Bongkar Muat IPCC Normal Tanpa Terpengaruh Corona

Oleh : Wiyanto | Rabu, 04 Maret 2020 - 08:32 WIB

Dermaga IPCC (Foto Istimewa)
Dermaga IPCC (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) terutama dari arus bongkar muat kendaraan masih berjalan normal, di tengah kepanikan berlebihan terhadap imbas penyebaran wabah virus corona atau yang lebih dikenal dengan nama medis Covid-19 dimana membuat banyak pelaku pasar memiliki persepsi negatif terhadap kinerja sejumlah emiten akibat penurunan aktivitas ekonomi dan bisnis, dapat disampaikan kinerja operasional .

Pelaku pasar sebaiknya tidak terlalu panik dan dapat melihat adanya peningkatan dari aktivitas tersebut, terutama dari arus bongkar muat ekspor CBU. Sementara itu, dari aktivitas bongkar muat kendaraan alat berat masih lebih didominasi peningkatan di terminal domestik.

Meski demikian, dari sisi internal tetap mengupayakan kehati-hatian terhadap penyebaran virus tersebut melalui peningkatan program Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan kerja (K3) baik terhadap seluruh pegawai maupun para mitra dan customer IPCC antara lain, mengupayakan kebersihan di lingkungan IPCC, pengenaan masker terhadap pihak yang sedang flu dan batuk, dan lainnya.

Hal tersebut dilakukan terkait antisipasi pencegahan dan penanggulangan meluasnya virus corona agar diketahui oleh seluruh petugas yang terlibat dalam kegiatan operasional khususnya dan umumnya semua pemangku kepentingan di lingkungan IPCC. Langkah antisipasi ini dipandang perlu karena IPCC menyadari bahwa sebagai pihak yang berada di garda terdepan dalam kegiatan ekspor dan impor barang, khususnya berbagai macam kendaraan, dimana dalam kegiatan operasionalnya langsung berinteraksi dengan kapal-kapal asing dan juga sebagai upaya melindungi seluruh kepentingan yang melakukan kegiatan di lingkungan IPCC dari bahaya virus corona yang sedang mewabah di dunia. Selain itu, juga sebagai tindak lanjut dari Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona yang telah disampaikan oleh Kepala Kantor Kesehatan Kelas I Tanjung Priok di IPCC.

Dari sisi operasional, tercatat arus bongkar muat kendaraan CBU untuk segmen ekspor secara akumulasi dari awal tahun hingga 25 Februari 2020 tercatat naik 7,03 persen menjadi 44.802 unit CBU dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 41.860 unit CBU. Sedangkan impor masih tercatat turun menjadi 6.546 unit CBU atau lebih rendah 40,59 persen dibandingkan periode yang sama di 2019 sebesar 11.018 unit CBU.

Peningkatan ekspor seiring dengan keberlanjutan program Pemerintah yang memang mendorong para ATPM untuk memasarkan produknya yang diproduksi di dalam negeri untuk diekspor terutama terbantukan dengan adanya peraturan Dirjen Bea dan Cukai tentang tata laksana ekspor kendaraan CBU sehingga beberapa mereķ dagang meningkatkan ekspornya, antara lain Mitsubishi, Honda, Chevrolet - Wuling, Toyota, dan Suzuki. Lalu, pada segmen ekspor alat berat mampu menunjukan kenaikan 42,20 persen secara akumulasi dari awal tahun hingga 25 Februari 2020 menjadi 246 unit alat berat (non truk dan bus) dari 173 unit alat berat (non truk dan bus) di periode yang sama di tahun sebelumnya. Namun, impor alat berat cenderung masih melemah dimana turun 83,43 persen menjadi 205 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 1.237 unit alat berat (non truk dan bus). Begitupun dengan spareparts, sebagai komponen dari alat berat, secara akumulasi dari awal tahun hingga 25 Februari 2020 tercatat ekspor naik 166,61 persen menjadi 1.709 m3 dari 641 m3 di periode yang sama di tahun lalu. Menurunnya trafik alat berat dan truck berpengaruh pada penurunan spareparts karena sebagian besar merupakan part dari unit alat berat.

Dari sisi domestik pun masih terjaga kinerjanya dimana arus bongkar muat kendaraan masih dapat berjalan normal di tengah kepanikan meluasnya wabah Covid-19 ini. Untuk CBU tercatat naik 211,39 persen menjadi 30.357 unit CBU secara akumulasi dari awal tahun hingga 25 Februari 2019 dibandingkan 9.749 di periode yang sama di tahun lalu. Alat berat (non bus dan truk) naik 102,81 persen dari 391 di tahun lalu menjadi 793 unit alat berat secara akumulasi dari awal tahun hingga 25 Februari 2019. Sementara itu, untuk truk dan bus naik 132,02 persen menjadi 2.659 unit dibandingkan 1.146 unit di periode yang sama di tahun sebelumnya.

Masih berjalan normalnya aktivitas bongkar muat kendaraan di IPCC menunjukan bahwa IPCC mampu untuk tetap beroperasi melayani para customer-nya sekaligus sebagai perwujudan pemberian kepercayaan dari para customer dan mitranya terhadap layanan dan fasilitas yang diberikan oleh IPCC. Hal tersebut menjadi perwujudan nilai perusahaan customer centric dimana membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan para pelanggan dan secara konsisten memberikan pelayanan yang terbaik maka diharapkan dapat menjaga performance IPCC. Diharapkan kondisi ini dapat konsisten berlanjut ke depannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.