Dukung NTB Menuju Pertanian Mandiri Benih Berbasis Korporasi

Oleh : Wiyanto | Kamis, 19 Maret 2020 - 13:45 WIB

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor
Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pertanian terus mendorong Indonesia menuju pertanian yang maju, modern dan mandiri mulai hulu sampai hilir yang bertujuan meningkatkan nilai tambah, nilai tawar dan kesejahteraan petani.

Hal ini disampaikan Staf Khusus Menteri Pertanian Imam Mujahidin Fahmid, saat melakukan kunjungan identifikasi calon lokasi Pengembangan Petani Produsen Benih Tanaman Pangan (P3BTP) Berbasis Korporasi Petani di KT. Wujud Tunggal, Desa Penujak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah.

Imam menyampaikan bahwa areal perbenihan berbasis korporasi petani tahun 2020 seluas 100 Ha ini irigasinya cukup baik, terdapat sarana unit prosesing benih, dryer dan gudang serta memenuhi persyaratan menghasilkan benih jagung hibrida yang bermutu.

Benih merupakan salah satu instrument penting dalam meningkatkan produksi hasil pertanian. Untuk memenuhi kebutuhan benih dalam rangka pengembangan sebagai pemasok pakan ternak di NTB yang selalu meningkat tiap tahunnya, “NTB harus mandiri benih. Dengan mandiri benih berbasis korporasi ini, dapat meminimalisir biaya produksi dan menambah keuntungan bagi petani,” ungkap Imam di Lombok, NTB, Kamis (19/3/2020).

Jika di NTB bisa mandiri benih yang juga terintegrasi tanaman pangan dengan ternak, maka akan menambah pendapatan masyarakat di NTB. “Bayangkan selama ini untuk bahan pakan ternak (jagung Feed Mill) sekitar 7.000/kg, jika kita bisa mandiri benih dan berkontribusi untuk mensuplai kebutuhan pakan ternak seharga 3.000 ribu/kg maka akan menghemat biaya sekitar 4.000 ribu/kg. Disamping integrasi jagung-ternak, akan dialokasikan pengembangan sorgum integrasi ternak,” terang Imam.

Harapannya, NTB mampu mandiri benih tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan benih untuk pengembangan tanaman pangan sebagai pemasok pakan ternak (integrasi tanaman pangan dengan ternak). “Mengingat kebutuhan bahan pakan ternak di NTB sangat besar, sehingga nantinya stop impor pakan ternak maupun daging,” pungkas Imam.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB Husnul Fauzi mengatakan NTB menyambut dengan baik program dari Kementan dalam rangka mendukung program Gubernur yang membuat regulasi target Tahun 2003, NTB sudah harus mandiri benih.

Pada kesempatan yang berbeda Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, Takdir Mulyadi, mengungkapkan bahwa kegiatan P3BTP Berbasis Korporasi Petani ini di inisiasi dari kegiatan Korporasi tahun 2019. Dimana program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas. “Petani agar mampu mandiri benih tanaman pangan secara insitu yang dikelola secara kelembagaan korporasi yang akan berdampak signifikan pada peningkatan nilai tambah, nilai tawar dan kesejahteraan petani yang akhirnya NTB mendukung kebijakan pemerintah untuk stop impor benih,”terang Takdir.

Takdir optimis NTB tahun ini mampu menjadi Provinsi yang Maju, Modern dan Mandiri Benih Insitu bahkan termotivasi untuk mendorong bisa ekspor benih ke Negara tetangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…