Berbagai Kegiatan Pencegahan COVID-19 Di Cabang Tol Hutama Karya, Dari Pembagian Tongkat Tol Hingga Vaksin Gratis

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 30 Maret 2020 - 13:47 WIB

Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Cabang-Cabang tol yang dioperasikan Hutama Karya
Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Cabang-Cabang tol yang dioperasikan Hutama Karya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Semakin meluasnya penyebaran Corona Virus Disease Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona di Indonesia, membuat PT Hutama Karya. Hutama Karya selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol BUJT di Indonesia melakukan berbagai tindakan preventif di seluruh cabang tol yang dioperasikannya.

Hutama Karya telah menutup sementara fasilitas top-up tunai di hampir seluruh gerbang tol pada cabang tol yang dioperasikannya hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

Adapun beberapa cabang ruas tol tersebut diantaranya tol Bakauheni-Terbanggi Besar Bakter dan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung Terpeka di Sumatera serta tol JORR Seksi S dan Tol Akses Tanjung Priok ATP di Jakarta.

Tak hanya itu, Hutama Karya juga meniadakan sementara fasilitas mobile reader di tol ATP dan JORR S serta di tol Bakter, tol Terpeka, dan tol Palindra. Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa tindakan ini  dilakukan bentuk dukungan gerakan physical-distancing yang digalakkan oleh WHO dan pemerintah Indonesia. 

“Tujuannya adalah guna mencegah bertambahnya penularan Covid-19 di sarana infrastruktur yang menjadi fasilitas publik, termasuk dengan meminimalisir potensi kontak fisik di gerbang tol,” ujarnya. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa dengan ditutupnya faslitas top up tunai di dan mobile reader maka maka tidak ada kegiatan transaksi antara pengguna dan petugas tol. “Dengan begitu potensi penularan virus Covid-19 melalui transaksi uang tunai dapat berkurang,” pungkasnya.

Tak hanya tindakan preventif saja, Hutama Karya juga telah menggelar berbagai sosialisasi dan kegiatan edukasi baik kepada petugas tol hingga kepada pengguna jalan di lingkungan kantor cabang, gerbang, hingga tempat istirahat jalan tol. 

“Di tol Mebi, kami membagikan lebih dari seratus tongkat tol gratis kepada pengguna jalan pada sabtu (21/3) lalu. Sedangkan di tol Terpeka kami berinisiatif membuat handsanitizer dan disinfektan sendiri untuk ditempatkan di unit kendaraan operasional ditengah kelangkaan dan melonjaknya harga handsanitizer. Terakhir kami melakukan vaksin influenza dan suntik vitamin c kepada seluruh petugas di masing-masing ruas tol,” tutur Aries, EVP Divisi OPJT Hutama Karya.

Dari sisi kebijakan, saat ini manajemen Hutama Karya telah menerapkan sistem Work From Home termasuk di seluruh Cabang tol yang dikelolanya. Walaupun telah diterapkan sistem WFH, Aries mengatakan bahwa Hutama Karya tetap memastikan agar pengoperasian jalan tol tetap berjalan lancar dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan ditengah mewabahnya virus ini.

“Dipastikan walaupun diadakan sistem WFH tidak akan mengganggu pengoperasian jalan tol dan semua tetap bekerja dari rumah untuk back office ataupun melakukan jadwal shift dari kesepakatan bagian masing-masaing untuk petugas tol,” tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Menperin Agus Sodorkan Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…