Kadin-JETRO Ajak Pebisnis Sumut Manfaatkan TTPP

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 April 2017 - 11:14 WIB

Kadin
Kadin

INDUSTRY.co.id - Medan - Kadin Sumatera Utara -Japan External Trade Organization mengajak pengusaha memanfaatkan situs Trade Tie-up Promotion Program atau TTPP untuk lebih cepat mempromosikan produk dan bisnis lainnya yang dihasilkan perusahaan kecil hingga besar ke seluruh dunia.

"TTPP yang merupakan perangkat atau situs temu bisnis internasional yang dikelola JETRO (Japan External Trade Organization) akan menjembatani usaha pengusaha dengan pasar dunia secara lebih mudah," ujar Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumut, Ivan Iskandar Batubara di Medan, Kamis (30/3/2017)

Dia mengatakan itu usai sosialisasi TTPP yang digelar Kadin Sumut-JETRO kepada para pengusaha di Sumut.

Menurut Ivan, dengan sosialisasi, Kadin Sumut dan JETRO berharap pengusaha Sumut bisa memanfaatkan segera mungkin peluang itu seperti yang sudah dilakukan pengusaha asal provinsi lain khususnya di Jawa dan nyatanya cukup berhasil "go internasiona".

Dia menegaskan, ikon "Cinta Produk Indonesia" sudah harus diperluas dengan artian bahwa bukan hanya masyarakat yang menyukai produk dalam negeri (Indonesia), tetapi juga seluruh dunia.

"Pengusaha khususnya pemula sudah harus diajarkan dan diajak merubah 'mindset' atau cara berpikir banyak hal dalam berusaha seperti berjualan atau berpromosi memerlukan biaya besar dan harus langsung ke luar negeri hingga hanya memproduksi dan menjual produk-produk sederhana kebutuhan dalam negeri," katanya.

Presiden Director Jetro Kantor Jakarta, Daiki Kasugahara mengakui, sejak JETRO dioperasikan pada 2010, pengusaha Sumut belum ada yang memanfaatkan situs TTPP yang melayani penjualan maupun pembelian.

Padahal bisnis yang dapat diregistrasi ke TTPP itu cukup banyak mulai bisnis support, kerja sama bisnis, investasi, transfer teknologi, ruang kantor/pabrik dan ekspor -impor.

Dewasa ini pengguna atau user TTPP di selruh dunia sudah mencapai 33.000 dan ada 21.000 bisnis proposal.

"Dari Indonesia penggunanya masih tergolong kecil atau 385 dan belum ada dari Sumut.Untuk itu JETRO dan Kadin Sumut sepakat mensosialisasikan TTPP itu di Medan agar bisa dimanfatkan pengusaha Sumut," katanya.

Selain dari Jepang dengan jumlah pengguna 9.783, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Korea, Eropa dan Amerika Serikat tercatat pengguna terbesar situs TTPP itu.

Dari RRT misalnya ada 2.468 user, Korea 1.342, Eropa 1.111 dan AS 1.111 pengguna.

"User Indonesia di TTPP masih di bawah India, Vietnam dan Thailand.Padahal potensi produk Indonesia untuk dipasarkan cukup besar mengacu pada produk -produk yang dihasilkan dan termasuk potensinya," katanya seperti dilansir Antara.

Sejumlah pengusaha dari Jawa, menurut Daiki Kasugahara sudah menikmati hasil sebagai pengguna situs TTPP karena ekspornya semakin banyak dan meluas ke berbagai negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Bank BRI Sunarso kanan

Minggu, 05 April 2020 - 13:31 WIB

BRI Punya Banyak Program Bantu UMKM Terdampak COVID-19

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memberikan dukungan terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah kondisi yang menantang akibat penyebaran Virus COVID-19.…

Raisa

Minggu, 05 April 2020 - 13:15 WIB

VLIVE Mendorong Para Artis dan Penggemar Tetap di Rumah

Platform komunitas hiburan global dari Naver Corp, VLIVE, mengajak sejumlah artis dan influencers Indonesia yang tergabung dalam channel VLIVE dalam untuk ikut serta dalam kampanye V PAKET #dirumahaja…

Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

Minggu, 05 April 2020 - 13:15 WIB

Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

Kerja dan Belajar dari Rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini.

PT Indika Energy Tbk (INDY) (Foto Tambang)

Minggu, 05 April 2020 - 13:00 WIB

PT Indika Energy Tbk Raub Laba sebesar US$ 75,5 Juta di Tahun 2019

Perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk. (Perseroan) merilis Laporan Keuangan konsolidasi yang diaudit untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2019. Perseroan berhasil membukukan…

Obat Kloroquin (foto - Antara)

Minggu, 05 April 2020 - 12:41 WIB

dr. Siti Nadia Tirmizi: Bukan Obati Malaria, Klorokuin adalah Obat Covid-19

Klorokuin saat ini dijadikan sebagai obat Covid-19. Beredar di masyarakat bahwa klorokuin merupakan obat malaria yang masih digunakan. Padahal, Klorokuin tersebut sudah tidak lagi digunakan…