Penggembala Kerbau Itu di Puncak Partai Demokrat

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 16 April 2020 - 08:55 WIB

Benny Kabur Harman (BKH)-Anggota DPR-RI (foto delegasi.com)
Benny Kabur Harman (BKH)-Anggota DPR-RI (foto delegasi.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Benny Kabur Harman (BKH)-Anggota DPR-RI 3 Periode, belum lama ini dinobatkan sebagai orang kedua alias menduduki posisi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.

Atas terpilihnya, membanjir ucapan selamat buat mantan Ketua Komisi III DPR itu di media sosial. “Dia kebanggaan orang NTT. Moga sukses sukses,”ujar seorang warganet.

Benny Kabur Harman mendampingi Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono di susunan Pengurus di puncak Partai Demokrat Masa Bakti 2020-2025.

Lelaki kelahiran Denge, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) 10 September 1962 ini, dalam usia relatif muda, telah sukses menduduki beberapa jabatan penting. Salah satunya adalah pernah menduduki posisi Ketua Komisi III DPR-RI.

Memang, perjuangannya meniti karir tentu tidak mudah. Sejak Sekolah Dasar hingga tamat SMA, ia tuntaskan di sekitar kampung halamannya di Flores. Setelah tamat SMA dia diterima di Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Keaktifannya berorganisasi, antara lain pernah menjabat Ketua PMKRI Cabang Malang (1985-1990), membuka lembaran hidupnya untuk tidak berorientasi menjadi PNS, seperti umumnya warga di Flores. Benny terus bergerak melakukan pembelaan hak-hak (advokasi) masyarakat, khususnya di bidang hukum.

Lebih unik lagi, saat terjun ke dunia Bantuan Hukum, dia bukan seorang lawyer dengan cincin berlian, arloji cartier, setelan jas necis dan berkendara BMW. Melainkan lawyer yang hidupnya penuh perjuangan, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat di sekitarnya.

Dengan modal rekam jejak itu, Benny yang sempat juga berkarir di bidang jurnalistik, reporter hingga diangkat menjadi Ketua Litbang Media Indonesia, memberanikan diri bertarung menjadi calon legislatif DPR-RI lewat Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Setelah sukses di tahun 2004, tahun 2009 jabatan DPR-RI kembali menghampirinya lewat Partai Demokrat.

Penggembala Kerbau

Benny Kabur Harman terlahir dari pasangan Damianus Kabur dan Katarina Ulus. Ayahnya adalah seorang guru agama katolik. Ayahnya, termasuk dalam sebagian kecil masyarakat Denge, Todo yang selalu mengutamakan pendidikan bagi anak-anaknya. Penghasilan seorang guru saat itu tidaklah cukup untuk mengurus sembilan anak, termasuk Benny. Tidak heran usai sekolah Benny terjun ke ladang untuk membantu mengurus ternak dan berkebun.

Kendati demikian, bagi sang ayah, pendidikan merupakan sumber dari ilmu pengetahuan yang dapat membebaskan anak-anaknya dari belenggu kemiskinan. Tak heran, jika kemudian tidak ada istilah malas sekolah dalam kamus Benny. Walau lelah menggembala ternaknya namun Benny bertekad untuk tetap harus kesekolah.

Kedisiplinan menjadi salah satu ajaran sang ayah yang kemudian menjadi nilai hidup yang terus dipegangnya hingga hari ini. Ketika memasuki usia sekolah dasar, Benny kecil mulai diperkenalkan dengan apa yang dinamakan tanggung jawab. Masih diingat Benny, setiap jam tiga pagi, jauh sebelum ayam jantan berkokok, ia harus segera menyelesaikan mimpi indah dalam tidurnya.

Ia harus bergegas ke kebun menggembala sapi dan kerbaunya untuk mengusir babi hutan atau dalam bahasa setempat disebut tokong motang. Selepas pulang sekolah, Benny langsung kembali membantu orangtua berkebun, sekaligus membawa pulang ternak-ternaknya.

Masih terekam dalam ingatannya, sang  ayah menggelar sebuah lomba mengurus kerbau untuk Benny dan kakak laki- lakinya.  Lomba mengurus kerbau dimana kerbau yang bobotnya lebih gemuk atau besar lah yang jadi pemenangnya. Lomba itu sengaja diadakan sang ayah untuk kedua anak laki-lakinya, yakni untuk menimbulkan sikap persaingan, tentunya bersaing dalam arti positif. Siapa sangka jika kemudian sikap itu terus terbawa dalam kesehariannya.

Begitulah sekelumit jejak perjalanan Leki tegas, namun low profil ini, yang mestinya bisa menjadi sumber inspirasi yang mencerahkan bagi anak-anak muda di pelosok nusantara.

Setidaknya, keuletannya bertarung menyikapi hidup dan kehidupan telah mematahkan mithos, untuk menjadi orang penting di Republik ini tidak cukup hanya berbekal rekam jejak dan jaringan sosial tanpa memiliki modal finansial yang cukup.

Mithos itu telah dipatahkan Benny K Harman. Bahkan. Uniknya lagi, Benny meraih kursi DPR-RI-nya melalui dua partai yang berbeda. Tentu ada alasannya, kenapa Benny, berpindah partai dan sukses dengan partai barunya.

Tapi, sosok Benny K Harman yang dinilai kontroversial, oleh sebagian rekannya, patut dijadikan sumber inspirasi generasi muda, saat ini dan yang akan datang. Dengan begitu diharapkan lahirnya sosok-sosok ulet yang turut mewarnai Indonesia dalam beberapa dekade ke depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…