dr. Achmad Yurianto: Masyarakat Adalah Ujung Tombak, Mari Kita Hentikan Bersama Penularan Virus Covid-19

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 08 April 2020 - 10:35 WIB

Indonesia Lawan Covid-19 (foto Richard Juniar)
Indonesia Lawan Covid-19 (foto Richard Juniar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pasien positif virus covid-19 terus bertambah setiap harinya. Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan hingga Selasa sore (7/4) pasien terkonfirmasi positif telah mencapai 2.738 orang. 

Dikatakan Yurianto, dari data Ini menunjukkan masih terjadi penularan, masih ada orang sakit yang ada virus corona dalam tubuhnya tapi tidak merasakan dirinya sakit dan masih ada di tengah-tengah kita.

"Ini yang harus segera kita hentikan. Mari patuh, disiplin cuci tangan pakai sabun, disiplin pakai masker, disiplin jaga jarak, dan lebih baik tinggal di rumah,'' tegasya. 

Menurutnya, menjaga jarak juga menjadi hal paling utama dalam memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19. 

Hal tersebut dapat menambah jumlah pasien sembuh dan mengurangi jumlah kasus positif Covid-19 maupun pasien meninggal.

Ia juga menyebut bahwa upaya pencegahan penularan Covid-19 merupakan upaya bersama masyarakat. 

"Karena hakikatnya masyarakat adalah ujung tombak untuk menghentikan penularan pandemik Covid-19 di Indonesia," ucapnya. 

''Oleh karena itu harus jaga jarak, membatasi aktivitas sosial yang tidak terlalu penting, gunakan masker. Hanya dengan cara itu maka kita bisa lindungi diri sendiri,'' tambahnya. 

Hal lain yang utama adalah cuci tangan sesering mungkin degan sabun minimal 20 detik dan bilas dengan air mengalir. 
Jaga kesehatan diri, dan jaga jarak saat berkomunikasi.

"Dengan upaya tersebut, tambahnya, dapat mencegah penularan dan pasien sembuh akan bertambah banyak," ungkapnya

Sementara itu, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan 14.354 spesimen untuk PCR. Spesimen tersebut dikirim dari 300 lebih RS rujukan Covid-19.

"Selain itu ada 17.190 tanaga medis dan non medis yang telah direkrut dan bekerjasama dalam satu sistem untuk memutus rantai penularan Covid-19," pungkasnya. 

Perlu diketahui, pasien terkonfirmasi positif bertambah 247 orang hjngga saat ini dilansir dari laman Kemkes Rabu (8/4), sehingga total pasien yang terjangkit virus corona telah mencapai total 2.738 orang. 

Sementara pasien yang meninggal bertambah 12 orang dan totalnya menjadi 221. 

Sementara itu jumlah pasien yang sembuh sebanyak 12 orang tercatat pada hari yang sama, sehingga total pasien yang sembuh berjumlah 204 orang hingga saat berita diturunkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…