Rasakan Sensasi Internet Ngebut dengan Wi-Fi 6

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Maret 2020 - 08:00 WIB

Rasakan Sensasi Internet Ngebut dengan Wi-Fi 6
Rasakan Sensasi Internet Ngebut dengan Wi-Fi 6

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Internet ngebut pasti menjadi dambaan semua orang. Bagaimana rasanya ketika tengah asik bermain game, browsing internet, atau streaming video tiba-tiba harus terhenti karena internet lemot? Tak perlu khawatir lagi. Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada internet lemot dan menyambut kehadiran Wi-Fi 6. Kini, semua orang bisa merasakan internet ngebut dengan kecepatan maksimal koneksi Wi-Fi 802.11ax ini.

Dengan teknologi terbaru, Wi-Fi 6 memiliki sejumlah fitur berkualitas pada kecepatan, sistem keamanan, dan konektivitasnya. Bersumber dari keterangan Wi-Fi Alliance, Wi-Fi 6 memiliki kemampuan data rate hingga 9,6 Gbps, atau 40 persen lebih kencang dari Wi-Fi 5 yang kecepatannya hanya mampu mencapai 6,9 Gbps.

TP-Link sebagai salah satu perusahaan penyedia perangkat jaringan global menyambut positif kehadiran teknologi tersebut. Sistem konektivitas terbaru ini telah membawa perubahan pada teknologi nirkabel ke arah yang lebih baik tahun ini. Bahkan, sebagian pengguna Wi-Fi 6 telah merasakan pengalaman berinternet dengan koneksi lebih cepat dibanding sebelumnya.

Country Director TP-Link Indonesia, Sterling Li, Rabu (10/3/2020)  mengatakan bahwa TP-Link akan segera memperkenalkan lima unit perangkat baru wireless router yang dilengkapi Wi-Fi 6, yaitu Archer AX11000, Archer AX50, Archer AX10, Archer TX300E, dan access point EAP 620HD. 

"Pada kuartal pertama tahun ini kami ingin memperkenalkan lima unit perangkat TP-Link yang sudah dilengkapi teknologi Wi-Fi 6 kepada seluruh pengguna internet di Indonesia. Teknologi baru pada perangkat-perangkat TP-Link ini menghasilkan kualitas sinyal yang lebih baik dan internet lebih kencang sehingga dapat dinikmati oleh semua orang," kata Sterling.

Archer AX11000 menjadi router berbasis Wi-Fi 6 yang diusung TP-Link bagi para gamers. Router ini memiliki prosesor 1,8 GHz Quad-Core CPU dan tiga co-processor yang bisa memastikan kinerja jaringan pengguna selalu lancar dan stabil. Archer AX11000 menjadi mesin router dengan level tertinggi yang menawarkan kecepatan Wi-Fi hingga sebesar 10756 Mbps dengan jangkauan luas. Kecepatan router yang maksimal mampu mengurangi kendala macet atau terjadinya lag saat bermain game.

Tampilan statistic game yang akan menunjukkan latency secara real-time, durasi permainan, dan penggunaan sistem dalam satu dashboard dengan UI fine-tuned, dimana pengguna memiliki kendali penuh dengan jarinya. Cara penggunaannya juga sangat mudah. User tinggal menyambungkan gadget ke router melalui Bluetooth dan mengaturnya dalam beberapa menit melalui aplikasi yang telah tersedia.

Router TP-Link lainnya yang mendukung Wi-Fi 6 adalah Archer AX50. Dengan fitur bandwidth 160MHz dan 1024-QAM, perangkat ini mampu memberikan kecepatan hingga 3 Gbps. Pengguna dapat menikmati streaming video yang cepat dan permainan yang lebih lancar. Didukung oleh Intel Wi-Fi 6 Gig+ untuk PC dan laptop, router ini dapat berjalan stabil saat digunakan oleh beberapa user secara bersamaan. Lewat fitur BSS color client, user akan diidentifikasi sesuai warna ketika sudah terhubung ke router. Jika ternyata tidak cocok dengan jaringan tersebut, otomatis perintahnya akan di-ignore. Bisa dibilang Archer AX50 menjadi jawaban akan tuntutan Wi-Fi rumahan yang terus berkembang. Terdapat teknologi OFDMA yang bisa meningkatkan kapasitas koneksi dalam densitas tinggi dibandingkan dengan router standar 802.11.

TP-Link juga memperkenalkan Archer AX10 yaitu CPU bertenaga Triple-Core didukung teknologi Wi-Fi 6 Stable Next-Gen Performance. Salah satu router Wi-Fi 6 milik TP-Link ini mendukung 1024-QAM terbaru yang bekerja untuk meningkatkan kecepatan ke tingkat Gigabit. User dapat menikmati sambungan nirkabel ke jaringan WiFi GB lewat smartphone atau laptop dengan kecepatan terkomparable yang dimasukkan melalui kabel Ethernet. Teknologi OFDMA yang ditanamkan pada router ini memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan satu band pada saat yang sama serta tidak berpengaruh pada penurunan kinerja. Teknologi Target Wake Up Time yang tertanam pada router ini membuat konsumsi daya pada perangkat user lebih hemat.

TP-Link juga menghadirkan Archer TX3000E, yakni Wi-Fi 6 Bluetooth 5.0 PCI-E adapter khusus untuk para pengguna internet di PC. Dengan teknologi Wi-Fi terbaru tersebut, perangkat jaringan yang terdiri atas network card dan dua antena magnet 5 dBi ini dapat menjamin kecepatan ekstrem dan latensi ultra-rendah. Dengan ditanamkannya 1024-QAM dan kecepatan bandwith sebesar160 MHz, network card Archer TX3000E menghasilan sinyal yang powerful. Archer TX3000E meningkatkan kinerja Wi-Fi tiga kali lebih cepat dari standar AC Wi-Fi drive bawaan PC.

Selain beberapa seri router Wi-Fi 6 di atas, TP-Link juga segera memperkenalkan perangkat router access point Wi-Fi 6 seri EAP620 HD yang dihadirkan bagi para pebisnis atau entrepreneur. Access point ini sangat pas digunakan di dalam kantor atau café. Bagi orang-orang yang memiliki bisnis rumahan, EAP620 HD pun jadi pilihan yang tepat. EAP620 HD akan bekerja menyebarkan sinyal Wi-Fi secara merata ke seluruh ruangan. Perangkat ini hadir mengusung teknologi Next-Gen dengan kecepatan hingga 1.8 Gbps serta kecepatan Dual-Band hingga 1.774 Mbps yang telah didukung Wi-Fi 6 sehingga menghasilkan koneksi yang mulus. Salah satu keunggulan dari access point ini adalah mendukung integrasi ke penyimpanan data pada cloud Omada, di mana akses cloud Omada yang disediakan TP-Link tersebut mampu mempermudah kendali jaringan penggunanya di mana pun mereka berada.

TP-Link membekali kelima perangkat Wi-Fi 6 nya dengan MU-MIMO, di mana router-router ini bisa berkomunikasi dengan beberapa perangkat dan pengguna dalam waktu yang sama dengan beberapa jalur yang berbeda.

"TP-Link selalu ingin memberikan update terbaru untuk para pengguna internet. Melalui lima produk Wi-Fi 6 ini TP-Link berharap bisa mendukung dan menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin merasakan koneksi cepat dari Wi-Fi 6," jelas Sterling.

Sementara itu, Marketing Manager TP-Link Indonesia, Biko Yoshia, menambahkan, perangkat-perangkat terbaru TP-Link tersebut mulai tersedia di pasaran pada kuartal dua tahun ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.