Diam-diam, Menperin Agus Gumiwang Idolakan Sri Mulyani dan Retno Marsudi Sebagai Sosok Kartini Masa Kini

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 April 2020 - 02:10 WIB

Menteri Perindustian Agus Gumiwang
Menteri Perindustian Agus Gumiwang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang bercerita tentang sosok Kartini yang dikaguminya pada peringatan hari kelahiran pahlawan perempuan nasional Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April.

"Saya selalu melihat Kartini itu sebagai sosok perempuan yang tidak pernah menurunkan semangatnya untuk memperjuangkan apa yang dari pemikirannya," kata Menperi Agus saat Ngopi Digital bareng Forum Wartawan Industri (Forwin) di Jakarta (21/4/2020).

Menurut Agus, Kartini di masa kini adalah sosok perempuan yang di dalam lingkup kegiatannya atau profesinya selalu mengedepankan prinsip. 

"Yang paling penting bagi saya, jangan dilihat klise, saya melihat ibu saya juga seperti Kartini. Di luar itu, saya melihat perempuan yang juga menjadi pionir di lingkungan masing-masing, baik itu di bidang politik, jurnalis, dan pemerintahan juga adalah Kartini," terangnya.

Agus menyampaikan, di dalam pemerintahan misalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi contoh sosok Kartini yang saat ini ikut berjuang bersama Kabinet Indonesia Maju dalam mengatasi pandemi virus corona baru atau Covid-19.

"Kita melihat betapa beratnya tekanan saat ini kita hadapi bersama. Ibu Menkeu dan Ibu Menlu menjadi sosok Kartini di pemerintahan yang ikut berjuang menghadapi kondisi saat ini. Model-model perempuan sepeti ini yang menjadi role model Kartini masa kinisaya," ungkap Menperin.

Menperin Agus juga menyebut bahwa di setiap profesi di Indonesia pasti memiliki sosok-sosok Kartini masing-masing yang patut diteladani sekaligus dibanggakan. 

Seperti diketahui, Raden Ajeng Kartini telah menjadi tokoh yang menggelorakan pegerakan dan emansipasi perempuan Indonesia. Perjuangan Kartini membawa banyak perubahan untuk perempuan Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…