Inisiatif Mekari dalam Dukung Pemerintah Tanggulangi Penyebaran Covid - 19

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 April 2020 - 14:00 WIB

Suwandi Soh, CEO Mekari (Tengah) (Foto Dok Industry.co.id)
Suwandi Soh, CEO Mekari (Tengah) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penyebaran Covid - 19 saat ini semakin meluas dan hampir menjangkit seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Pemerintah saat ini telah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk bekerja dan beribadah dari rumah, termasuk menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid - 19. Work From Home menjadi langkah yang diambil perusahaan guna memastikan karyawan dapat menjalankan penuh anjuran pemerintah terkait social distancing.

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh karyawan dari sisi internal, hingga berpartisipasi dalam penggalangan dana melalui gerakan Indonesia Pasti Bisa, serta menghadirkan beragam produk serta promo yang akan  memudahkan HR, karyawan, hingga pemilik usaha di masa social distancing ini.

Suwandi Soh, CEO Mekari, Senin (6/4/2020)  mengatakan, “Dengan kondisi saat ini, kami merasa bertanggung jawab untuk turut melawan pandemi Covid - 19. Penerapan WFH secara tanggap menjadi prioritas utama kami untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan. Tetapi, tim People di Mekari juga bekerja keras memastikan prosedur WFH yang produktif melalui absensi online, penerapan daily standup meeting, hingga membuat weekly goals agar performa bisnis perusahaan tetap terjaga, dll”.

Di sisi lain, Mekari percaya bahwa masa - masa sulit ini dapat dilewati asal seluruh elemen masyarakat saling berkontribusi, sekecil apapun itu. Suwandi menambahkan, “Kami turut berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Pasti Bisa yang mendukung riset dan pengembangan test-kit Covid - 19 di Indonesia. Kami percaya bahwa semangat gotong royong serta kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah akan menjadi kekuatan besar bagi kita semua untuk bangkit melawan pandemi ini.”

Sekilas mengenai Indonesia Pasti Bisa, sebuah gerakan yang diinisiasi oleh East Ventures, guna membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid - 19, dengan memanfaatkan jaringan investor, perusahaan, komunitas hingga entrepreneur yang dimiliki East Ventures. Melalui program ini, East Venture berusaha mengumpulkan pendanaan dengan target Rp10 miliar yang akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100.000 test kit secara gratis dan juga proyek whole genome sequencing.

Tidak hanya berkontribusi dalam gerakan Indonesia Pasti Bisa, Mekari melalui beberapa produknya memberikan kemudahan bagi perusahaan ataupun pemilik usaha agar dapat menjalankan bisnis secara optimal dengan bantuan teknologi di masa pandemi ini. Misalnya perusahaan dapat mencoba absensi online dengan aplikasi Attendance by Talenta secara gratis selama 120 hari, diskon hingga 35% bagi pemilik usaha yang mau berlangganan software akuntansi Jurnal, hingga melakukan pelaporan pajak secara online dengan Klikpajak sebagai salah satu mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Mekari melalui salah satu produknya yakni Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, juga menginisiasi health-check survey yang dapat diakses oleh seluruh pengguna aplikasi mobile Talenta. Fitur ini merupakan seperangkat survei kesehatan yang dikirimkan kepada karyawan melalui push notification untuk mengecek kondisi kesehatan mereka masing - masing.

“Kami percaya, saat ini kondisi kesehatan karyawan pasti menjadi prioritas utama seluruh perusahaan. Kehadiran health-check survey di aplikasi mobile Talenta ini diharapkan bisa membantu teman - teman HR di perusahaan untuk memantau kondisi kesehatan masing - masing karyawan dan sebagai pengingat awal bagi HR jika ada karyawan yang membutuhkan perhatian khusus atas kesehatannya,” tambah Suwandi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka Residence di Cikarang

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:24 WIB

Jababeka Residence Lokasi Tepat Tanam Modal Panen Cuan

Pengembangan hunian berkelas yang dilakukan oleh anak usaha dari PT. Jababeka Tbk. (KIJA) ini semakin pesat dengan menghadirkan beragam produk residensial dan komersial unggulan.

Yusril Ihza Mahendra

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:23 WIB

Ketum PBB Yusril : Prabowo-Gibran Harus Revisi UU atau Terbitkan Perppu Jika Mau Tambah Kementerian

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Yusril Ihza Mahendra, menanggapi isu presiden terpilih, Prabowo Subianto, yang ingin menambah nomenklatur kementerian. Beredar kabar jumlah nomenklatur kementerian…

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:17 WIB

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Satgas Penanggulangan Bencana (Gulben) Lantamal VI Makassar bersama Tim SAR Gabungan TNI, POLRI dan Basarnas menemukan Korban tenggelam akibat Bencana Alam dan Tanah Longsor di Kecamatan Suli,…

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 05:41 WIB

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Jakarta – Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan…

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…