Antisipasi Covid-19, Permohonan Perizinan ESDM Dialihkan Sementara ke Sistem Daring

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 21 Maret 2020 - 15:45 WIB

Kementerian ESDM
Kementerian ESDM

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalihkan sementara semua layanan tatap muka menjadi layanan daring. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya mitigasi Pemerintah dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menekankan pelayanan publik sektor ESDM tetap berjalan biasa, namun dialihkan dalam bentuk daring (online) hingga jangka waktu tertentu.

"Pelayanan tatap muka sudah tidak kami terima lagi. Kami sudah menyiapkan sistem online sebagai penggantinya hingga akhir Maret nanti, monitor di http:\\www.esdm.go.id," kata Agung melalui keterangan tertulis yang diterima Industry.co.id Sabtu (21/3).

Ia mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan perizinan ESDM pada https:\\perizinan.esdm.go.id, pelayanan informasi atau konsultasi, pemenuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), cetak peta dan pengaduan terkait sektor mineral dan batubara bisa melalui email, yaitu [email protected]

Untuk lebih memudahkan pelayanan, sambung Agung, peta/produk/jasa akan dikirimkan melalui Jasa Pengiriman Kilat.

Hal serupa juga terjadi di sektor ketenagalistrikan, Pusat Data dan Informasi ESDM telah menyiapkan sistem daring untuk mengganti pelayanan tatap muka mulai dari konsultasi, pengaduan hingga permintaan informasi bisa didapat melalui email [email protected] atau hotline 0215225180 ext 1123.

Sementara untuk layanan perizinan seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) di slodjk.esdm.go.id, Sertifikat Badan Udaha (SBU) di sbu.djk.esdm.go.id dan Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKKTK) bisa diakses di skktkdjk.esdm.go.id.

Khusus layanan tatap muka di Lintas EBTKE bisa diakses di laman lintas.ebtke.esdm.go.id/#permohonan untuk permohonan informasi seputar Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan lintas.ebtke.esdm.go.id/#pengaduan untuk pengaduan masyarakat. "Perubahan layanan ini hingga 5 April 2020," tegas Kepala Pusdatin ESDM Agus Cahyono Adi atau yang akrab dipanggil Aca.

Ada juga pelayanan Contact Center ESDM 136 yang dialihkan sementara ke email [email protected] demi melindungi kesehatan pegawai. Saat ini layanan tersebut memiliki 12 agen customer service officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media dan 3 team leader.

"Kesehatan pegawai jadi pertimbangan kami tanpa mengesampingkan kualitas layanan kepada publik. Silahkan hubungi email tersebut bagi masyarakat yang terbiasa mengakses 136," ungkap Aca.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menpeein Agus Gumiwang, Menko Perekonomian Airlangga, Menteri PUPR, Menkeu Sri Mulyani saat Konfrensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:49 WIB

Agus Gumiwang Unggah Potret Bareng Airlangga, Basuki dan Sri Mulyani, Netizen: Sukses Pak....

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mencuri perhatian masyarakat usai mengunggah sebuah potret "langka" bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR,…

Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:18 WIB

Cinta Buatan Indonesia, Erick Thohir: Selalu Menempel! Mulai dari Batik, Makanan Sampai Sneakers...

Menteri BUMN Erick Thohir menuai banjir komentar dari masyarakat usai mengunggah sebuah lagu berjudul "Aku Cinta Buatan Indonesia" yang diciptakan oleh musisi legendaris Indonesia, Bimbo. Menurut…

Menkeu Sri Mulyani

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. "Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?,"…

Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:33 WIB

BPK Bersama Lazismu Audit Program BPKH Untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi dua lembaga pendidikan…

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.