Masyarakat Cemas Market Terancam, Chairul Tanjung: Harus ada Antisipasi Serius Hadapi Virus Corona

Oleh : Candra Mata | Jumat, 28 Februari 2020 - 11:59 WIB

Chairul Tanjung (images sources Biofrafiku. com)
Chairul Tanjung (images sources Biofrafiku. com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pengusaha nasional yang juga pemilik CT Corp Chairul Tanjung mengemukakan bahwa saat ini masyarakat dunia sedang cemas menghadapi penyebaran virus Corona.

"Tahun 2020 ini dimulai dengan sesuatu yang sangat tidak kita duga, dunia mendapat yang namanya virus corona," tutur Chairul Tanjung, dalam acara Economic Outlook 2020 yang diselenggarakan CNBC Indonesia di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu lalu (26/2/2020).

CT sapaan akrab Chairul Tanjung juga mengatakan kondisi pasar sekarang dalam kondisi kecemasan. Tidak hanya masyrakat, dunia ekonomi juga sedang terancam.

Menurutnya, pada minggu pertama dan kedua Januari 2020 pasar menunjukkan perbaikan. Namun di minggu ketiga dan keempat sektor khususnya komoditas langsung terkoreksi cukup dalam.

Apalagi, sambungnya yang pertama kali terpapar virus mematikan ini adalah China yang menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

"Tiongkok adalah pusat industri dunia. Kita tahu 20% dari PDB dunia itu dikuasi oleh Tiongkok, 34% global trade juga Tiongkok, lebih dari 150 juta wisatawan Tiongkok dari China travelling ke luar China. Indonesia dapat lebih dari 2 juta turis China, Bali dapat 1 juta turis China. Komponen elektronik 30% dari China, 7 dari 10 pelabuhan tersibuk di dunia ada di China," jelasnya.

Para pakar memprediksi pertumbuhan ekonomi China akan terus menurun. Pertumbuhan ekonomi di China diperkirakan akan turun 1,5%.

Nah para ahli juga menghitung setiap pertumbuhan ekonomi China kehilangan 1% maka akan terdampak pada turunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 0,3%.

Hal ini dipandang Chairul Tanjung bisa jadi tekanan luar biasa untuk perekonomian Indonesia.

“Harus ada antisipasi serius dari Pemerintah terhadap wabah mematikan yang mulai nyata-nyata menganggu perekonomian dunia ini,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…