Mona Monika: Bank DBS Indonesia Gelar SME Academy Talks untuk Dorong Pelaku Industri Tetap Bertumbuh di Tengah Pandemi

Oleh : Arya Mandala | Kamis, 16 April 2020 - 08:38 WIB

Bank DBS Indonesia Gelar SME Academy Talks
Bank DBS Indonesia Gelar SME Academy Talks

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mona Monika, Executive Director, Head of Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia mengatakan, saat ini kita sedang dihadapkan pada situasi pandemi yang memberikan dampak terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia. 

Berbagai kebijakan sebagai upaya flatten the curve virus corona (Covid-19) mulai diberlakukan seperti physical distancing, aturan untuk melakukan kegiatan bekerja, sekolah hingga ibadah dari rumah, dan kini pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) khususnya di DKI Jakarta terhitung sejak 10 April lalu.

Menurut Mona Monika hal tersebut tentu memberikan dampak bagi para pelaku usaha mulai dari korporasi hingga Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang kemudian berdampak terhadap perekonomian negara. 

Sebagai salah satu kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia, UKM memiliki andil dalam menentukan kondisi ekonomi Indonesia terlebih dalam situasi saat ini. 

"Melihat hal tersebut, Bank DBS Indonesia sebagai institusi perbankan dengan wawasan bisnis dan industri terdepan, yang terus berkomitmen untuk memajukan UKM juga wirausaha sosial mengadakan #SMEAcademyTalks," ujar Mona. 

Sebelumnya SME Academy secara berkala diadakan untuk membantu Pelaku Usaha dalam membangun kemampuan dasar berbisnis yang akan mempercepat langkah inovasi, juga memperluas networking. 

"Mengingat situasi saat ini yang tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan acara dalam format tatap muka langsung, Bank DBS Indonesia tidak kehabisan cara untuk tetap dapat memberikan pelatihan khusus bagi Pelaku Usaha untuk memberikan wawasan terbaru dalam meningkatkan bisnis dari para pakar bisnis," sebutnya. 

Dikatakannya, dengan memanfaatkan teknologi digital, kini SME Academy kembali hadir dalam format Instagram Live. 

Pada format baru ini, sebutnya #SMEAcademyTalks akan menghadirkan Yasa Singgih, pelaku usaha muda yang memiliki Men’s Republic, merek fashion pria yang telah ia rintis sejak dirinya baru berusia belasan tahun. 

Yasa Singgih akan berbagi pengalaman terkait dengan bisnisnya, tindakan-tindakan yang diambil untuk menjalankan bisnis, seperti rencana aksi ideal untuk bertahan dalam situasi saat ini.

Sesuai dengan temanya yakni “Basic business check-up in the pandemic situation”, Yasa akan ditemani oleh pakar bisnis yakni Rudi Antoni, seorang profesional dan pelatih bisnis yang sangat berpengalaman dan memiliki spesialisasi dalam kepemimpinan dan manajemen, penjualan dan pengembangan bisnis serta customer experience. 

"Rudi akan berbagi mengenai cara agar bisnis dapat bertahan dalam situasi sulit seperti saat ini, menjelaskan tentang berbagai model bisnis yang dapat diterapkan pengusaha, dan memberikan referensi dan berbagai insight dari industri lain yang dapat diandalkan," jelas Mona Monika. 

Adapun, SME Academy Talks merupakan konsep baru dan pengembangan dari SME Academy yang sebelumnya sudah rutin kami lakukan setiap bulannya. 

"Dengan menjadikannya sebagai tayangan langsung melalui Instagram Live, kami berharap dapat memberikan insight ke lebih banyak pelaku usaha untuk dapat bertahan di situasi yang sulit," ucapnya lagi. 

Menurutnya, Bank DBS Indonesia sebagai lembaga keuangan yang menjalankan praktis bisnis dan perbankan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, tidak hanya menyediakan layanan perbankan yang dapat mendukung para pelaku usaha. 

"Tetapi juga memberikan wawasan terkini yang mereka butuhkan dengan menghadirkan para pelaku bisnis dan pakar bisnis profesional melalui SME Academy Talks,” tutup Mona Monika, Executive Director, Head of Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…