Antisipasi Covid-19, Permohonan Perizinan ESDM Dialihkan Sementara ke Sistem Daring

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 21 Maret 2020 - 15:45 WIB

Kementerian ESDM
Kementerian ESDM

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalihkan sementara semua layanan tatap muka menjadi layanan daring. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya mitigasi Pemerintah dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menekankan pelayanan publik sektor ESDM tetap berjalan biasa, namun dialihkan dalam bentuk daring (online) hingga jangka waktu tertentu.

"Pelayanan tatap muka sudah tidak kami terima lagi. Kami sudah menyiapkan sistem online sebagai penggantinya hingga akhir Maret nanti, monitor di http:\\www.esdm.go.id," kata Agung melalui keterangan tertulis yang diterima Industry.co.id Sabtu (21/3).

Ia mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan perizinan ESDM pada https:\\perizinan.esdm.go.id, pelayanan informasi atau konsultasi, pemenuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), cetak peta dan pengaduan terkait sektor mineral dan batubara bisa melalui email, yaitu [email protected]

Untuk lebih memudahkan pelayanan, sambung Agung, peta/produk/jasa akan dikirimkan melalui Jasa Pengiriman Kilat.

Hal serupa juga terjadi di sektor ketenagalistrikan, Pusat Data dan Informasi ESDM telah menyiapkan sistem daring untuk mengganti pelayanan tatap muka mulai dari konsultasi, pengaduan hingga permintaan informasi bisa didapat melalui email [email protected] atau hotline 0215225180 ext 1123.

Sementara untuk layanan perizinan seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) di slodjk.esdm.go.id, Sertifikat Badan Udaha (SBU) di sbu.djk.esdm.go.id dan Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKKTK) bisa diakses di skktkdjk.esdm.go.id.

Khusus layanan tatap muka di Lintas EBTKE bisa diakses di laman lintas.ebtke.esdm.go.id/#permohonan untuk permohonan informasi seputar Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan lintas.ebtke.esdm.go.id/#pengaduan untuk pengaduan masyarakat. "Perubahan layanan ini hingga 5 April 2020," tegas Kepala Pusdatin ESDM Agus Cahyono Adi atau yang akrab dipanggil Aca.

Ada juga pelayanan Contact Center ESDM 136 yang dialihkan sementara ke email [email protected] demi melindungi kesehatan pegawai. Saat ini layanan tersebut memiliki 12 agen customer service officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media dan 3 team leader.

"Kesehatan pegawai jadi pertimbangan kami tanpa mengesampingkan kualitas layanan kepada publik. Silahkan hubungi email tersebut bagi masyarakat yang terbiasa mengakses 136," ungkap Aca.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sembilan Kapal Perang TNI AL Sukseskan Operasi Dukungan Tembakan TA 2020 di Natuna

Kamis, 26 November 2020 - 05:30 WIB

Sembilan Kapal Perang TNI AL Sukseskan Operasi Dukungan Tembakan TA 2020 di Natuna

Latihan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kemampuan personel, unsur-unsur KRI Koarmada I serta mensinergikan dengan unsur terkait sebagai unsur pendukung dalam setiap melaksanakan kegiatan…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menerima penghargaan

Kamis, 26 November 2020 - 05:19 WIB

Kementan Mendapat Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Dari Kemenpan RB

Kementerian Pertanian (Kementan) mendapat penghargaan Pelayanan Publik terbaik untuk inovasi Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST). Penghargaan ini diberikan Kementerian…

Mentan mengatakan, keterbukaan informasi menjadi bagian penting, sekaligus tolak ukur dalam menjaga ritme kerja para pegawainya.

Kamis, 26 November 2020 - 05:09 WIB

Kementan Peringkat 1 Badan Publik Paling Informatif dari KIP

Kementerian Pertanian (Kementan) dianugerahi sebagai Kementerian terbaik peringkat 1, dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. Ketetapan ini diberikan Komisi Informasi Publik (KIP) setelah…

Satgas Pamtas Yonif 642 Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap Pekerja Migran

Kamis, 26 November 2020 - 05:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 642 Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap Pekerja Migran

Pengawasan dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Pos Kout Jagoi Babang bersama dengan Karantina Kesehatan Jagoi Babang, Imigrasi Jagoi Babang, Bea Cukai Jagoi Babang dan Babinsa…

Tingkatkan Pemahaman Peraturan Militer Wajib Dimiliki Prajurit TNI

Kamis, 26 November 2020 - 04:30 WIB

Tingkatkan Pemahaman Peraturan Militer Wajib Dimiliki Prajurit TNI

Kapusjaspermildas TNI mengatakan bahwa setelah kembali ke kesatuan masing-masing, para mantan peserta penataran harus mampu menjadi pelopor penerapan Permildas TNI secara baik dan benar dengan…