Panglima TNI : TNI Siap Bantu PLN Amankan Pemasangan Listik di Maluku dan Papua

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Maret 2020 - 06:00 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan siap membantu Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam hal pengamanan saat melakukan pemasangan listrik di 433 desa yang berada di wilayah Maluku, Papua dan Papua Barat.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat menerima Wakil Direktur Utama PT. PLN (Persero) Darmawan Prasodjo beserta jajarannya, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020).

Panglima TNI juga menyampaikan sangat menyambut baik rencana Perusahaan Listrik Negara yang akan melakukan pemasangan jaringan penerangan atau listrik pedesaan.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT. PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa rencananya PLN akan melakukan elektrifikasi dengan pemasangan tabung listrik beserta stasiun pengisian energi listrik dan beberapa teknologi pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta Pikohydro. Pemasangan listrik pedesaan tersebut, membutuhkan pengamanan dari TNI agar dapat berjalan sesuai dengan rencana.

TNI dan PLN telah menjalin kerja sama dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama  pada tahun 2019 tentang pengamanan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air.  Kerja sama ini sebagai salah satu langkah PLN dalam menjaga kegiatan operasional perusahaan baik di sisi pembangkitan, transmisi dan distribusi guna menghindarkan masalah-masalah teknis dan sosial yang dapat berakibat pada resiko pelayanan penyediaan kelistrikan atau bahkan resiko blackout.

 

Turut mendampingi Panglima TNI yaitu Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang dan  Aster Panglima TNI Mayjen TNI Goerge Elnadus Supit. Sedangkan Wakil Direktur Utama PT. PLN (Persero) membawa beberapa jajaranya seperti Ahmad Rofik (Direktur  Bisnis Regional Maluku, Papua dan Nusa Tenggara), Nurlely Aman (Executive Legal Counsel Kontrak dan Korporasi Kantor Pusat), Robert A. Purba (Executive Vice President Konstruksi Regional Maluku Papua dan Nusa Tenggara),  Eman Prijono Wasito Adi (Executive Vice President Pengembangan Regional Maluku Papua dan Nusa Tenggara), Denny Triyanto (Senior Specialist Divisi Pengembangan Regional Maluku Papua dan Nusa Tenggara). 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…