Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan Jakarta – Bangkok

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 April 2020 - 15:00 WIB

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan
Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini penerbangan yang beroperasi melayani misi kemanusiaan dan evakuasi (evacuation and humanitarian assistance) kepulangan warga negara Thailand dari Indonesia, dampak dari wabah corona virus disease 19 (covid-19).

 “Thai Lion Air menjalankan penerbangan tersebut sesuai standar operasional prosedur (SOP) berdasarkan aturan, yang tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first),” ujar Danang Mandala Prihantoro Corporate Communications Strategic, Rabu (8/4/2020)

Pelaksanaan penerbangan berpedoman kepada prinsip-prinsip dan standar operasional prosedur kesehatan dalam memastikan pengamanan kru yang bertugas dan penumpang.

 Sebelum keberangkatan, awak pesawat yang terdiri dari  dua awak kokpit dan empat awak kabin menjalani pemeriksaan kesehatan serta diberikan penambahan vitamin daya tahan tubuh. Semua dinyatakan sehat (negatif covid-19) dan laik untuk terbang (fit for flight).

 Dalam tindakan pencegahan virus dimaksud pada operasional penerbangan, Thai Lion Air  menerapkan rekomendasi dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku serta menyediakan dan menggunakan masker dan alat pelindung diri (APD), sarung tangan (hand gloves) dan cairan/ gel pembersih tangan (hand sanitizer) guna antisipasi serta preventif.

 Menurut SOP, selanjutnya pesawat yang digunakan Boeing 737-800NG, registrasi HS-LUH, sebelum keberangkatan dan setelah selesai melaksanakan penerbangan kemanusiaan ini dilakukan proses pembersihan, sterilisasi, penyemprotan, penggantian saringan udara kabin dan perawatan berkala selama beberapa hari.

 Chairman of the Board Thai Lion Air, Capt. Darsito Hendro Seputro, menyatakan Thai Lion Air mendukung program kemanusiaan membawa warga Thailand yang berada di Indonesia. Thai Lion Air menerbangkan 111 penumpang dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini, Thai Lion Air menyampaikan terima kasih atas penunjukan dan kepercayaan berbagai pihak yang telah diberikan kepada Thai Lion Air.

 Thai Lion Air penerbangan SL-116 dari Bandar Udara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand (DMK) ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) sebagai ferry flight atau hanya membawa awak pesawat (tidak ada penumpang).

 Penerbangan SL-117 dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta lepas landas pada 14.10 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan mendarat pada 17.20 waktu setempat (Indochina Time, GMT+ 07) di Bandar Udara Internasional Hat Yai, penghubung utama di Thailand bagian selatan, berlokasi di Distrik Khlong Hoi Khong, Songkhla.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…