Cloudera Dukung LINE untuk Hadirkann Inovasi Berbasis Data yang Aman

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 April 2020 - 11:30 WIB

 Cloudera (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Cloudera (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta— Cloudera, Inc., (NYSE: CLDR), perusahaan data cloud enterprise, hari ini mengumumkan bahwa LINE Corporation telah memilih Cloudera untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berbasis teknologi AI dan perkembangan Data Science and Engineering Center (DSEC) milik LINE.

 Untuk mempercepat perjalanan berbasis data serta tetap menjaga keamanan data pengguna, kemitraan ini akan memungkinkan LINE untuk mengelola siklus datanya dengan sebuah platform yang dibangun dengan teknologi open source dan akan memastikan perjalanan menuju cloud tersebut tetap relevan di masa depan.

LINE memiliki tujuan untuk mendekatkan jarak antara informasi, layanan, dan para penggunanya. Dengan aplikasi pengiriman pesan sebagai intinya, bisnis LINE mencakup layanan-layanan mobile-first, termasuk komunikasi, konten dan hiburan, iklan, serta bisnis-bisnis strategis di sektor Fintech, AI, dan lainnya. DSEC LINE perlu menangani volume data yang besar dan beragam serta dapat memberikan informasi penting ke berbagai lini bisnis agar dapat menyediakan layanan bagi 186 juta pengguna aktif setiap di seluruh dunia.

“Untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi, sangat penting bagi kami untuk dapat mengelola, memanfaatkan, dan mengamankan big data sembari tetap mendemokratisasikannya,” tutur Cheolho Choi, Engineering Director of Data Platform dan Fellow of Data Engineering, LINE Corporation. “Mengingat keahlian Cloudera dalam merancang, mendesain, dan mengamankan platform big data mission-critical, kami yakin bahwa Cloudera dapat meningkatkan platform data LINE yang kuat untuk mempercepat waktu dalam meraih nilai bisnis, memperkuat keamanan data kami, dan mengurangi biaya operasional.”

Dengan kapabilitas keamanan dan tata kelola terpusat level enterprise dari Platform Data Cloudera, DSEC dapat mengelola dan mengatur data secara lebih efektif dan aman, yakni dengan mengizinkan operator mengatur dan memelihara parameter metadata untuk keamanan, tingkat kepatuhan terhadap peraturan, serta analitik data.

Penggabungan data warehouse dari berbagai layanannya, memungkinkan LINE mengantisipasi peningkatan platform data dan pengguna di seluruh perusahaan agar bisa mendapatkan analitik yang mandiri dan teratur tanpa mengorbankan keamanan data mereka.

Hal ini juga selaras dengan restrukturisasi LINE terhadap perusahaannya untuk mempromosikan penggunaan data di seluruh lini bisnis dan departemen dengan sepenuhnya memanfaatkan basis datanya yang sangat besar guna meningkatkan kegunaan layanan yang ada, serta menciptakan layanan dan fungsi-fungsi baru yang didukung oleh AI.

“Konsumen saat ini mengharapkan perusahaan-perusahaan untuk menawarkan layanan yang makin personal dan berinovasi dengan cepat sekaligus menjaga keamanan data mereka,” ujar Mark Micallef, Vice President of Asia Pacific and Japan, Cloudera.

“Kami senang dapat membantu LINE dalam menjawab tuntutan tersebut dengan memberdayakan penggunanya di seluruh perusahaan untuk mentransformasi data mereka yang besar dan kompleks menjadi wawasan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti dengan menggunakan suatu platform data terintegrasi yang skalabel dan memberikan analitik multifungsi dengan keamanan dan tata kelola yang konsisten.”

Untuk memastikan keberhasilan perjalanan berbasis data LINE mulai dari tahap rancangan awal hingga operasi skala besar, Cloudera akan terus menyediakan tenaga ahli dan panduan khusus melalui tim konsultan layanan profesional globalnya.

Kolaborasi ini akan membantu konsolidasi big data infrastructure LINE sekaligus meminimalkan downtime, mengoptimalkan lingkungan big data mereka untuk memastikan bahwa sumber daya server secara efisien digunakan oleh teknologi pembelajaran mesin (machine learning) dan beban kerja analisis yang ada yang mendukung layanan LINE, dan memastikan perlindungan data yang konsisten dan berkualitas tinggi.

Selain itu, pelatihan khusus Cloudera akan membekali para teknisi DSEC dengan keterampilan untuk mengelola dan mengamankan big data secara efektif. Dengan memiliki talenta-talenta terampil seperti itu, LINE akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan teknologi AI yang memperkuat bisnisnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…