WSBP Siap Berdayakan Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Senin, 09 Maret 2020 - 16:19 WIB

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) (Foto Ist)
PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk Plant Karawang berhasil meraih penghargaan CSR Awards tahun 2020 untuk Program Corporate Social Responsibility (CSR) RUTILAHU atau Rumah Tinggal Layak Huni. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang karena WSBP dinilai sebagai perusahaan yang aktif dalam melakukan kegiatan CSR di Kabupaten Karawang dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk menyatakan bahwa harapannya perusahaan dapat terus memberikan manfaat positif khususnya kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan dan lingkungan hidup untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Perusahaan menyadari bahwa hubungan yang terjalin baik antara perusahaan dan masyarakat sekitar wilayah operasional menciptakan hubungan mutualisme yang positif dan berkelanjutan. Hal inilah yang tengah dibangun oleh PT Waskita Beton perusahaan melalui Community Development. Jika sebelumnya program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan masih berada pada tahap charity dan filantropi, kini perusahaan akan menciptakan program pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.

Untuk itu, WSBP telah melakukan kerja sama dengan 2 (dua) perguruan tinggi negeri, yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia. Kedua universitas tersebut akan melakukan pemetaan sosial yang lebih mendalam untuk melanjutkan pemetaan sosial yang telah dilakukan sebelumnya oleh pihak internal perusahaan.

Kemudian, pihak perguruan tinggi akan mengirimkan tenaga-tenaga pendamping masyarakat profesional dan berpengalaman yang turun langsung untuk mengobservasi permasalahan dan kebutuhan masyarakat serta bersama masyarakat menyusun program pemberdayaan.

“Dengan adanya program pemberdayaan ini, nantinya diharapkan masyarakat dapat mandiri dan bisa berkontribusi terhadap diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya.” kata Jarot. Adapun beberapa program yang akan direalisasikan antara lain bidang sosial kemasyarakatan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan seni budaya.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2019, WSBP telah merealisasikan berbagai program CSR yang sesuai dengan hasil pemetaan sosial, di antaranya pembangunan posyandu dan penyediaan alat-alat kesehatan di posyandu, penyediaan fasilitas pelayanan di kantor desa, pembangunan taman bermain dan penyediaan alat permainan anak-anak, penyediaan mesin incinerator/alat bakar sampah, pembangunan MCK, pembangunan TPS, perbaikan akses jalan, dan program lainnya. Ke depannya, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menciptakan berbagai program pengembangan masyarakat yang positif bagi masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai perusahaan yang memiliki 9 Plant, 73 Batching Plant, 5 Quarry, dan proyek-proyek besar infrastruktur, WSBP berkomitmen penuh untuk berkontribusi aktif dalam Corporate Social Responsibility (CSR)/Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, terutama pada lokasi di sekitar wilayah operasional unit produksi. Oleh karena itu, untuk menciptakan CSR yang berkelanjutan/sustainability yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional unit produksi, perusahaan pun melakukan social mapping (pemetaan sosial) ke wilayah Desa/Kelurahan/Kecamatan yang berada di sekitar area unit produksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan (Doc: Kementan)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:04 WIB

Nasrullah Didapuk Jadi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyegaran organisasi pada pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup Kementerian Pertanian. Dalam penyegaran ini, Direktur Jenderal Peternakan…

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…

Lintasarta Raih Penghargaan Secure SD-WAN Excellence Award

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:27 WIB

Diakui Dunia Internasional, Perusahaan ICT Nasional Ini Raih Penghargaan Sistem Keamanan Siber Terbaik Kelas Dunia

Jakarta–Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions, Lintasarta, dinobatkan sebagai penyedia jasa SD-WAN dengan sistem keamanan terbaik oleh perusahaan multi…

Pengendalian hama lewat penyemprotan

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:08 WIB

Wuih, Penyemprotan Basmi Hama di Tanjab Timur

Pertengahan Juli lalu petani bersama dengan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) melakukan pengamatan rutin di area pertanaman padi Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah Panjang,…

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 18:49 WIB

Petani Kena Pajak PPN yang Beromzet Rp4,8 Miliar

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (Kepala BKF) Febrio Kacaribu mengatakan kontribusi sektor pertanian sangat besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, rata-rata sebesar 13%. Namun, kontribusi…