UBSI Pontianak Buat Pelatihan Menulis untuk Dosen

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Maret 2020 - 15:28 WIB

Foto bersama narasumber dan peserta pasca pelaksanaan workshop UBSI Pontianak
Foto bersama narasumber dan peserta pasca pelaksanaan workshop UBSI Pontianak

INDUSTRY.co.id - Pontianak-Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bekerjasama dengan MileniaNews menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer untuk para Dosen, Selasa (10/3) di kampus UBSI Pontianak Jl. Abdul Rahman Saleh NoA-18, Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kegiatan yang diikuti 29 Dosen UBSI Pontianak ini mengusung tema ‘Jadikan Artikel Ilmiahmu Jadi Artikel Ilmiah Populer Siap Publish di Media Online/Offline’.

Eri Bayu Pratama selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para dosen UBSI Pontianak dapat menerjemahkan artikel ilmiah/paper mereka menjadi artikel ilmiah popular.

Lanjutnya, agar penelitian yang mereka buat dapat diterbitkan di media-media online maupun offline baik lokal maupun nasional. Sehingga informasi penelitian yang disajikan dalam bahasa jurnalistik bisa dibaca masyarakat umum dan mudah dimengerti.

Menurut narasumber, Irwan Kelana yang juga selaku Redaktur Senior Harian Republika, menyebut pelatihan ini sangat penting di kalangan pendidik terutama bagi para Dosen. Manfaatnya banyak, salah satunya bisa membranding nama dosen itu sendiri dan nama Universitas mereka terutama hasil penelitian dari Dosen dapat diketahui oleh masyarakat luas dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

“Dosen UBSI muda-muda, dan secara ilmu sudah matang karena background pendidikan semuanya sudah S2, maka bisa jadi peluang untuk lebih banyak menulis di media masa,” ujarnya.

Dalam penyampaian materinya, Irwan memberikan tips-tips untuk buat tulisan dengan konten menarik agar menarik minat pembaca dan mendapatkan info dari tulisan yang kita buat. Ia juga memaparkan tentang dasar-dasar penulisan jurnalistik, cara menentukan judul, dan membuat tulisan yang mudah dipahami.

“Dosen harus terus menulis. Tipsnya hanya satu yaitu rutin menulis, buat target minimal dua tulisan jadi dalam sebulan misalnya, nah nanti tinggal bagaimana menyajikannya bisa lewat sosmed atau media lainnya,” tuturnya.

Irwan Kelana menambahkan pada dasarnya semua orang bisa menulis tapi masalahnya siapa yang bisa disiplin untuk terus menulis maka dia yang akan sukses. Karena sebagian orang-orang yang hebat dan sukses semuanya berawal dari rajin menulis.

Ia juga berharap Dosen-Dosen UBSI Pontianak termotivasi setelah mengikuti kegiatan ini untuk terus menulis dan akan lahir penulis hebat dari sini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…

Instruktur AC Daiki di hadapan peserta

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:12 WIB

DAIKIN Goes to Campus Kunjungi Dua Perguruan Tinggi di Padang

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali mengadakan sesi kuliah tamu, di dua perguruan tinggi di Padang, yakni di Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini…