Tuntut 46 TKA Asal Cina Dipulangkan, Masyarakat Halsel Geruduk Lokasi Industri Pertambangan Harita Grup

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 16 April 2020 - 15:46 WIB

Ormas dan Mahasiswa tuntut Harita Group Pulangkan TKA Asal China
Ormas dan Mahasiswa tuntut Harita Group Pulangkan TKA Asal China

INDUSTRY.co.id - Halsel, Aksi Demontrasi terhadap perusahaan yang bernaung dibawah Harita Grup, yakni PT. Halmahera Persada Lygen (HPAL) di Desa Kawasi Pulau Obi Halmahera Selatan hari ini  Kamis (16/4) kembali digelar.

Aksi penuntutan segera pulangkan tenaga kerja asing (TKA)  asal China yang didatangkan ditengah ancaman wabah virus corona itu digelar oleh sejumlah organisasi kemasyarakat pemuda dan Organisasi Mahasiswa Halmahera Selatan. 

Diantaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Ormas Kemasyarakat pemuda dan Mahasiswa itu menyampaikan tuntutan kepada pihak perusahan PT.Halmahera Persada Lygen ( HPAL) untuk segera pulangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) sebanyak 46 orang.

Tuntutan tersebut diajukan dalam aksi demo karena perusahaan Harita Grup dianggap  melanggar Peraturan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) nomor  11 tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.

Atas dasat itulah kalangan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dan Mahasiswa  di Kabupaten Halmahera Selatan menuntut dan mendesak 46  TKA asal China yang didatangkan pihak PT. Halmahera Persada Lygen (HPAL) segera angkat kaki dari kawasan pertambangan di desa Kawasi.

Hingga berita ini di publish aksi demo tuntutan dari sejumlah elemen pemuda mahasiswa dan masyarakat masih berlangsung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Denkavud Satuan Siap Berkuda Kavelari Setiap Saat

Selasa, 14 Juli 2020 - 04:00 WIB

Denkavud Satuan Berkuda Kavelari Siap Setiap Saat

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Brigjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si., melaksanakan kunjungan kerja ke satuan Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong dalam rangka bertatap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Senin, 13 Juli 2020 - 21:25 WIB

Kabar Gembira! Skuter Siap Mengaspal Kembali

Kementerian Perhubungan RI telah menerbitkan Peraturan Menteri yang mengatur skuter, otopet, dan sepeda listrik. Dalam beleid yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 45 Tahun…

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…