Diikuti 1000 Brand Lokal, Hari Belanja Brand Lokal Akan Digelar Secara Online pada April 2020

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 April 2020 - 14:58 WIB

Hari Belanja Brand Lokal
Hari Belanja Brand Lokal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Festival belanja online brand lokal pertama di Indonesia akan diselenggarakan pada 25-27 April 2020 melalui berbagai kanal online. Rencananya, Hari Belanja Brand Lokal ini akan diikuti oleh lebih dari 1000 brand lokal tanah air.
 
“Hari Belanja Brand Lokal yang pertama ini diorganisir oleh dan untuk brand lokal Indonesia. Teman-teman dari beberapa brand bergotong-royong mengorganisir inisiatif ini, setelah melihat dampak krisis COVID-19 yang cukup signifikan terhadap bisnis.” kata Achmad Alkatiri selaku panitia Hari Belanja Brand Lokal melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (9/4/2020).
 
Hingga saat ini, tidak sedikit brand lokal di tanah air mengalami penurunan penjualan hingga 50% karena krisis COVID-19 yang sedang terjadi. Ini kemudian memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal yang mayoritas adalah UMKM.
 
“Disaat seperti inilah bersatu dan saling mendukung menjadi hal yang krusial. Inisiatif ini tidak hanya mengenai promosi kepada konsumen. Tapi juga solidaritas antar sesama brand lokal. Jadi akan ada program sharing dari brand lokal yang lain, kelas online keuangan bisnis, tips, dan hal-hal lainnya yang membuat pemilik brand lebih siap menghadapi krisis.” lanjut Achmad.
 
Tiga hari sejak pendaftaran untuk brand lokal dibuka, panitia penyelenggara telah mencatat ada 476 brand lokal yang telah terdaftar, dengan komposisi 68% dari kategori fashion.
 
“Melalui inisiatif ini, kita ingin mengajak ribuan brand lokal di Indonesia untuk menyatukan suara, pengalaman, ide, inovasi dan promosi pada 25-27 April nanti. Semuanya secara online. Sudah saatnya brand lokal mengambil perhatian lebih dari masyarakat Indonesia, karena secara kualitas, desain dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merk global”, ujar Achmad.
 
Yukka Harlanda, Founder & CEO Brodo mengatakan, inisiatif ini akan membantu membentuk support system untuk teman-teman brand lokal di Indonesia kedepannya.

"Karena kekuatan sesungguhnya dari brand lokal adalah sense of community kita, bersama-sama kita saling membantu untuk tetap tangguh merespon situasi, karena kompetisi kita sebenarnya adalah brand luar. Hanya dengan semangat gotong royong lah ini bisa kita lalui bersama sama," ungkapnya.
 
Ben Wirawan, Founder & CEO Torch mengungkapkan, dengan adanya Hari Belanja Brand Lokal ini, diharapkan lebih banyak lagi brand-brand lokal yang tumbuh dan berkembang menjadi favorit masyarakat dan mengurangi dominasi produk impor.  "Torch senang bisa ikut menginisiasi dan berpartisipasi Hari Belanja Brand Lokal ini," katanya.
 
Hari Belanja Brand Lokal merupakan inisiatif bersama brand lokal Indonesia (Brodo, Torch, Ria Miranda Brand, CottonInk, Monomom, Wearstatuquo, Sabine and Heem, Motiviga), untuk bersatu bersama ribuan brand lokal lainnya dalam mendorong awareness masyarakat Indonesia terhadap produk lokal.

Inisatif ini bertujuan untuk bukan hanya mendorong penjualan online brand lokal Indonesia, tapi juga mempererat hubungan dan kesiapan para brand lokal dalam menghadapi krisis dampak COVID-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:21 WIB

Wuih, Citibank Raih Best International Bank in Indonesia, Dirut: Ini Hasil Sebuah Fokus dan Komitmen Solusi Finansial Inovatif Ditengah Masa Sulit

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, ditengah situasi pasar yang volatile serta kompetitif, pihaknya sangat berterima kasih dapat menerima penghargaan ini dari majalah Finance Asia.…

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Jamaah Haji menunaikan ibadah di Kabah Masjidil Haram Makkah

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:01 WIB

Jeritan Travel Haji Saat Kemenag Batalkan Ibadah Haji

ForumĀ  Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah ( Forum SATHU) meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Pengelola Keuanga Haji (BPKH) mengundang asosiasi untuk membahas bagaimana tindaklanjut…

Direksi Bhinneka support UMKM

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:51 WIB

Bhinneka.Com Ajak UMKM dan Korporasi Gerakkan Ekonomi

Bhinneka.Com meluncurkan gerakan #BangkitLagi yang melibatkan para pelaku bisnis dari berbagai segmen (UMKM dan korporasi) dari lintas sektor dan ini sebagai wujud semangat dan optimisme di…

CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:13 WIB

Pengusaha Sukses Asal Surabaya Ini Sebut Pandemi Covid-19 Dorong Transformasi Teknologi jadi Lebih Cepat

Sejumlah perusahaan global mulai beradaptasi dengan teknologi pada saat pandemi Covid-19. Adanya wabah tersebut, telah memaksa banyak perusahaan untuk melakukan proses transformasi menjadi perusahaan…