PT Semen Jawa-PT Tambang Sukabumi Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih untuk 70 Kepala Keluarga

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 April 2020 - 14:15 WIB

PT Semen Jawa-PT Tambang Sukabumi Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih untuk 70 Kepala Keluarga
PT Semen Jawa-PT Tambang Sukabumi Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih untuk 70 Kepala Keluarga

INDUSTRY.co.id - Sukabumi- SCG melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi kembali mendukung himbauan pola hidup bersih dan sehat dengan #PeduliBersama sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19.

Hal ini diimplementasikan dengan kontribusinya pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih dan pembagian sabun cuci tangan gratis bagi warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju. Setelah dibangunnya sarana air bersih ini, warga tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mengambil air bersih.

Pembangunan sumur air bersih dan torrent telah dilakukan agar 70 rumah mendapatkan fasilitas air bersih. Karyawan SCG dan masyarakat bahu membahu membangun sumur dan penampunganan air bersih di dekat perkampungan agar masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan air bersih. Sebelumnya, ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulilah dengan adanya kontribusi dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam pembangunan sarana air bersih di dekat rumah kami, kami tidak perlu lagi berjalan hingga 200 m untuk mengambil air bersih. Hidup sehat jadi lebih mudah dengan adanya akses air bersih yang lebih dekat“, ungkap  Fatimah, 45 Tahun, warga Kampung Cibanteng, Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi.

Selain pembangunan sarana air bersih, sosialisasi dalam upaya penanganan Covid-19 pun dilakukan dengan dibagikannya sabun cuci tangan gratis untuk warga Kampung Cibanteng. Hal ini menjadi salah satu cara agar masyarakat dapat terbiasa mencuci tangan pakai sabun seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam rangka meminimalisir pencegahan Covid-19.

“Pembangunan sarana air bersih ini merupakan salah satu upaya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa. Sarana yang baru saja selesai dibangun sehingga dapat mengalirkan air bersih di 2 RT di Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju.

Selain itu, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berupaya mendukung himbauan pemerintah dalam perangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk #PeduliBersama dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat melalui pembagian sabun cuci tangan kepada lebih dari 100 warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi”, jelas Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

 

Penanganan Covid-19 pun sebelumnya telah dilakukan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi melalui donasi yang diberikan senilai 165 Juta Rupiah untuk penyediaan APD, masker, sabun cuci tangan dan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 di Sukabumi.

Selain donasi tersebut, PT Semen Jawa  dan PT Tambang Semen Sukabumi juga telah melakukan beberapa program Bina Lingkungan (BiLik) yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19  melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnresmi.

Program ini menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people yakni kepedulian terhadap tanggung jawab sosial. Seluruh karyawan SCG dimanapun beroperasi perlu menanamkan rasa kepedulian yang tinggi selama menjadi bagian dari SCG. Selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani dalam Forum G20 (ist)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 00:05 WIB

Di Paris Forum dan G20 Arab Saudi, Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Cara Stabilkan Ekonomi dari Hantaman COVID-19

Sri Mulyani menceritakan langkah luar biasa yang telah diambil Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dalam menghadapi krisis ini dengan memperbolehkan pemerintah untuk memiliki defisit…

Enny Sri Hartati, Pengamat Ekonomi di diskusi Forum Monitor (Doc: Monitor)

Jumat, 10 Juli 2020 - 23:33 WIB

UMKM Enggak Pernah Naik Kelas, Terlalu!

Pandemi virus covid-19 yang berlangsung hampir tiga bulan nyaris membuat perekonomian nasional lumpuh. Bahkan, pelaku sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didominasi masyarakat…

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…