Katalis Merah Putih, Nilai Tambah Industri Biodiesel Temuan Guru Besar Teknik Industri ITB Prof Subagjo

Oleh : Candra Mata | Jumat, 06 Maret 2020 - 12:10 WIB

Guru besar ITB Prof Subagjo
Guru besar ITB Prof Subagjo

INDUSTRY.co.id - Bandung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi dedikasi guru besar Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Subagjo atas penemuannya mengembangkan katalis diesel dan nafta yang kini dikenal dengan sebutan "Katalis Merah Putih".

"Ini katalis Indonesia yang pertama diinisiasi oleh Prof. Subagjo. Saya mengucapkan terima kasih sudah mendarmabaktikan (pengetahuannya) untuk sektor energi. Ini tentu saja menjadi inspirasi bagi orang lain," kata Arifin saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa ITB di Bandung, baru baru ini.

Pemanfaatan katalis ini, imbuh Arifin, sangat diperlukan untuk mempercepat reaksi kimia dalam memproduksi bahan bakar nabati seperti biodiesel. 

"Katalis ini akan dimanfaatkan untuk produk-produk bioenergi. Terima kasih bagi yang sudah mendukung program ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, pengembangan Katalis Merah Putih dinilai penting karena bisa memberikan nilai tambah untuk kemajuan sektor energi. 

"Saat ini sudah mulai perang informasi, perang energi. Saya berharap pasukan-pasukan di sini jadi komandan-komandan yang berhasil dalam menghadapi perang tersebut," harap Arifin kepada peserta kuliah umum.

Pengembangan katalis merah putih sendiri tidak dikerjakan sendiri. ITB melalui Prof. Subagjo telah bekerja sama dengan Pertamina, Pupuk Indonesia dan BPDPKS. 

Arifin pun meminta agar proyek ini bisa segera dimanfaatkan. 

"Pakai terobosan-terobosan yang bisa mempercepat biar proyek supaya ini bisa jalan," tegasnya.

Arifin berharap katalis ini tidak hanya diimplementasikan untuk industri-industri berskala besar saja. 

"Mudah-mudahan bisa untuk industri-industri kecil yang mencakup kegiatan masyarakat banyak," harapnya.

Dijelaskannya, pada pemrosesan biodiesel berbasis minyak kelapa sawit, katalis akan bekerja untuk menghilangkan sulfur dan nitrogen yang tidak dibutuhkan saat proses pembakaran. 

"Katalis ini bisa mengakselerasi proses pembentukan produk akhir," pungkas Arifin.

Hadirnya Katalis Merah Putih ini diharapkan mampu menyuplai kebutuhan katalis bagi industri biodiesel di Indonesia, untuk meningkatkan produksi biodiesel sebagai bahan campuran minyak solar dalam program mandatori B30, B40 dan seterusnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nagaswara Luncurkan Nagadigit

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:32 WIB

Nagaswara Luncurkan Nagadigit, Sebagai Upaya Mendukung Musisi Memperkenalkan Karyanya Lewat YouTube

Nagaswara sebagai mayor label terus melakukan terobosan, agar bisnis industri musiknya bisa terus bertahan dan bisa bersaing dengan label rekaman lain. Menyadari kalau tahun 2022 adalah tahun…

Ilustrasi usaha pendinginan ikan. (Dasril Roszandi/NurPhoto via Getty Images)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:12 WIB

Wow Ekspor produk perikanan Indonesia ke Negeri Tirai Bambu Capai USD 890, Menteri Trenggono Genjot Ekspor

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan terus menggenjot nilai ekspor produk perikanan ke Tiongkok untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…