Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Oleh : Candra Mata | Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Gerakan Indonesia Pasti Bisa
Gerakan Indonesia Pasti Bisa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penyebaran Covid - 19 saat ini semakin meluas dan hampir menjangkit seluruh provinsi yang ada di Indonesia. 

Pemerintah saat ini telah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk bekerja dan beribadah dari rumah, termasuk menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid - 19. 

Work From Home menjadi langkah yang diambil perusahaan guna memastikan karyawan dapat menjalankan penuh anjuran pemerintah terkait social distancing. 

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh karyawan dari sisi internal. 

Mekari juga berpartisipasi dalam penggalangan dana melalui gerakan Indonesia Pasti Bisa, serta menghadirkan beragam produk serta promo yang akan  memudahkan HR, karyawan, hingga pemilik usaha di masa social distancing ini.

Suwandi Soh, CEO Mekari mengatakan, dengan kondisi saat ini, kami merasa bertanggung jawab untuk turut melawan pandemi Covid - 19. 

Penerapan WFH secara tanggap menjadi prioritas utama kami untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan. 

"Tetapi, tim People di Mekari juga bekerja keras memastikan prosedur WFH yang produktif melalui absensi online, penerapan daily standup meeting, hingga membuat weekly goals agar performa bisnis perusahaan tetap terjaga," ujar Suwandi. 

Di sisi lain menurutnya, Mekari percaya bahwa masa - masa sulit ini dapat dilewati asal seluruh elemen masyarakat saling berkontribusi, sekecil apapun itu.

"Kami turut berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Pasti Bisa yang mendukung riset dan pengembangan test-kit Covid - 19 di Indonesia. Kami percaya bahwa semangat gotong royong serta kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah akan menjadi kekuatan besar bagi kita semua untuk bangkit melawan pandemi ini," jelasnya. 

Perlu diketahui, Indonesia Pasti Bisa merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh East Ventures, guna membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid - 19. 

Gerakan ini memanfaatkan jaringan investor, perusahaan, komunitas hingga entrepreneur yang dimiliki East Ventures. 

Melalui program ini, East Venture berusaha mengumpulkan pendanaan dengan target Rp10 miliar yang akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100.000 test kit secara gratis dan juga proyek whole genome sequencing.

Tidak hanya berkontribusi dalam gerakan Indonesia Pasti Bisa, Mekari melalui beberapa produknya memberikan kemudahan bagi perusahaan ataupun pemilik usaha agar dapat menjalankan bisnis secara optimal dengan bantuan teknologi di masa pandemi ini. 

"Misalnya perusahaan dapat mencoba absensi online dengan aplikasi Attendance by Talenta secara gratis selama 120 hari, diskon hingga 35% bagi pemilik usaha yang mau berlangganan software akuntansi Jurnal, hingga melakukan pelaporan pajak secara online dengan Klikpajak sebagai salah satu mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak," sambung Suwandi.

Mekari melalui salah satu produknya yakni Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, juga menginisiasi health-check survey yang dapat diakses oleh seluruh pengguna aplikasi mobile Talenta.

Fitur ini merupakan seperangkat survei kesehatan yang dikirimkan kepada karyawan melalui push notification untuk mengecek kondisi kesehatan mereka masing - masing. 

“Kami percaya, saat ini kondisi kesehatan karyawan pasti menjadi prioritas utama seluruh perusahaan. Kehadiran health-check survey di aplikasi mobile Talenta ini diharapkan bisa membantu teman - teman HR di perusahaan untuk memantau kondisi kesehatan masing - masing karyawan dan sebagai pengingat awal bagi HR jika ada karyawan yang membutuhkan perhatian khusus atas kesehatannya,” tutup Suwandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:00 WIB

Naik, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk Cetak Penjualan Rp1,44 Triliun Sepanjang 2019

Emiten PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) cetak penjualan sebesar Rp1,44 triliun hingga periode 31 Desember 2019 naik dari penjualan Rp1,27 triliun hingga periode 31 Desember 2018.