Putri Tanjung Staf Khusus Presiden Menginspirasi Pemuda Papua Berbisnis

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 Februari 2020 - 09:00 WIB

Putri Tanjung
Putri Tanjung

INDUSTRY.co.id - Sorong-Tidak kurang dari 500 pemuda dan pemudi Papua di Kota Sorong menghadiri gelaran Talkshow yang diisi oleh 2 Staf Khusus Presiden Joko Widodo, yaitu Putri Tanjung dan Billy Mambrasar. Gelaran Talkshow tersebut diberi tajuk: “Peran Pemuda Papua Dalam Dunia Bisnis”. Sebagian besar dari milenial yang hadir tersebut telah memiliki usaha di berbagai bidang, dan ingin meningkatkan lagi usaha mereka.

Acara tersebut berlangsung pada tanggal 26 Februari, Pukul 3 Sore waktu setempat, di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Adapun gelaran talkshow ini bukan merupakan gelaran talkshow milenial pertama yang diisi oeh Putri dan Billy. Keduanya telah berbicara di lebih dari 12 Kota Di Indonesia, kepada kurang lebih 15,000 Millenials, untuk menginspirasi dan mendorong karya-karya kreatifnya.

“Memang tugas kepada kami ber-tujuh, staf khusus Milenial Presiden Jokowi, adalah berbincang-bincang dengan para milenial Indonesia, mendengar masukan dan aspirasi mereka, lalu menyuarakan dalam bentuk masukan kepada bos kami, Pak Presiden. Terkadang, kami juga menjadi corong beberapa kebijakan dan program pemerintah kepada Milenial, agar mereka memahaminya, dan ikut terlibat penuh membangun negara Indonesia”, Jelas Billy Mambrasar, yang berdarah asli Papua tersebut.

Adapun tujuan acara ini adalah untuk mendorong anak-anak muda Papua untuk jangan ragu berbisnis demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua pada khususnya, dan ikut membangun Indonesia secara keseluruhan. Dengan lahirnya lebih banyak lagi pebisnis muda dari Papua, maka hal ini akan memperlihatkan bahwa Papua telah berada pada level kesiapan untuk menghadapi kompetisi dunia kewirausahaan, teknologi dan inovasi di level nasional.

Gelaran talkshow ini merupakan kolaborasi antara yayasan pendidikan Kitong Bisa Sorong, dan PT. Papua Muda Inspiratif, sebuah sebuah perusahaan yang digerakan oleh pemuda dan pemudi asli Papua, untuk mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di  Papua, yang berfokus kepada manusia.

”Dengan jumlah peserta lebih dari 500 orang hari ini, saya pribadi dan tentunya PT. Papua Muda Inspiratif secara keseluruhan sangat optimis bahwa anak-anak muda Papua ternyata memiliki antusiasme yang tinggi untuk ikut membangun Provinsi Papua dan Papua Barat melalui Gerakan kewirausahaan,” ujar Neil Aiwoy, Direktur Eksekutif Papua Muda Inspiratif.

Putri Tanjung secara terpisah menyatakan bahwa dia sangat berbahagia, karena ini merupakan kunjungan pertamanya ke Tanah Papua, dan langsung disambut antusias oleh milenial yang hadir di Kota ini. Sebelum gelaran talkshow ini berlangsung, Putri juga memberikan pelatihan eksklusif kepada 24 start-up dan UKM milik anak-anak muda asli Papua, yang didanai oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan PT. Papua Muda Inspiratif.

“Semangat anak-anak Papua sangat tinggi, dan saya jadi ikut-ikutan optimis dalam menyampaikan materi saya tadi”, ungkap Pemilik usaha event organizer bernama: Kreavi ini.

Selain dua staf khusus Milenial Presiden Jokowi tersebut, hadir juga sebagai pembicara yang lain: Direktur Eksekutif PT Papua Muda Inspirasi, Neil Aiwoy, Direktur Utama PT. Kitong Bisa Enterprise: Khoirun Nisa Sri Mumpuni, dan Advisor Kitong Bisa Sorong: Vilta Lefaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…