Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

Oleh : Herry Barus | Selasa, 07 April 2020 - 03:00 WIB

Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam
Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

INDUSTRY.co.id - Merauke-  Tak hanya menjalankan kegiatan fisik berupa pembangunan 20 unit rumah untuk warga Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kab. Mappi, Papua, personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-107 Kodim 1707/Merauke, juga melakukan berbagai kegiatan non fisik, diantaranya mengajarkan warga setempat bercocok tanam, Minggu (5/4/2020).

Dalam kegiatan tersebut, personel Satgas TMMD Kodim 1707/Merauke yang dipimpin oleh Serda Juwari memberikan contoh dan mengajari tata cara bercocok tanam kepada warga Kampung Epem, yang akan ditanami berbagai macam jenis sayur-sayuran seperti kacang panjang dan tomat.

Mayoritas masyarakat Kampung Epem mata pencahariannya adalah mencari kayu gaharu kemudian dijual. Dari hasil penjualan tersebut, dibelikan berbagai makanan bahan pokok untuk keperluan hidup sehari-hari.

Menurut Serda Juwari, disamping masih banyaknya lahan pekarangan yang kosong, pengetahunan tentang tata cara bercocok tanam warga Kampung Epem masih kurang. Pada kesempatan ini, personel satgas mengajari warga cara bercocok tanam sayuran yang benar.

“Dengan memiliki pengetahuan yang cukup diharapkan mereka kedepannya dapat bercocok tanam sendiri dengan baik dan benar,” katanya.

Satgas TMMD ke-107 Kodim 1707/Merauke berharap warga setempat dapat mempraktekkan sendiri apa yang sudah diajarkan, dimana masih terdapat banyak lahan kosong.  Selain dapat memenuhi kebutuhan keluarga, juga dapat menambah penghasilan, yaitu dengan menjual hasilnya dipasar.

Zakarias salah satu warga Kampung Epem yang ikut tata cara bercocok tanam merasa senang dan bangga dengan hadirnya Satgas TMMD ke-107, karena dalam kesehariannya selain membangun para personel satgas juga dekat dengan masyarakat dan mengajari hal-hal positif seperti yang dilakukannya saat ini yaitu mengajari warga bercocok tanam.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tingkatkan Kemampuan Prajurit Arhanud Marinir Laksanakan Materi Renang

Jumat, 05 Juni 2020 - 04:00 WIB

Tingkatkan Kemampuan Prajurit Arhanud Marinir Laksanakan Materi Renang

Dalam rangka membina dan meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan standar prajurit, Batalyon Arhanud 2 Marinir “Rakca Bhuana Cakti” melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (LPD) TW II…

Agar Kesehatan Prajurit Marinir Semakin Solid Gelar Sepakbola antar Kompi

Jumat, 05 Juni 2020 - 03:00 WIB

Agar Kesehatan Prajurit Marinir Semakin Solid Gelar Sepakbola antar Kompi

Danyonif 9 Marinir Letkol Marinir James Munthe, M. Tr.(Hanla)., M.M menggelar pertandingan sepak bola kampung antar Kompi, yang di mana kegiatan dilaksanakan di lahan area Ksatrian yang telah…

Jaringan Hotel Indonesia Group (HIG) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 05 Juni 2020 - 01:06 WIB

Hotel Indonesia Group Kerja Sama dengan PHRI Siapkan Standar Operational Hotel New Normal

Jakarta-Hotel Indonesia Group bekerja sama dengan PHRI terapkan standar operasional prosedur untuk era “New Normal”. Penyebaran virus COVID-19 yang terjadi saat ini sangat berdampak bagi…

The Telkom Hub (Foto: Doc Telkom)

Jumat, 05 Juni 2020 - 00:10 WIB

Kinerja Telkom Ciamik Patut Diacungi Jempol

Ekonom dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat Acuviarta Kartubi, berdasarkan rekapitulasi data terakhir ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi makro Indonesia hanya tumbuh 2,97%.…

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.