Medco Power Indonesia Lakukan Spud in Eksplorasi Pertama PLTP 110 Megawatt di Blawan Ijen

Oleh : Candra Mata | Kamis, 02 April 2020 - 14:31 WIB

Medco Energi (Ist)
Medco Energi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tajak sumur (spud in) untuk eksplorasi pertama Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Blawan Ijen, Jawa Timur, telah dilakukan oleh PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya Medco Cahaya Geothermal (MCG). 

Tajak sumur eksplorasi ini dilakukan untuk sumur pertama (IJN 6-1) dari total empat sumur yang direncakan dalam tahap eksplorasi.

Pengeboran dua sumur pertama pada PLTP dengan rencana kapasitas 110 Megawatt (MW) akan dilakukan hingga mencapai kedalaman 2.500-3.000 meter dan direncanakan berlangsung sampai akhir tahun 2020. 

Unit 1 pembangkit ini ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada tahun 2022-2023.

Direktur Utama Medco Power Eka Satria mengatakan tajak sumur ini adalah awal dari pengembangan PLTP ramah lingkungan, selain PLTP Sarulla yang telah dikembangkan Medco sebelumnya. 

"Dimulainya tajak sumur ini 
merupakan komitmen Medco dalam mengembangkan PLTP yang ramah lingkungan menyusul proyek sebelumnya PLTP Sarulla 330 MW di Tapanuli Utara. Kegiatan pengeboran ini adalah kelanjutan dari hasil pengeboran dua sumur slim hole yang telah dilakukan sebelumnya," ujar Direktur Utama Medco Power Eka dalam keterangan tertulis Kamis (2/4).

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Publik (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengapresiasi langkah Medco yang turut ambil bagian dari pengembangan energi terbarukan.

"Kami mengapresiasi Medco yang telah berkomitmen membangun energi terbarukan yang ramah lingkungan. PLTP di Blawan Ijen ini akan menjadi bagian dari usaha kita mencapai bauran energi dari energi baru dan terbarukan sebesar 23% di 2025 nanti," tutup Agung. 

Perlu diketahui, Medco Cahaya Geothermal merupakan perusahaan patungan antara Medco Power Indonesia dengan Ormat Geothermal Power yang telah memiliki Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PLN untuk jangka waktu 30 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samantha Clayton Herbalife

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:00 WIB

Jangan Tinggalkan Kebugaran Tubuh Saat WFH

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan "di rumah saja", termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas…

Bank BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:45 WIB

PT Bank Central Asia Tbk Suntik Modal Rp1 Triliun, Bank Royal Berubah Nama Jadi Bank Digital BCA

Setelah sebelumnya mengakusisi, emiten perbankan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengganti namanya Bank Royal menjadi Bank Digital BCA dengan suntikan modal awal sebesar Rp1 triliun.

Persija Jakarta (Ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:30 WIB

Manajemen Persija Jakarta Sangat Berharap Liga Segera Berjalan Kembali

Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali…

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:10 WIB

Kabar Baik! Sepanjang Januari-April 2020, Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 42,75 Miliar

Sepanjang Januari-April 2020, pengapalan produk industri pengolahan mampu menembus hingga USD42,75 miliar atau naik sebesar 7,14 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:00 WIB

Ketum PSSI-Menpora Bahas Persiapan Piala Dunia dan Kompetisi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, belum lama ini . Dalam pertemuan ini, PSSI menyampaikan perkembangan…