Gerakan Sosial Bagi-Bagi Makanan Muncul di Tengah Wabah Pandemi

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 08 April 2020 - 07:52 WIB

Pengemudi ojek online (ojol), ojek konvensional/ pangkalan (opang) dan pelaku UMKM seperti pedagang kaki lima dan sebagainya juga merasakan hantaman keras.
Pengemudi ojek online (ojol), ojek konvensional/ pangkalan (opang) dan pelaku UMKM seperti pedagang kaki lima dan sebagainya juga merasakan hantaman keras.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pandemi wabah Covid-19 atau virus corona di Indonesia belum kunjung mereda. Dampaknya pun sampai mencederai kesejahteraan serta perekonomian bangsa. Beberapa perusahaan sudah mulai memberlakukan kegiatan bekerja dari rumah atau work from home, namun sebagian besar masih menjalankannya. Di sisi lain, puluhan ribu pekerja di tanah air terkena PHK akibat lesunya ekonomi nasional.

Pengemudi ojek online (ojol), ojek konvensional/ pangkalan (opang) dan pelaku UMKM seperti pedagang kaki lima dan sebagainya juga merasakan hantaman keras. Sepinya penumpang dan pelanggan, membuat mereka harus berpikir hanya untuk sekedar menyambung hidup setiap harinya. Sadar akan kondisi ini, gerakan sosial untuk berbagi dan agar mereka dapat bertahan setidaknya hingga pandemik ini berakhir.

Airmas Group merupakan perusahaan teknologi informasi yang bergerak di bidang e-commerce dengan bendera Ayooklik.com yang memiliki cabang di 26 provinsi di Indonesia dan unit-unit usaha lainnya memutuskan untuk turun ke jalan dan berbagi dengan membagikan lebih dari ratusan makanan berupa nasi kotak serta air mineral yang dibagikan kepada driver ojol, ojek pangkalan, pedagang kaki lima, pemulung.

“Kita sudah lakukan dari tanggal 24 Maret dan akan dilakukan setiap hari dalam beberapa waktu ke depan. Ini gerakan kecil dari kami, tapi kami juga layangkan sebuah gerakan di media sosial #BerbuatBaikEsokHari untuk kepada netizen. Kami sadar bahwa ini harus dijalankan oleh elemen masyarakat yang bisa menggerakkan. Dalam situasi seperti ini perlu kebersamaan dan kesolidan antar masyarakat. Kami mengajak #BerbuatBaikEsokHari bisa diimplementasi oleh pengusaha ataupun masyarakat yang mampu agar terus lakukan kebaikan kalau lupa hari ini besok bisa dilakukan,” ujar CEO Airmas Group, Basuki Surodjo pada keterangannya di Jakarta (7/4).

Basuki yang akrab disapa Cobaz ini menambahkan bahwa pada awalnya dirinya bersama gerakan sosial dari perusahaannya yakni Ayoopeduli.com terlibat sempat keliling untuk membagikan makanan tersebut di beberapa titik di Jakarta. Namun karena himbauan mengenai social distancing semakin gencar disampaikan oleh pemerintah, kini makanan tersebut disediakan di sekitaran Jalan Widya Chandra  dan dipersilahkan bagi driver ojol dan masyakarat yang lewat untuk bisa mengambil makanan yang telah disediakan.

“Kemarin kita sempat keliling di daerah Sunter, lalu juga sempat membagikan di Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan dan diterima langsung oleh sejumlah driver ojol atau masyarakat sedang melintas, tapi karena social distancing kebijakan pemerintah maka kami tempatkan dalam beberapa titik di Jakarta salah satunya daerah Widya Chandra," tambah Cobaz

Meski dilakukan secara terbuka, para tim yang bertugas selalu berusaha mengingatkan untuk tetap melakukan physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain dengan jarak aman 1-2 meter. Selain itu, Basuki mengatakan bahwa Ia bersama tim juga turut membagikan ratusan masker sebagai usaha dalam membantu mengurangi penyebaran wabah virus corona.

“Tujuan kami dalam gerakan sosial ini adalah agar kami dapat sedikit meringankan beban mereka-mereka yang mendapatkan upahnya secara harian dan sangat terimbas pandemik global ini. Kami berusaha agar kegiatan ini dapat terus kami lakukan secara konsisten dan mungkin dalam waktu dekat dapat menambah titik pembagian. Mari kita berdoa dengan penuh pengharapan demi pulihnya bangsa dan negara Indonesia,” tutup Ketum HIPMI Jakarta Barat itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…