Pushidrosal TNI AL Mutakhirkan Data Hidro-oseanografi Perairan APBS/APTS Surabaya

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Maret 2020 - 04:45 WIB

Pushidrosal TNI AL Mutakhirkan Data Hidro-oseanografi Perairan APBS/APTS Surabaya
Pushidrosal TNI AL Mutakhirkan Data Hidro-oseanografi Perairan APBS/APTS Surabaya

INDUSTRY.co.id - Jakarta----Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL menggelar Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi perairan Koarmada 2 di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS) Surabaya.

Opssurta yang dilaksanakan selama 35 hari di APBS/APTS Surabaya ini bertujuan untuk memastikan perairan Koarmada2 aman dilayari oleh Unsur - unsur KRI saat melaksanakan OMP / OMSP, data dan informasi yang dipetoleh akan digunakan  untuk meng update Peta Laut Indonesia (PLI) no 84 dan 96.

Menurut Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, APBS dan APTS Surabaya merupakan alur pelayaran yang cukup padat dengan  perubahan morfologi dan sedimentasi cukup tinggi sehingga sangat dibutuhkan data dan informasi yang akurat dan modern  untuk bernavigasi guna menjamin keselamatan pelayaran bagi Kapal Perang TNI AL dan Kapal niaga.

Selama 35 hari, tim survei Pushidrosal yang berjumlah 15 personel melaksanakan Opssurta Hidro–Oseanografi di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair,S.T.,  dengan kegiatan meliputi: pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar  laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran(SBNP), verifikasi data pipa/kabel pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengambilan contoh air laut, pengukuran CTD, pengamatan meteorologi,verifikasi toponimi dan pengumpulan data geografi maritim.

Keakuratan dan kemutahikran data hidrografi dan oseanografi merupakan suatu hal yang mutlak dibutuhkan dalam meningkatan level kepercayaan dan keselamatan para stakeholder bidang kelautan sesuai amanah pemerintah RI kepada Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional.

Dalam rangka monitoring dan evaluasi perolehan data hidrografi dan oseanografi,  kegiatan survei  diinspeksi oleh Tim Pushidrosal yang dipimpin oleh Dirpotmar Pushidrosal  Kolonel Laut (P) Suhendro didampingi  Kasubditnautik  Letkol Laut (P) Sinung Budi Prasojo, A.md.

Inspeksi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung perkembangan pelaksanaan survei yang sedang dilaksanakan oleh tim Pushidrosal meliputi : area, waktu serta metode survei apakah telah sesuai dengan yang dimandatkan pada rencana  awal,   guna  memenuhi  persyaratan  yang  telah   ditetapakan sesuai kaidah survei hidro – oseanografi internasional sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Pushidrosal merupakan lembaga hidrografi nasional yang bertanggung jawab dalam menjamin keselamatan pelayaran untuk kepentingan militer dan sipil. Oleh karena itu,  pelaksanaan inspeksi tersebut juga merupakan salah satu fungsi kontrol dalam menjamin akurasi dan kemutahiran data hidro – oseanografi sehingga data dan informasi yang dihasilkan dapat terpercaya dan handal dalam mendukung pengembangan prasarana dan keselamatan bernavigasi di laut.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agar Kesehatan Prajurit Marinir Semakin Solid Gelar Sepakbola antar Kompi

Jumat, 05 Juni 2020 - 03:00 WIB

Agar Kesehatan Prajurit Marinir Semakin Solid Gelar Sepakbola antar Kompi

Danyonif 9 Marinir Letkol Marinir James Munthe, M. Tr.(Hanla)., M.M menggelar pertandingan sepak bola kampung antar Kompi, yang di mana kegiatan dilaksanakan di lahan area Ksatrian yang telah…

Jaringan Hotel Indonesia Group (HIG) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 05 Juni 2020 - 01:06 WIB

Hotel Indonesia Group Kerja Sama dengan PHRI Siapkan Standar Operational Hotel New Normal

Jakarta-Hotel Indonesia Group bekerja sama dengan PHRI terapkan standar operasional prosedur untuk era “New Normal”. Penyebaran virus COVID-19 yang terjadi saat ini sangat berdampak bagi…

The Telkom Hub (Foto: Doc Telkom)

Jumat, 05 Juni 2020 - 00:10 WIB

Kinerja Telkom Ciamik Patut Diacungi Jempol

Ekonom dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat Acuviarta Kartubi, berdasarkan rekapitulasi data terakhir ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi makro Indonesia hanya tumbuh 2,97%.…

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.

Anand Stanley Presiden Direktur Airbus

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:38 WIB

Gantikan Patrick de Castelbajac, Anand Stanley Bos Baru Airbus Asia Pasifik

Anand Stanley resmi menjadi Presiden Airbus Asia Pasifik yang berbasis di Singapura. Anand akan memegang raksasa industri penerbangan tersebut pada 1 Juli 2020 mendatang. Adapun beban Anand…