PT Semen Jawa-PT Tambang Sukabumi Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih untuk 70 Kepala Keluarga

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 April 2020 - 14:15 WIB

PT Semen Jawa-PT Tambang Sukabumi Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih untuk 70 Kepala Keluarga
PT Semen Jawa-PT Tambang Sukabumi Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih untuk 70 Kepala Keluarga

INDUSTRY.co.id - Sukabumi- SCG melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi kembali mendukung himbauan pola hidup bersih dan sehat dengan #PeduliBersama sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19.

Hal ini diimplementasikan dengan kontribusinya pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih dan pembagian sabun cuci tangan gratis bagi warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju. Setelah dibangunnya sarana air bersih ini, warga tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mengambil air bersih.

Pembangunan sumur air bersih dan torrent telah dilakukan agar 70 rumah mendapatkan fasilitas air bersih. Karyawan SCG dan masyarakat bahu membahu membangun sumur dan penampunganan air bersih di dekat perkampungan agar masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan air bersih. Sebelumnya, ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulilah dengan adanya kontribusi dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam pembangunan sarana air bersih di dekat rumah kami, kami tidak perlu lagi berjalan hingga 200 m untuk mengambil air bersih. Hidup sehat jadi lebih mudah dengan adanya akses air bersih yang lebih dekat“, ungkap  Fatimah, 45 Tahun, warga Kampung Cibanteng, Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi.

Selain pembangunan sarana air bersih, sosialisasi dalam upaya penanganan Covid-19 pun dilakukan dengan dibagikannya sabun cuci tangan gratis untuk warga Kampung Cibanteng. Hal ini menjadi salah satu cara agar masyarakat dapat terbiasa mencuci tangan pakai sabun seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam rangka meminimalisir pencegahan Covid-19.

“Pembangunan sarana air bersih ini merupakan salah satu upaya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa. Sarana yang baru saja selesai dibangun sehingga dapat mengalirkan air bersih di 2 RT di Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju.

Selain itu, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berupaya mendukung himbauan pemerintah dalam perangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk #PeduliBersama dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat melalui pembagian sabun cuci tangan kepada lebih dari 100 warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi”, jelas Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

 

Penanganan Covid-19 pun sebelumnya telah dilakukan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi melalui donasi yang diberikan senilai 165 Juta Rupiah untuk penyediaan APD, masker, sabun cuci tangan dan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 di Sukabumi.

Selain donasi tersebut, PT Semen Jawa  dan PT Tambang Semen Sukabumi juga telah melakukan beberapa program Bina Lingkungan (BiLik) yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19  melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnresmi.

Program ini menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people yakni kepedulian terhadap tanggung jawab sosial. Seluruh karyawan SCG dimanapun beroperasi perlu menanamkan rasa kepedulian yang tinggi selama menjadi bagian dari SCG. Selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…