Kena Corona Kredit ke Hotel dan Restoran Melambat

Oleh : Wiyanto | Minggu, 05 April 2020 - 12:18 WIB

Ilustrasi kredit perbankan
Ilustrasi kredit perbankan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Adanya wabah Corona memukul semua sektor bisnis tanpa terkecuali sektor pariwisata. Perdagangan Hotel, restoran (PHR) turut merasakan dampaknya. Penyaluran kredit ke sektor ini juga melambat.

"Sektor PHR turut mengalami perlambatan dari 2,2% (yoy) pada Januari 2020 menjadi 1,1% (yoy) pada bulan laporan yang bersumber pada perlambatan KMK subsektor perdagangan eceran makanan, minuman dan tembakau di DKI Jakarta dan Bangka Belitung," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Penyaluran ke PHR merupakan pertumbuhan kredit modal kerja (KMK) dan kredit konsumsi juga melambat. Kredit modal kerja (KMK) melambat 3,0% (yoy) pada bulan Januari 2020 menjadi 2,6% (yoy) terutama terjadi pada sektor konstruksi dan Perdagangan, Hotel dan Restoran (PHR).Rinciannya KMK sektor konstruksi melambat dari 5,0% (yoy) menjadi 3,4 (yoy) terutama pada kredit subsektor kontruksi perumahan menengah, besar dan mewah ( tipe diatas 70) di DKI Jakarta da Banten.

Sementara itu pertumbuhan kredit konsumsi (KK) pada bulan Februari sebesar 6,1% (yoy) lebih rendah dari bulan sebelumnya 6,2% (yoy). Perlambatan disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) terutama untuk rumah tipe 22-70.

"Pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) terutama untuk rumah tipe 22-70 di Jawa Barat dan Banten serta kredit multiguna," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:20 WIB

Kabar Gembira! Jokowi Bakal Guyur Insentif buat Petani dan Nelayan, Ini Skemanya

Presiden┬áJoko Widodo (Jokowi)┬ámembuka rapat terbatas dengan topik pembahasan insentif bagi petani dan nelayan dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok di Istana Merdeka, kompleks Istana…

Donald Trump

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:15 WIB

Donald Trump Longgarkan Lockdown dan Ekonomi Dibuka, Wall Street Terbang Tinggi

Jelang kembali dibukanya ekonomi dan pelonggaran lockdown oleh Pemerintah Amerika Serikat, kondisi Wall Street langsung meningkat tajam di pasar modal.

Dirut Pupuk Indonesia Aas Sadikin

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:00 WIB

Produsen Pupuk Indonesia Perketat Prosedur di Area Pabrik Saat Era New Normal

Sebagai langkah melindungi para karyawan dan kelancaran penugasan penyaluran pupuk, lima produsen pupuk yang merupakan entitas bisnis dari PT Pupuk Indonesia (Persero), siap menerapkan pedoman…

MPL BULL

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:20 WIB

Mobile Premier League Indonesia Hadirkan Tiga Game Lokal Baru

Mobile Premier League sebagai platform mobile esports berbasis ketangkasan terbesar di Asia Tenggara mengumumkan kolaborasinya bersama tiga pengembang game lokal Indonesia, yaitu Antpixel Studio,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:10 WIB

Masuki Era New Normal, Menperin Agus Revisi Kebijakan & Target Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memperbarui aturan yang dapat mendukung sektor industri dalam kesiapan menerapkan tataran new normal atau kenormalan baru, yang menjadi salah satu…