Beroperasi Penuh pada 29 Maret, Bandara Internasional Yogyakarta Didukung Transportasi Multi-Moda

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 27 Maret 2020 - 10:54 WIB

Transportasi Darat Multi-Moda
Transportasi Darat Multi-Moda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang akan dioperasikan secara penuh pada Minggu 29 Maret mendatang telah didukung oleh transportasi darat multi-moda yang cukup lengkap. Hal ini memudahkan pengguna jasa bandara dalam melakukan alih moda transportasi ketika melakukan perjalanan udara melalui YIA.

Adapun beragam jenis transportasi multi-moda tersebut yaitu airport shuttle yang disediakan oleh Damri dan SatelQu, taksi berargo, angkutan sewa khusus, dan kereta api untuk menuju pusat Kota Yogyakarta dan beberapa daerah di sekitar Provinsi Yogyakarta seperti Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, dan lainnya.

"Dukungan transportasi multi-moda ini merupakan upaya Angkasa Pura I bersama para pemangku kepentingan transportasi darat lainnya, baik regulator dan operator layanan transportasi, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang melakukan perjalanan udara melalui YIA. Diharapkan, kemegahan serta nilai seni dan budaya di YIA yang dilengkapi dengan dukungan sarana transportasi multi-moda akan memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi para pengguna jasa bandara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Persero Faik Fahmi. 

Damri Untuk mencapai YIA dari pusat Kota Yogyakarta, penumpang dapat memilih beberapa titik keberangkatan dari beberapa penyedia layanan transportasi darat. Untuk layanan shuttle bus Damri, terdapat beberapa titik keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam perjalanan, yaitu: Bandara Adisutjipto-YIA : 2 jam, Malioboro-YIA : 1,5 jam, Ambarketawang-YIA : 1 jam.

Adapun titik keberangkatan Damri menuju YIA yaitu Bandara Adisutjipto, Pool Damri, Jalan Affandi, Galeria Mall, Bundaran UGM, Sleman Citi Hall, Candi Borobudur, Grand Inna Malioboro, Hotel Limaran, Rest Area Ambar Ketawang, Stasiun Wojo, dan Kebumen.

Estimasi biaya Damri menuju YIA yaitu berkisar dari Rp 25.000,- hingga Rp 70.000,-, bergantung pada jarak tempuh. Sedangkan jam operasional Damri yaitu sejak pukul 03.00 hingga 20.00 WIB dengan interval waktu berangkat (headway) selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo Bandara Adisutjipto.

SatelQu, untuk mencapai YIA dari pusat Kota Yogyakarta menggunakan shuttle bus SatelQu, penumpang dapat memilih 3 rute yaitu rute utara, rute tengah, dan rute selatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam bergantung pada jarak dari titik keberangkatan dan estimasi biaya Rp 50.000,- hingga Rp 70.000,-. 

Rute utara: Maguwo Bandara Adisutjipto - Hotel Grand Keisha - Prime Hotel - Hotel UC UGM - Hotel Phoenix - Hotel Amartya - Rest Area Ambarketawang - YIA. Rute tengah: Bandara Adisutjipto - Hotel Eastparc - Hotel Grand Mercure - Hotel Pesonna Tugu. Grand Serella - Terminal Jombor - Hotel Amartya - Rest Area Ambarketawang - YIA. Rute selatan: Bandara Adisutjipto - Jogja Expo Center - Hotel The Cube - YATS Colony - Rest Area Ambarketawang - YIA.

Untuk interval waktu berangkat headway SatelQu yaitu selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan 60 menit sekali Stasiun Maguwo Bandara Adisutjipto. Selain rute YIA-Yogyakarta, SatelQu juga melayani rute sekitar Yogyakarta yaitu Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Jombor, Purworejo, Wonosobo, dan Banjarnegara.

Taksi dan Angkutan Sewa Khusus. Selain airport shuttle Damri dan SatelQu, penumpang juga dapat menggunakan taksi bandara, seperti Rajawali, JAS, Pataga, serta Angkutan Premium Golden Bird, yang dapat dipesan sesuai jadwal penerbangan di YIA. Untuk taksi online, Grabcar atau Grabtaxi sudah resmi beroperasi di YIA dan dapat dipesan melalui aplikasi Grab. 

Jika ingin menyewa mobil dari YIA untuk mengunjungi destinasi pariwisata di sekitar Kulon Progo dan Yogyakarta, penumpang dapat memesan angkutan sewa khusus seperti KSU Putra Galih, Inkoppol, dan Jaladipa.

Untuk transportasi darat dengan waktu tempuh lebih cepat, penumpang dapat menggunakan kereta api yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Kereta Api Bandara dan KA Prambanan Ekspress, dengan waktu tempuh 45 menit hingga 60 menit. Untuk rute keberangkatan KA Bandara yaitu Stasiun Yogyakarta - Stasiun Wates - Stasiun Wojo dengan estimasi biaya Rp 25.000,-.

Sedangkan rute keberangkatan KA Prameks yaitu Stasiun Maguwo - Stasiun Lempuyangan - Stasiun Yogyakarta - Stasiun Wates - Stasiun Wojo. Dari Stasiun Wojo, YIA dapat ditempuh 10 menit menggunakan shuttle bus Damri.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan menjadi Mitra Global Wimbledon

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:25 WIB

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan Menjadi Mitra Global Wimbledon untuk 4 Tahun Berturut-Turut

OPPO melanjutkan komitmen untuk menginspirasi pengguna globalnya, OPPO merayakan hari jadi Centre Court yang ke-100 dengan meluncurkan kampanye terbarunya bernama Inspiration Ahead. Center Court…

Ilustrasi perumahan MBR

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:54 WIB

Hingga Semester I Tahun 2022, Kementerian PUPR Telah Salurkan FLPP Untuk 99.557 Unit Rumah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap rumah layak huni dan terjangkau melalui bantuan pembiayaan…

Jababeka berikan pelatihan maggot

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:50 WIB

Jababeka Berikan Pelatihan & Perlengkapan Budidaya Maggot BSF Gratis

Guna membantu perekonomian masyarakat di sekitar Kawasan Industri Jababeka-Cikarang, PT Jababeka Tbk berinisiatif memberikan pelatihan lalat BSF secara gratis bagi masyarakat Desa Mekarmukti,…