Pemkot Bogor Minta KCI Hentikan Sementara Pengoperasian KRL Selama PSBB

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 April 2020 - 12:00 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Agar kebijakan pembatasan sosial berskala berskala besar (PSBB) dapat berjalan dengan optimal dalam menekan penyebaran virus corona, Pemerintah Kota Bogor meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menghentikan sementara pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Bogor selama 14 hari. Rencananya, PSBB Kota Bogor akan diberlakukan mulai, Rabu (15/4/2020) besok.

"Paling ekstrim ya ditutup dulu, hal ini dimaksudkan agar efektivitas PSBB tercapai dan upaya menurunkan resiko penyebaran Covid-19 berhasil secara kualitatif dan kuantitatif," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dikutip dari CNN, Selasa (14/4/2020).

Dedie mengatakan, tidak hanya Kota Bogor yang mengusulkan hal tersebut, tetapi juga oleh Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, serta Kota Depok (Bodebek).

"Lima Kepala Daerah di Bodebek memberikan opsi kepada PT. KCI dan PT. KAI sebagai operator KRL untuk penghentian sementara kereta api Commuter Line selama 14 hari masa pemberlakuan PSBB," kata Dedie.

Dedie menyatakan Pemkot Bogor bersama empat pemerintah daerah lain berharap penghentian KRL selama 14 hari bisa diberlakukan. Menurut Didie, jika KCI tidak keberatan, maka PSBB bisa berjalan optimal dalam menekan penyebaran virus corona.

"Mereka (KCI) prinsipnya siap. Menunggu surat resmi dari Kepala Daerah, dan surat diupayakan turun hari ini. Hasil rapat video conference dihadiri juga dari Pihak KAI hadir Kepala Daop 1 Bapak Dadan dan Dirut PT. KCI Ibu Wiwik," kata Dedie.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication KCI, Anne Purba menyatakan pihaknya masih belum mengetahui usulan rencana pemberhentian KRL tersebut. "Kalau ada informasinya, nanti saya share," kata Anne melalui pesan singkat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan lima daerah di Jawa Barat yang merupakan wilayah penyangga DKI Jakarta yakni Bodebek bakal memberlakukan PSBB mulai Rabu (15/4/2020) yang akan berlaku selama 14 hari.

Pengajuan status PSBB kepada Kementerian Kesehatan melalui surat permohonan PSBB Bodebek terkait penanggulangan dan menekan penyebaran virus corona dikirim pada 8 April lalu. Penerapan PSBB di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi ini menyusul DKI Jakarta yang sudah memberlakukan terlebih dahulu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (foto Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Sedih! Muhaimin Iskandar: 3-4 Juta Pekerja Migran Indonesia Belum Jadi Peserta BP Jamsostek

Jakarta- Warga kita yang berada di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, dan lain-lain, yang tentu membutuhkan perhatian serius dan belum menjadi peserta BP Jamsostek.…

Presiden Jokowi di Ukraina

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Kyiv Ukraina

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam, Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50…

Jajaran Komisaris dan Direksi BEI yang hadir pada RUPST BEI 2022. (Foto: Humas BEI)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:14 WIB

Iman Rachman Resmi Jadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Hingga 2026

Para pemegang saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2021 telah menyetujui pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI…

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…