Raup Laba Bersih Rp3 triliun, CEO Citibank N.A Indonesia Batara Sianturi: Performa Keuangan Kami Solid

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 11 April 2020 - 08:11 WIB

CEO Citibank NA Batara Sianturi bersama Direksi
CEO Citibank NA Batara Sianturi bersama Direksi

INDUSTRY co.idJakarta, Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019, termasuk peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih.

Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp 4,4 Triliun karena peningkatan rata-rata kredit dan bank secara aktif telah meningkatkan rasio dana murah. 

Peningkatan pendapatan operasional bersih terutama berasal dari pendapatan perdagangan bersih yang lebih tinggi dari tahun lalu serta dari efisiensi beban usaha.

"Pertumbuhan laba bersih telah memberikan kontribusi pada peningkatan rasio Return on Equity (ROE) menjadi 17,9%, meningkat dari 12,5% di tahun 2018 dan Return on Asset (ROA) meningkat menjadi 4,7% tumbuh dari 3,2% di tahun lalu," ujar CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Sabtu (11/4).

Menurut Batara Sianturi, Citibank tetap memiliki tingkat kecukupan modal dan likuiditas yang sangat baik, dengan mencatatkan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 26,8% dan RIM sebesar 81,42%.

Selain itu, Citibank juga terus menjaga kualitas kredit, dimana bank melaporkan NPL Gross dan Net masing-masing sebesar 2,4% dan 0,5%.

“Citibank berhasil menutup tahun 2019 dengan performa keuangan yang solid. Walaupun kondisi ekonomi global di tahun 2020 penuh dengan volatilitas akibat situasi COVID-19, kami tetap berkomitmen untuk terus melayani para nasabah serta komunitas, sehingga bersama-sama dapat melalui masa-masa penuh tantangan ini," jelas Batara. 

Dikatakannya, di lini Consumer Banking, pihaknya memperkuat model client centric yang kami miliki serta mempercepat perubahan secara digital di seluruh pilar utama, yaitu Credit Cards, Retail Banking dan Wealth Management. 

"Di sisi Credit Cards, perseroan berupaya untuk meningkatkan tampilan dari aplikasi Citi Mobile khusus untuk pengguna Kartu Kredit, sehingga menghasilkan peningkatan pada jumlah pengguna aktif secara mobile sebesar 69%," ungkapnya. 

Perlu diketahui, Citibank juga berkolaborasi dengan Traveloka dalam memperkenalkan program konversi Citi Rewards Points – Traveloka Points, di mana nasabah dapat menukarkan Citi Rewards Points yang mereka miliki dengan Traveloka Points secara real time. 

Dalam Wealth Management, Citibank berhasil mendapatkan pengakuan internasional dengan dinobatkan sebagai “Wealth Management Platform of the Year” dari Asian Banking and Finance Magazine.

Sementara itu, di lini Institutional Banking, bisnis Treasury and Trade Solutions berhasil memenangkan penghargaan sebagai “Best Corporate/Institutional Digital Bank” di Indonesia. 

"Ini berkat strategi serta kemampuan implementasi yang baik dalam menyediakan solusi serta melayani para nasabah dalam ekosistem digital," terang Batara. 

Menurutnya, Bisnis Corporate and Investment Banking terus berusaha untuk menyediakan produk perbankan dengan nilai tambah, layanan, serta jaringan berskala global bagi para klien korporasi. 

"Pada bisnis Global Subsidiaries Group berhasil membukukan pertumbuhan double digit yang kuat serta market share dalam MultiNational Corporations, melalui berbagai inisiatif termasuk Asia-to-Asia," pungkas CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.