Cetak SDM Tangguh, Swiss German University Terapkan Kampus Merdeka

Oleh : Hariyanto | Kamis, 27 Februari 2020 - 18:55 WIB

Cetak SDM Tangguh, Swiss German University Terapkan Kampus Merdeka
Cetak SDM Tangguh, Swiss German University Terapkan Kampus Merdeka

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-20 tahun, Swiss German University (SGU) menggelar Annual Media Gathering & Workshop 2020 yang dilengkapi dengan Talkshow bertajuk "Empowering Next Generation Professionally To Embrace the Digital Transformation Era".

Bertempat di HopeClat Kitchen & Tea Room, Gedung Permata Kuningan-Jakarta, peringatan ulang tahun ini juga dilengkapi dengan serangkaian program edukasi SGU yang beriringan dengan adanya tren transformasi digital yang memang telah dilakukan semenjak kampus didirikan.

Salah satu tren transformasi yang dilakukan adalah kebijakan Kampus Merdeka yang keempat, di mana SGU sebagai perguruan tinggi memberikan pelatihan kepada siswa untuk magang atau praktik kerja di industri atau organisasi sebagai “jam kegiatan” guna melatih mahasiswa untuk lebih siap menghadapi tantangan di dalam suatu perusahaan atau organisasi.

"SGU sebagai universitas internasional pertama di Indonesia sebenarnya telah mengaplikasikan kebijakan Kampus Merdeka sejak awal," kata Head of Public Relation Departement Swiss German University (SGU), Ratih Marini di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sejak didirikan, SGU telah meluluskan mahasiswa S1 sebanyak 3.500 student, sementara lulusan S2 antara 600-700 alumni dalam bingkai didikan spirit kampus merdeka. Sediktnya 58 persen lulusan bekerja di perusahaan multinasional, nasional, dan internasional. Sisanya ada yang studi lanjut dan mendirikan usaha.

SGU memiliki program double degree di mana pelajarnya wajib untuk melakukan magang di dalam negeri ketika masuk ke dalam semester tiga. Selanjutnya magang dan melakukan kegiatan perkuliahan di luar negeri ketika memasuki semester enam. Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa SGU telah menjadi terdepan dan mendukung kebijakan pemerintah.

Swiss German University (SGU) adalah Universitas Swasta yang disponsori oleh Yayasan Swiss German dan terletak di The Prominence Tower, Jalan Jalur Sutera Barat Kav 15, Alam Sutera, Panunggangan Tim, Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143, Indonesia. Swiss German University didirikan pada tahun 2000 sebagai usaha bersama antara investor swasta dari Jerman dan Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…