Emak Emak Berteriak: Duh! Harga Sayur Melonjak, Bisa Gila Ini Lama Lama

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 24 Maret 2020 - 09:42 WIB

Pedagang sayur-mayur
Pedagang sayur-mayur

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hingga hari ini harga pangan di beberapa pasar Jakarta Timur terus melonjak.

Seperti yang terjadi di Pasar Ciracas, Jakarta Timur. Harga-harga yang terpantau naik, mulai dari bawang merah, bawang bombai, cabai rawit merah, hingga telur ayam negeri (ras), hingga sayur nangka.

Lina, seorang ibu di kawasan Ciracas, mengaku pusing dengan harga pangan yang gila-gila-an.

“Semua naik pak. Bawang Merah aja Rp 40.000/kg, sayur nangka yang biasa Rp 5-800/kg kini Rp 30.000/kg, Bawang bombai sudah tembus ke Rp 250 ribu per/kg. Padahal harga normalnya cuma Rp 8 ribu/kg. Terus gula pasir, saya beli Rp 20.000/kg, padahal beberapa bulan lalu Cuma Rp 12.500/kg. Kita bisa gila lama lama ini. Harga cabai rawit merah pun melonjak hingga ke level Rp 50 ribu/kilogram (kg). Padahal sebelumnya harga komoditas pangan tersebut hanya Rp 25-30 ribu/kg, ,” ujarnya penuh galau.

Pada Selasa (24/3/2020), Industry.co.id menelusuri perkembangan harga pangan tersebut.

Seperti yang diungkapkan salah satu pelapak, bahwa dirinya  memutuskan untuk berhenti menyuplai komoditas pangan tersebut karena harganya naik gila-gilaan.

"Mahal dari sananya pak. Kami bingung juga jualnya, kalau mahal. Pembeli banyak suka marah,” ujarnya.

Sementara itu menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, pergerakan harga pangan saat ini masih terbilang normal, setidaknya untuk cabai rawit merah dan telur ayam.

Adapun pencegahan kenaikan harga melalui operasi pasar baru akan dilakukan ketika kenaikan harga sudah cukup signifikan.

"Dan saat ini (harga) masih kondisi normal, kalau kenaikan signifikan baru kita lakukan operasi pasar untuk stabilisasi harga," ujar Agus dalam teleconference harga dan ketersediaan bahan pokok, Rabu (18/3/2020).

Agus memastikan, hingga saat ini ketersediaan bahan pangan pokok dalam negeri mencukupi. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir ada kekurangan bahan pangan pokok.

"Berkaitan dengan belanja ya silakan belanja sesuai kebutuhan, tidak usah panik, pasti akan terpenuhi. Stoknya cukup, tidak perlu panik dan itu akan kita penuhi seterusnya," kata Agus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…