seni secara organik. Saweran membangkitkan kembali hubungan penonton dengan para seniman tari  dan sarat dengan nilai tradisi.

OVO turut berpartisipasi menghadirkan solusi pembayaran bagi program ini. Melalui sistem pembayaran yang disiapkan oleh OVO bersama DOKU, penonton dan pecinta seni berkesempatan mendukung  pekerja seni Indonesia dengan melakukan Saweran Online sekaligus berdonasi kepada pekerja sektor informal melalui program ‘Patungan Untuk Berbagi THR’ yang digagas Tokopedia, OVO, dan Grab, bersama dengan BenihBaik selaku mitra resmi penyaluran donasi.

“Sebagai perusahaan tekfin yang senantiasa melayani Indonesia,  OVO siap mendukung dan  memfasilitasi berbagai transaksi untuk membantu pemerintah, bisnis, komunitas, dan masyarakat pada umumnya, untuk beradaptasi dengan bergesernya sebagian besar aktivitas warga ke platform daring,” ujar Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO.

Dewan Kesenian Jakarta pun percaya, melalui kanal YouTube Indonesia Dance Network dan program Saweran Online kita bisa menjaga keberlangsungan seni budaya indonesia dan melewati masa pandemi ini dengan penuh optimisme.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…