Gawat, Produksi Alat Berat Diproyeksi Bakal Merosot Tajam Tahun Ini

Oleh : Ridwan | Jumat, 13 Maret 2020 - 09:30 WIB

Alat Berat (Ist)
Alat Berat (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tren pergerakan harga batubara yang belum stabil masih menjadi batu sandungan bagi pemain industri alat berat. Hal ini pada gilirannya diperkirakan bakal memengaruhi permintaan dan produksi alat berat hingga setahun ke depan.

Ketua Himpunan Industri Alat Berat Indonesia (Hinabi), Jamaluddin memperkirakan bahwa produksi alat berat tahun ini berpotensi merosot hingga sebesar 7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebagai gambaran, sebelumnya realisasi produksi alat berat di tahun 2019 mencapai angka 6060 unit. Secara terperinci, angka ini terdiri atas sebanyak 5.526 unit hydrauilc excavator, 424 unit bulldozer, 59 unit dump truck dan 51 unit motor grader.

Dengan asumsi penurunan sebesar 7% year-on-year (yoy), maka realisasi produksi hingga tutup tahun 2020 nanti diperkirakan hanya mencapai kurang lebih 5.635 unit saja.

Menurut penjelasan Jamaluddin, proyeksi penurunan produksi didasarkan pada ketidakpastian tren harga komoditas, utamanya komoditas batubara pada sektor pertambangan.

"Alat berat banyak digunakan di pertambangan, sehingga kalau batu bara turun efeknya sangat besar di alat berat," kata Jamaluddin di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jamaluddin menjelaskan bahwa tren pergerakan harga komoditas yang belum stabil bisa mengurangi geliat industri pertambangan. Hal ini pada gilirannya juga akan berdampak pada permintaan alat berat di sektor pertambangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Anies Baswedan

Kamis, 24 September 2020 - 18:05 WIB

Sah! Anies Resmi Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 11 Oktober 2020

Pemprov DKI Jakarta mantap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 masih menanjak.

Dua Bulan Lagi Kompetisi Liga 1 dan 2 Kembali Berlangsung

Kamis, 24 September 2020 - 18:00 WIB

IPW Beda Pendapat dengan Ketum PSSI Terkait Penyelenggaraan Liga 1 dan 2

Polri diimbau agar tidak memberi ijin pelaksanaan pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2. Sebab pandemi Covid 19 saat ini makin menyalak, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyaknya klaster…

PT Taspen (Persero)

Kamis, 24 September 2020 - 17:54 WIB

Taspen Buka 21 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SLTA Hingga S2, Ini Posisi yang Ditawarkan

Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang asuransi Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero)…

Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 September 2020 - 17:45 WIB

Lagi-lagi Jokowi Semprot Sejumlah Menterinya, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegritas antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…