Dana Sediakan Fitur Pendataan Warung Lewat Miniprogram Siap Siaga COVID-19

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 April 2020 - 14:44 WIB

CEO Dana, Vincent Iswara (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
CEO Dana, Vincent Iswara (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dompet digital Dana mengumumkan kehadiran fitur pendataan UMKM yang disematkan dalam miniprogram Siap Siaga COVID-19 yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu, sebagai kontribusi dalam memerangi pandemi global COVID-19.

Fitur pendataan UMKM ini merupakan bentuk dukungan Dana terhadap gerakan sosial #BelanjadiWarungTetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) untuk mendorong terus bergulirnya perekonomian rakyat di tengah penyebaran COVID-19.
 
“Melalui fitur pendataan UMKM, kami mengajak pengguna dompet digital Dana untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya, dan membantu mereka untuk tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19 yang berdampak pada penurunan omset harian mereka,” kata Vincent Iswara, CEO Dana melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (9/4/2020).
 
Vincent menambahkan, gerakan #BelanjaDiWarungTetangga merupakan bentuk solidaritas masyarakat yang dapat dilakukan melalui aplikasi dompet digital Dana. Pengguna Dana dapat berpartisipasi dengan mengakses miniprogram Siap Siaga COVID-19, memilih opsi ‘Daftarkan Warung Sekitar Kamu’, lalu mendaftarkan nama dan nomor telepon pemilik warung, jenis usaha, serta alamat tempat usaha mereka.

"Dengan melakukan pendataan ini, pengguna Dana telah ikut serta dalam aksi nyata menyelamatkan warung-warung di sekitar mereka dan turut menggerakkan perekonomian nasional," kata Vincent.
 
Daftar warung yang disampaikan oleh pengguna Dana melalui miniprogram Siap Siaga COVID-19 akan langsung diserahkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk selanjutnya dilakukan pengelolaan data untuk pendistribusian bantuan kepada warung-warung tersebut. Bantuan dapat berupa bantuan tunai atau persediaan bahan pokok dengan harga normal dari BUMN klaster pangan yang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.
 
“Kami mengapresiasi inisiatif Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM,  dengan memberikan dukungan maksimal dalam program yang bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi global,” ujar Vincent.
 
Sebelumnya, Dana telah memperkenalkan miniprogram Siap Siaga COVID-19. Melalui miniprogram yang dapat diakses melalui aplikasi dompet digital Dana tersebut, pengguna Dana bisa memperoleh fakta-fakta dan beragam informasi edukatif terkait COVID-19, melakukan diagnosa kesehatan secara mandiri, hingga melakukan donasi digital guna membantu penyediaan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan serta pembiayaan pengobatan masyarakat yang terdampak COVID-19 melalui kerja sama Dana dengan Kitabisa.com.
 
“Pengintegrasian beragam akses fundamental terkait isu COVID-19 ke dalam satu akun dompet digital Dana merupakan wujud kesungguhan Dana sebagai perusahaan teknologi terdepan dari Indonesia, yang berkontribusi langsung dalam meningkatkan kesadaran dan produktivitas masyarakat di tengah pandemi yang kini tengah berlangsung,” pungkas Vincent.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Andryanto dan Novel Baswedan

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:58 WIB

Novel Baswedan Tak Pernah Menepuk Dadanya Sendiri…

Senin, 1 Juni 2020, pukul 20.00, mantan Sekjen Mahkamah Agung Nurhadi Abdurrachman ditangkap tim penyidik KPK, ini menjadi akhir pelariannya lebih dari 100 hari.

Viral tagar Mendikbuddicarimahasiswa

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:50 WIB

Heboh Tagar #MendikbudDicariMahasiswa, Dirjen Dikti: Kami Himbau Rektor Bebaskan Uang Kuliah Mahasiswa

Viralnya aksi tagar #MendikbudDicariMahasiswa oleh BEM SI dan mahasiswa seluruh Indonesia, dimana hingga selasa malam (2/6) telah memuncaki trending topik dengan lebih dari 30 ribu cuitan.

Astra Life

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:42 WIB

Astra Life 'Ngegas' Pasarkan Asuransi Tambahan

Windawati Tjahjadi, Direktur Astra Life mengatakan bahwa peluncuran Medicare Premier ini merupakan komitmen Astra Life untuk memberikan perlindungan terbaik bagi setiap segmen dan juga sebagai…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:21 WIB

Wuih, Citibank Raih Best International Bank in Indonesia, Dirut: Ini Hasil Sebuah Fokus dan Komitmen Solusi Finansial Inovatif Ditengah Masa Sulit

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, ditengah situasi pasar yang volatile serta kompetitif, pihaknya sangat berterima kasih dapat menerima penghargaan ini dari majalah Finance Asia.…

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).