Pengusaha Group Kelas Kakap Donasikan 80 Ton Alkes Tangani Corona

Oleh : Ridwan | Senin, 06 April 2020 - 13:45 WIB

Pengusaha peduli NKRI serahkan bantuan 80ton alkes tangani coron
Pengusaha peduli NKRI serahkan bantuan 80ton alkes tangani coron

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengusaha dari group kelas kakap yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendonasikan alat kesehatan (alkes) kepada pemerintah setidaknya hampir 80 ton untuk menangani wabah virus corona (Covid-19).

Bantuan yang diberikan tersebut terdiri dari peralatan uji cepat, alat perlindungan diri (APD), ventilator, serta masker dan bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

"Tenaga medis dan jajaran pelayanan publik adalah lini terdepan penanganan virus yang penyebarannya cepat ini. Itu sebabnya donasi lintas perusahaan berbentuk peralatan, yang kami prioritaskan untuk membantu mereka," ujar Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto dalam videoconfrenece selepas penyerahan bantuan secara simbolik di Tzu Chi Center Tower, Jakarta (6/4/2020).

Turut hadir dalam penyerahan, perwakilan donatur dari Astra International, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Djarum, dan Agung Sedayu Group.

Sulistiyanto selaku koordinator donasi mengatakan, karena bantuan berwujud barang, pemerintah memfasilitasi mereka lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan, agar peralatan dapat segera tiba di Indonesia, mendukung penanganan pandemi yang lebih cepat, aman dan menyeluruh.

Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei menyebut, bantuan peralatan kesehatan tersebut berupa 100 unit alat bantu pernapasan (ventilator), masing-masing 75.000 alat pelindung diri dan kaca mata pelindung, berikut 20.000 masker N95.

"Filosofi kerelawanan Tzu Chi yakni satu hati, harmoni, saling mengasihi dan bergotong royong akan menghadirkan kekuatan terbesar, sejalan dengan kemitraan lintas pihak dalam memerangi pandemi yang tengah berlangsung," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani menyebutkan, penyerahan kami lakukan secara bertahap, sehingga kesempatan bagi perusahaan lainnya yang ingin bergabung tetap terbuka lebar.

Rosan berharap, donasi lintas perusahaan bertajuk Pengusaha Peduli NKRI ini dapat menggalang bantuan senilai tak kurang dari Rp500 miliar, di mana perkembangan donasi, menurutnya, secara berkala dilaporkan kepada Presiden RI. Sementara pengalokasiannya menjadi kewenangan BNPB dan Kementerian Kesehatan.

Dalam rangkaian donasi ini, kontribusi datang dari Grup Sinar Mas, Grup Djarum, Grup Indofood, Grup Astra International, Grup Agung Sedayu, Artha Graha Peduli Foundation, Panin Group, Ciputra Group, Jhonlin Group, ADR Group, dan PT Puradelta Lestari Tbk.

Selain itu ada Bund Center Shanghai, Summarecon Agung, Triputra Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Erajaya Group, Mulia Group, PT Inti Sumber Bajasakti, PT Bina Karya Prima, PT Setiawan Dwi Tunggal, dan Sungai Budi Group.

Lainnya yakni PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi, PT Union Sampoerna Triputra, First Resources Ltd., Grup Garudafood, Grup Rajawali Corporation, Nutrifood Indonesia, PT Samudra Marine Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Li Realty Pertiwi, dan PT Sinde Budi Sentosa.

Kemudian lainnya yakni Evelina Setiawan, PT Embossindo Utama, Mandiri Group, serta Cerestar Group.

Para pihak yang berkomitmen untuk berdonasi dapat menyalurkannya melalui rekening yang disediakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bernomor 865 002 4681 di Bank BCA cabang Pantai Indah Kapuk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).