Pushidrosal TNI AL Mutakhirkan Data Hidro-oseanografi Perairan APBS/APTS Surabaya

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Maret 2020 - 04:45 WIB

Pushidrosal TNI AL Mutakhirkan Data Hidro-oseanografi Perairan APBS/APTS Surabaya
Pushidrosal TNI AL Mutakhirkan Data Hidro-oseanografi Perairan APBS/APTS Surabaya

INDUSTRY.co.id - Jakarta----Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL menggelar Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi perairan Koarmada 2 di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS) Surabaya.

Opssurta yang dilaksanakan selama 35 hari di APBS/APTS Surabaya ini bertujuan untuk memastikan perairan Koarmada2 aman dilayari oleh Unsur - unsur KRI saat melaksanakan OMP / OMSP, data dan informasi yang dipetoleh akan digunakan  untuk meng update Peta Laut Indonesia (PLI) no 84 dan 96.

Menurut Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, APBS dan APTS Surabaya merupakan alur pelayaran yang cukup padat dengan  perubahan morfologi dan sedimentasi cukup tinggi sehingga sangat dibutuhkan data dan informasi yang akurat dan modern  untuk bernavigasi guna menjamin keselamatan pelayaran bagi Kapal Perang TNI AL dan Kapal niaga.

Selama 35 hari, tim survei Pushidrosal yang berjumlah 15 personel melaksanakan Opssurta Hidro–Oseanografi di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair,S.T.,  dengan kegiatan meliputi: pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar  laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran(SBNP), verifikasi data pipa/kabel pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengambilan contoh air laut, pengukuran CTD, pengamatan meteorologi,verifikasi toponimi dan pengumpulan data geografi maritim.

Keakuratan dan kemutahikran data hidrografi dan oseanografi merupakan suatu hal yang mutlak dibutuhkan dalam meningkatan level kepercayaan dan keselamatan para stakeholder bidang kelautan sesuai amanah pemerintah RI kepada Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional.

Dalam rangka monitoring dan evaluasi perolehan data hidrografi dan oseanografi,  kegiatan survei  diinspeksi oleh Tim Pushidrosal yang dipimpin oleh Dirpotmar Pushidrosal  Kolonel Laut (P) Suhendro didampingi  Kasubditnautik  Letkol Laut (P) Sinung Budi Prasojo, A.md.

Inspeksi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung perkembangan pelaksanaan survei yang sedang dilaksanakan oleh tim Pushidrosal meliputi : area, waktu serta metode survei apakah telah sesuai dengan yang dimandatkan pada rencana  awal,   guna  memenuhi  persyaratan  yang  telah   ditetapakan sesuai kaidah survei hidro – oseanografi internasional sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Pushidrosal merupakan lembaga hidrografi nasional yang bertanggung jawab dalam menjamin keselamatan pelayaran untuk kepentingan militer dan sipil. Oleh karena itu,  pelaksanaan inspeksi tersebut juga merupakan salah satu fungsi kontrol dalam menjamin akurasi dan kemutahiran data hidro – oseanografi sehingga data dan informasi yang dihasilkan dapat terpercaya dan handal dalam mendukung pengembangan prasarana dan keselamatan bernavigasi di laut.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.