39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Februari 2020 - 11:57 WIB

39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo
39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ajang pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 yang mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dijadikan arena untuk mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Melalui Pemilihan Puteri Indonesia 2020, kita sekaligus mempromosikan destinasi wisata kita, khususnya wisata budaya karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa," kata Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani di Jakarta, Kamis.(27/2/2020)

Menurut dia, sebanyak 65 persen wisatawan mancanegara datang ke Indonesia bukan karena ingin melihat keindahan alam saja, tetapi justru ingin melihat kekayaan budaya Indonesia.

Dikatakannya, PPI yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-24, menjaring 39 finalis dari 34 provinsi di Tanah Air.

Para finalis yang berasal dari beragam profesi, mulai mahasiswi, dokter, model, pilot, karyawati, pengusaha, siap berkompetisi untuk memperebutkan tiga mahkota Borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Putri berharap, meningkatnya wisatawan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Misalnya saja wisatawan yang datang ke Yogyakarta itu membeli barang kerajinan produksi UKM. Saya harap dengan mempromosikan NTT dan Labuan Bajo juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT," ujar mantan CEO PT.Mustika Ratu itu melalui keterangan tertulis.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, Julie Sutrisno Laiskodat menyatakan, NTT adalah daerah yang pemandangan alamnya indah dan kekayaan budaya luar biasa, khususnya kain tenun, juga banyak pohon kelor yang merupakan jenis kelor terbaik di dunia setelah Spanyol.

"Saya harap potensi ini bisa digali lewat kegiatan Pemilihan Puteri Indonesia,” kata istri Gubernur NTT Victor Laiskodat itu.

CEO PT Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang mengungkap, kelor merupakan salah satu bahan alam yang telah digunakan sebagai kosmetik Mustika Ratu.

"Kelor memiliki kandungan bahan aktif yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan ini sudah digunakan untuk produk kecantikan kami. Ke depan akan kita gali terus pemanfaatan daun kelor dari NTT,” katanya.

Sebagai permulaan kegiatan promosi NTT, para finalis sudah membuat tulisan, foto, dan video keindahan alam Labuan Bajo saat mereka menginap dua malam di Labuan Bajo dalam acara Familiarization Trip agar lebih mengenal potensi pariwisata di Labuan Bajo.

Tahun ini, Top 3 Puteri Indonesia 2020 juga akan menggunakan national costume bertema Nusa Tenggara Timur di ajang bergengsi internasional yaitu Miss Universe 2020, Miss International 2020, dan Miss Supranational 2020.

Para finalis juga akan memperagakan busana-busana hasil karya desainer anak negeri dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya bekerja sama dengan Kadin Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional (National Costume) dan Malam Seni dan Budaya pada 29 Februari 2020.

Dari unjuk bakat ini akan terpilih 3 nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan 3 nominasi Puteri Berbakat Terbaik.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 akan diselenggarakan 6 Maret 2020 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang dihadiri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat dari Thailand dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild dari Thailand.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rahayu Kertawiguna CEO Nagaswara Musik (Foto Ist)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:00 WIB

Rahayu Kertawiguna Komitmen Tak Lakukan PHK Karyawan Nagaswara

Mem-PHK karyawan bukan solusi terbaik, bagaimanapun karyawan aset terbesar kami. Mereka telah bersama-sama membesarkan Nagaswara, masa kemudian kami seenaknya mengeluarkan mereka. Yang penting…

Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat meresmika JR Connexion di Kawasan Jababeka

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:40 WIB

Langkah Nyata Jababeka Menuju TOD City

Jababeka sebagai kawasan TOD terus menunjukkan kemajuan positif menyusul diluncurkannya layanan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka ( Minggu 18/10/2020 ) oleh Menteri Perhubungan RI…

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…