Pengusaha Group Kelas Kakap Donasikan 80 Ton Alkes Tangani Corona

Oleh : Ridwan | Senin, 06 April 2020 - 13:45 WIB

Pengusaha peduli NKRI serahkan bantuan 80ton alkes tangani coron
Pengusaha peduli NKRI serahkan bantuan 80ton alkes tangani coron

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengusaha dari group kelas kakap yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendonasikan alat kesehatan (alkes) kepada pemerintah setidaknya hampir 80 ton untuk menangani wabah virus corona (Covid-19).

Bantuan yang diberikan tersebut terdiri dari peralatan uji cepat, alat perlindungan diri (APD), ventilator, serta masker dan bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

"Tenaga medis dan jajaran pelayanan publik adalah lini terdepan penanganan virus yang penyebarannya cepat ini. Itu sebabnya donasi lintas perusahaan berbentuk peralatan, yang kami prioritaskan untuk membantu mereka," ujar Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto dalam videoconfrenece selepas penyerahan bantuan secara simbolik di Tzu Chi Center Tower, Jakarta (6/4/2020).

Turut hadir dalam penyerahan, perwakilan donatur dari Astra International, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Djarum, dan Agung Sedayu Group.

Sulistiyanto selaku koordinator donasi mengatakan, karena bantuan berwujud barang, pemerintah memfasilitasi mereka lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan, agar peralatan dapat segera tiba di Indonesia, mendukung penanganan pandemi yang lebih cepat, aman dan menyeluruh.

Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei menyebut, bantuan peralatan kesehatan tersebut berupa 100 unit alat bantu pernapasan (ventilator), masing-masing 75.000 alat pelindung diri dan kaca mata pelindung, berikut 20.000 masker N95.

"Filosofi kerelawanan Tzu Chi yakni satu hati, harmoni, saling mengasihi dan bergotong royong akan menghadirkan kekuatan terbesar, sejalan dengan kemitraan lintas pihak dalam memerangi pandemi yang tengah berlangsung," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani menyebutkan, penyerahan kami lakukan secara bertahap, sehingga kesempatan bagi perusahaan lainnya yang ingin bergabung tetap terbuka lebar.

Rosan berharap, donasi lintas perusahaan bertajuk Pengusaha Peduli NKRI ini dapat menggalang bantuan senilai tak kurang dari Rp500 miliar, di mana perkembangan donasi, menurutnya, secara berkala dilaporkan kepada Presiden RI. Sementara pengalokasiannya menjadi kewenangan BNPB dan Kementerian Kesehatan.

Dalam rangkaian donasi ini, kontribusi datang dari Grup Sinar Mas, Grup Djarum, Grup Indofood, Grup Astra International, Grup Agung Sedayu, Artha Graha Peduli Foundation, Panin Group, Ciputra Group, Jhonlin Group, ADR Group, dan PT Puradelta Lestari Tbk.

Selain itu ada Bund Center Shanghai, Summarecon Agung, Triputra Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Erajaya Group, Mulia Group, PT Inti Sumber Bajasakti, PT Bina Karya Prima, PT Setiawan Dwi Tunggal, dan Sungai Budi Group.

Lainnya yakni PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi, PT Union Sampoerna Triputra, First Resources Ltd., Grup Garudafood, Grup Rajawali Corporation, Nutrifood Indonesia, PT Samudra Marine Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Li Realty Pertiwi, dan PT Sinde Budi Sentosa.

Kemudian lainnya yakni Evelina Setiawan, PT Embossindo Utama, Mandiri Group, serta Cerestar Group.

Para pihak yang berkomitmen untuk berdonasi dapat menyalurkannya melalui rekening yang disediakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bernomor 865 002 4681 di Bank BCA cabang Pantai Indah Kapuk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi buruh pabrik

Kamis, 28 Mei 2020 - 15:15 WIB

Pro Kontra New Normal, Serikat Pekerja: Jangan Korbankan Buruh Demi Kepentingan Ekonomi

"Jangan tergesa-gesa mengambil keputusan yang dampaknya mengorbankan buruh demi kepentingan ekonomi,"

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 28 Mei 2020 - 15:10 WIB

Laba BNI Syariah Naik 58,1 Persen Kuartal 1 2020

PT Bank BNI Syariah meraup perolehan laba bersih dengan pertumbuhan yang sangat luar biasa. Hingga kuartal I 2020, pertumbuhan laba bersih mencapai 58,1 persen menjadi Rp219 miliar dari periode…

Kondisi Pasar Atas Bukittinggi

Kamis, 28 Mei 2020 - 15:00 WIB

Ingin Berwisata ke Bukittinggi, Wajib Ikuti Sejumlah Aturan

Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat membuka kembali objek wisata di daerah itu dan tidak akan memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berakhir pada 29 Mei…

BCA Komit Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19

Kamis, 28 Mei 2020 - 14:53 WIB

BCA Komit Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa mendukung upaya pemerintah dan tim medis dalam rangka penanganan COVID-19 di Indonesia. BCA juga berkomitmen untuk terus membantu masyarakat, terutama…

Pelindo 3 Sediakan 50 Ribu Alat Rapid Tes Covid-19 Gratis

Kamis, 28 Mei 2020 - 14:45 WIB

Pelindo 3 Jemput Bola Rapid Test Covid-19

Pelindo 3 terus mendukung upaya Pemerintah dalam menangani Covid-19 sesuai dengan program dari Kementerian BUMN untuk turut aktif dalam memutus rantai Covid-19. Yang terbaru, Pelindo 3 menyediakan…