Bos-Bos Pelaku Industri Batubara Sumbang Rp540 miliar untuk Penanggulangan Covid-19 di Indonesia

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 02 April 2020 - 11:20 WIB

Seorang pekerja sedang mengawasi conveyer batu bara PT Gunung Bara Utama, anak usaha PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). (Foto istimewa TRAM)
Seorang pekerja sedang mengawasi conveyer batu bara PT Gunung Bara Utama, anak usaha PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). (Foto istimewa TRAM)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tingginya angka penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Indonesia, membuat seluruh elemen masyarakat bahu membahu untuk mengurangi percepatan penyebaran Covid-19 dengan beragam cara, mulai dari membatasi aktivitas sosial, menjadi relawan Satgas Covid-19, maupun dengan melakukan penggalangan dana. 

Salah satunya adalah Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia - Indonesian Coal Mining Association (APBI-ICMA), yang ikut memberikan bantuan untuk meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, ada 2 cara bantuan yang dilakukan oleh APBI-ICMA dalam memberikan bantuan. 

"Pertama, diserahkan secara mandiri oleh perusahaan, yang kedua, dikumpulkan melalui rekening penggalangan dana APBI Peduli," ujar Agung melalui keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Lebih lanjut, Agung menjelaskan bahwa hingga hari Selasa ini (31/3), total keseluruhan yang diberikan anggota APBI-ICMA mencapai lebih dari Rp540 miliar. 

"Adapun donasi yang disumbangkan oleh perusahaan-perusahaan pertambangan batubara yang tergabung dalam APBI, selain sumbangan dari Adaro sebanyak Rp20 miliar, Bakrie Group (PT KPC & PT Arutmin Indonesia) juga menyumbangkan lebih dari Rp40 miliar. Di samping itu, beberapa perusahaan pertambangan batubara anggota APBI seperti PT Berau Coal, PT Borneo Indo Bara dan PT Manggala Alam Lestari yang tergabung dalam grup usaha Sinar Mas, turut berkontribusi dalam memberikan bantuan sebesar Rp500 miliar yang disumbangkan melalui Kadin & Yayasan Budha Tzu Chi," papar Agung.

Sementara itu, Direktur Eksekutif APBI, Hendra Sinadia mengungkapkan,
Indika Group juga memberikan donasi langsung kepada Gugus Tugas dan Yayasan Benih Baik Indonesia sebesar Rp1 miliar. 

"Sedangkan yang dikumpulkan melalui penggalangan dana APBI sejauh ini dari Jembayan Muarabara Rp100 juta dan Bahari Cakrawala Sebuku Rp50 juta, dan beberapa perusahaan lain juga akan segera menyampaikan konfirmasi bantuannya," jelas Hendra.

Saat ini lanjut Hendra, APBI-ICMA masih terus melakukan proses pendataan perusahaan batubara yang memberikan bantuan terkait penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

"Anggota perusahaan kami berjumlah 160 dan kami masih terus mendata perusahaan anggota yang memberikan bantuan dan kontribusi. Kami akan terus memberikan update perihal bantuan anggota APBI-ICMA untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia," ungkap Hendra.

Agung juga memberikan apresiasi terhadap APBI-ICMA, yang telah melakukan aksi pengumpulan dana secara spontan dalam menghadapi pandemi ini.

"Terima kasih kepada APBI yang telah ikut membantu dalam menanggulangi Virus Corona di Indonesia,. Sektor ESDM akan terus memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa" pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bendungan Pidekso Wonogiri

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:20 WIB

Terus Digenjot, Pembangunan Bendungan Pidekso Wonogiri Telah Mencapai 85 Persen

Bendungan Pidekso merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang Sumber Daya Air untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19 (ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:15 WIB

Catat, Pasien Positif Covid-19 Tembus 25.773, Pemerintah: Dibanding 33 Provinsi Lain, Penambahan Kasus di Jatim Tertinggi

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan bahwa berdasarkan data yang dihimpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Pemerintah mencatat jumlah akumulasi kasus…

PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) (“Bahana”) Holding Perasuransian dan Penjaminan

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:00 WIB

Semangat Pancasila Jadi Dasar Pelaksanaan 'New Normal' di Holding Asuransi dan Penjaminan

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2020 merupakan perayaan lahirnya Pancasila yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini dirayakan ditengah diberlakukan…

Galaxy A11 Tampak Belakang White

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:55 WIB

Andalkan Fitur Kekinian, Samsung Galaxy A11 Dibanderol Hanya Rp 1.999.000 Pada Flash Sale

Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru keluarga Galaxy A series, yakni Galaxy A11. Smartphone yang dirancang untuk Gen Z yang dilengkapi dengan beragam fitur esensial…

Ilustrasi rumah tahanan. (Romeo Gacad/AFP)

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:53 WIB

Kabid Humas Papua: Tidak Ada Tahanan Polda Papua yang Positif Covid-19, Semuanya dalam Kondisi Sehat

Jayapura–Pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020, beredarnya informasi di media sosial maupun media online bahwa Puluhan tahanan di Polda Papua Positif Covid-19 itu tidak benar atau Hoax.