Jokowi Bakal Sebar Paket Sembako Senilai Rp600/bulan bagi Warga Jabodetabek

Oleh : Ridwan | Rabu, 08 April 2020 - 09:05 WIB

Menteri Sosial Juliari P Batubara
Menteri Sosial Juliari P Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Jokowi akan memberikan bantuan sosial berupa sembako bagi masyarakat kurang mampu di Jabodetabek sebagai salah satu cara mengatasi dampak ekonomi akibat wabah virus corona. Setiap keluarga akan mendapatkan bantuan sembako sebesar Rp 600 ribu setiap bulan.

Menteri Sosial Juliari Batubara menuturkan, nantinya paket sembako akan diantar ke setiap rumah. Ia menyebut Jokowi meminta agar paket sembako diantarkan langsung setiap minggu. 

"Bansos berupa sembako dan diantarkan ke rumah. Dan Pak Presiden minta agar paket sembako diantar setiap minggu," kata Juliari dalam rapat kerja virtual bersama Komisi VIII DPR, (7/4/2020).

Sehingga, setiap minggu, masyarakat mendapatkan paket sembako sebesar Rp 150 ribu. Dia pun menargetkan agar proses pendistribusian bantuan sembako dapat dijalankan pada 20 April.

"Jadi kalau Rp 600 ribu dibagi 4, setiap minggu dapat 150 ribu setiap minggu dan kalau semua lancar persiapan pengiriman bisa kita jalankan per 20 April," tutur Juliari Batubara.

Juliari menyebut pembagian sembako merupakan salah satu program khusus yang diminta oleh Jokowi. Hal itu, untuk membantu masyarakat khususnya di daerah DKI Jakarta yang memiliki pendapatan harian namun karena wabah corona jadi terhambat.

"Ini penugasan khusus untuk para penduduk Jakarta, yang tidak harus KTP Jakarta tapi pekerja harian di DKI. Dan mereka sekarang mendapatkan kesulitan karena tidak punya income, makanya ada program khusus ini," tutup Juliari.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengadakan ratas membahas efektivitas bansos di tengah wabah virus corona. Pemerintah juga telah membentuk program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat kurang mampu untuk mengatasi dampak ekonomi karena virus corona, salah satunya dengan pembagian sembako.

"Kami akan memberikan bansos khusus Presiden berupa sembako, dengan durasi selama tiga bulan, yang akan kami mulai dalam waktu dua minggu dari sekarang," kata Juliari.

Selain pembagian sembako, pemerintah juga akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu selama 3 bulan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…