Karena Corona Sekolah Ditutup, Aplikasi Sekolah Online Ini Menggratiskan Programnya Untuk Juta-an Anak Sekolah Yang Harus Belajar Dirumah

Oleh : Nata Kesuma | Senin, 16 Maret 2020 - 09:15 WIB

Belajar online
Belajar online

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Virus korona atau covid-19 menjadi salah satu momok diseluruh dunia saat ini sebab semakin menyebar dan vaksinnya belum ada. 

Berdasarkan data dari WHO, yang terkena virus ini terus bertambah termasuk di Indonesia, yang mana mengganggu aktivitas masyarakat dan perekonomian negara termasuk para siswa jika sampai sekolah-sekolah terpaksa diliburkan.

Sementara itu, banyak platform edukasi berbasis teknologi beredar di masyarakat, ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Dari semua itu, ada sebuah aplikasi yang sangat cocok dipakai untuk anak-anak sekolah di Indonesia, sebab isinya berisi konten pelajaran yang sama diajarkan di sekolah. 

Isinya sangat lengkap,  berupa ebook, video, latihan soal dan bacaan literasi. 

Aplikasi tersebut bernama KIPIN SCHOOL 4.0, yang mana bisa didownload gratis lewat smartphone dan tablet berbasis android dan iOS, juga terdapat untuk PC yang berbasis Windows 10, sangat luas dan beragam cangkupan gadgetnya.

Kipin School 4.0 adalah satu-satunya aplikasi pendidikan di Indonesia yang memadukan isi konten pelajaran berupa : buku-buku kemdikbud KTSP 2006 & K13, video pembelajaran kelas, latihan soal dan komik literasi dan konten untuk prasekolah. 

Dan hebatnya app tsb dilengkapi dengan teknologi ‘anotasi’ yang mana siswa bisa mencoret-coret di ebook seperti highlight kalimat, garis bawah dsb, dan juga dipercanggih kemampuan ‘download and go’ yang bisa menghemat pulsa internet, sebab sebuah data, misal video, cukup di download sekali, setelah itu video tsb bisa ditonton berkali-kali tanpa membutuhkan lagi jalur internet, ini sangat menghemat dan mempermudah siswa dalam belajar.

Berapa biaya untuk pemanfaatan aplikasi Kipin School 4.0 yg berisi ribuan konten pelajaran tsb? 

"Untuk membantu juta-an anak sekolah yang harus belajar di rumah, maka Kipin School di gratiskan, aplikasi sekolah online ini juga memberikan ratusan komik pendidikan karakter yang luar biasa diminati oleh anak-anak Indonesia" kata Santoso Suratso, CEO, Pendidikan.id

Dalam hal ini bagaimana guru yang lokasinya jauh tapi masih bisa ikut serta mengikuti proses belajar anak-anak didiknya selama belajar di rumah? 

Para guru dan siswa bisa komunikasi lewat gadget, seperti memanfaatkan Whatsapp Group yang sangat popular saat ini, sehingga kegiatan diskusi, tanya jawab antar guru dan siswa tetap bisa diadakan. 

Peran guru masih dibutuhkan oleh anak-anak walaupun proses belajarnya saling berjauhan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…

Kawasan industri terpadu (KIT) Batang

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:10 WIB

Dahsyat! Bawa Duit Berkoper-koper, Wavin BV Segera Bangun Pabrik di KIT Batang

Perusahaan asal Belanda, Wavin BV bakal segera membangun pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Nilai investasi produsen pipa global Wavin BV dari Belanda pun cukup besar…