Selain Jadi Komut Pertamina, Ahok Juga Pintar Bisnis Ayam Loh

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 April 2020 - 15:02 WIB

Ahok (foto Antara)
Ahok (foto Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merasa waktu kerjanya di PT Pertamina (Persero) sebagai komisaris utama lebih longgar ketimbang pekerjaan-pekerjaan sebelumnya. Di perusahaan pelat merah itu, Ahok masih memiliki waktu untuk berbisnis.

"Tentu (pekerjaan sebagai komisaris utama) ini lebih santai. Jam 07.00 WIB mulai rapat sampai jam 12.00 WIB, lalu makan siang, (berkegiatan) sampai sore. Malam bisa usaha di tempat lain," ujar Ahok dilansir Tempo.co dalam wawancara yang diunggah melalui YouTube selebritas Luna Maya, beberapa waktu lalu.

Bisnis yang dimaksud Ahok ini adalah usaha ayam. Kepada Luna Maya, ia menceritakan kerap berkumpul dengan sejawat bisinsnya untuk membicarakan usaha sampingan yang ia singgung dengan jargon 'jagonya ayam' ini.

Cerita soal bisnis ayam juga pernah disampaikan Ahok dalam wawancaranya dengan Majalah Tempo. Tak lama setelah bebas dari hukuman kurung, Ahok mengatakan telah merencanakan bisnis bersama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Keduanya pun kerap bertemu untuk membicarakan usaha ayam ini. "Hampir tiap pekan kami bertemu, mau bisnis ayam," kata Ahok seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi 17 Februari 2020 berjudul 'Jatuh Bangun Ahok'.

Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan Ahok. Tak main-main, ia sampai 'berguru' ke Australia untuk mengerti seluk-beluk beternak ayam. Sesekali, ia juga mampir ke peternakan ayam milik Gatot di Purwakarta, Jawa Barat.

Rencana bisnis itu pun dibenarkan Gatot Nurmantyo. "Saya terbuka saja untuk memberi bantuan dan pengalaman," kata Gatot Nurmantyo.

Sebelum memutuskan berkecimpung di ranah bisnis ayam, Ahok mengaku sempat gamang. Ia sempat mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang pendeta. Keinginan itu muncul kala ia tengah menghadapi proses perceraian dengan mantan istrinya, Veronica Tan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…