Pemkot Bogor Minta KCI Hentikan Sementara Pengoperasian KRL Selama PSBB

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 April 2020 - 12:00 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Agar kebijakan pembatasan sosial berskala berskala besar (PSBB) dapat berjalan dengan optimal dalam menekan penyebaran virus corona, Pemerintah Kota Bogor meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menghentikan sementara pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Bogor selama 14 hari. Rencananya, PSBB Kota Bogor akan diberlakukan mulai, Rabu (15/4/2020) besok.

"Paling ekstrim ya ditutup dulu, hal ini dimaksudkan agar efektivitas PSBB tercapai dan upaya menurunkan resiko penyebaran Covid-19 berhasil secara kualitatif dan kuantitatif," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dikutip dari CNN, Selasa (14/4/2020).

Dedie mengatakan, tidak hanya Kota Bogor yang mengusulkan hal tersebut, tetapi juga oleh Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, serta Kota Depok (Bodebek).

"Lima Kepala Daerah di Bodebek memberikan opsi kepada PT. KCI dan PT. KAI sebagai operator KRL untuk penghentian sementara kereta api Commuter Line selama 14 hari masa pemberlakuan PSBB," kata Dedie.

Dedie menyatakan Pemkot Bogor bersama empat pemerintah daerah lain berharap penghentian KRL selama 14 hari bisa diberlakukan. Menurut Didie, jika KCI tidak keberatan, maka PSBB bisa berjalan optimal dalam menekan penyebaran virus corona.

"Mereka (KCI) prinsipnya siap. Menunggu surat resmi dari Kepala Daerah, dan surat diupayakan turun hari ini. Hasil rapat video conference dihadiri juga dari Pihak KAI hadir Kepala Daop 1 Bapak Dadan dan Dirut PT. KCI Ibu Wiwik," kata Dedie.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication KCI, Anne Purba menyatakan pihaknya masih belum mengetahui usulan rencana pemberhentian KRL tersebut. "Kalau ada informasinya, nanti saya share," kata Anne melalui pesan singkat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan lima daerah di Jawa Barat yang merupakan wilayah penyangga DKI Jakarta yakni Bodebek bakal memberlakukan PSBB mulai Rabu (15/4/2020) yang akan berlaku selama 14 hari.

Pengajuan status PSBB kepada Kementerian Kesehatan melalui surat permohonan PSBB Bodebek terkait penanggulangan dan menekan penyebaran virus corona dikirim pada 8 April lalu. Penerapan PSBB di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi ini menyusul DKI Jakarta yang sudah memberlakukan terlebih dahulu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…