Putri Tanjung Staf Khusus Presiden Menginspirasi Pemuda Papua Berbisnis

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 Februari 2020 - 09:00 WIB

Putri Tanjung
Putri Tanjung

INDUSTRY.co.id - Sorong-Tidak kurang dari 500 pemuda dan pemudi Papua di Kota Sorong menghadiri gelaran Talkshow yang diisi oleh 2 Staf Khusus Presiden Joko Widodo, yaitu Putri Tanjung dan Billy Mambrasar. Gelaran Talkshow tersebut diberi tajuk: “Peran Pemuda Papua Dalam Dunia Bisnis”. Sebagian besar dari milenial yang hadir tersebut telah memiliki usaha di berbagai bidang, dan ingin meningkatkan lagi usaha mereka.

Acara tersebut berlangsung pada tanggal 26 Februari, Pukul 3 Sore waktu setempat, di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Adapun gelaran talkshow ini bukan merupakan gelaran talkshow milenial pertama yang diisi oeh Putri dan Billy. Keduanya telah berbicara di lebih dari 12 Kota Di Indonesia, kepada kurang lebih 15,000 Millenials, untuk menginspirasi dan mendorong karya-karya kreatifnya.

“Memang tugas kepada kami ber-tujuh, staf khusus Milenial Presiden Jokowi, adalah berbincang-bincang dengan para milenial Indonesia, mendengar masukan dan aspirasi mereka, lalu menyuarakan dalam bentuk masukan kepada bos kami, Pak Presiden. Terkadang, kami juga menjadi corong beberapa kebijakan dan program pemerintah kepada Milenial, agar mereka memahaminya, dan ikut terlibat penuh membangun negara Indonesia”, Jelas Billy Mambrasar, yang berdarah asli Papua tersebut.

Adapun tujuan acara ini adalah untuk mendorong anak-anak muda Papua untuk jangan ragu berbisnis demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua pada khususnya, dan ikut membangun Indonesia secara keseluruhan. Dengan lahirnya lebih banyak lagi pebisnis muda dari Papua, maka hal ini akan memperlihatkan bahwa Papua telah berada pada level kesiapan untuk menghadapi kompetisi dunia kewirausahaan, teknologi dan inovasi di level nasional.

Gelaran talkshow ini merupakan kolaborasi antara yayasan pendidikan Kitong Bisa Sorong, dan PT. Papua Muda Inspiratif, sebuah sebuah perusahaan yang digerakan oleh pemuda dan pemudi asli Papua, untuk mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di  Papua, yang berfokus kepada manusia.

”Dengan jumlah peserta lebih dari 500 orang hari ini, saya pribadi dan tentunya PT. Papua Muda Inspiratif secara keseluruhan sangat optimis bahwa anak-anak muda Papua ternyata memiliki antusiasme yang tinggi untuk ikut membangun Provinsi Papua dan Papua Barat melalui Gerakan kewirausahaan,” ujar Neil Aiwoy, Direktur Eksekutif Papua Muda Inspiratif.

Putri Tanjung secara terpisah menyatakan bahwa dia sangat berbahagia, karena ini merupakan kunjungan pertamanya ke Tanah Papua, dan langsung disambut antusias oleh milenial yang hadir di Kota ini. Sebelum gelaran talkshow ini berlangsung, Putri juga memberikan pelatihan eksklusif kepada 24 start-up dan UKM milik anak-anak muda asli Papua, yang didanai oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan PT. Papua Muda Inspiratif.

“Semangat anak-anak Papua sangat tinggi, dan saya jadi ikut-ikutan optimis dalam menyampaikan materi saya tadi”, ungkap Pemilik usaha event organizer bernama: Kreavi ini.

Selain dua staf khusus Milenial Presiden Jokowi tersebut, hadir juga sebagai pembicara yang lain: Direktur Eksekutif PT Papua Muda Inspirasi, Neil Aiwoy, Direktur Utama PT. Kitong Bisa Enterprise: Khoirun Nisa Sri Mumpuni, dan Advisor Kitong Bisa Sorong: Vilta Lefaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi 5G.(Ist)

Jumat, 25 September 2020 - 12:22 WIB

Qualcomm: Penerapan 5G Akan Membuat Industri Lebih Efisien, Lebih Cerdas dan Lebih Aman

Qualcomm Inernasional menyoroti peluang yang sangat besar dari aplikasi 5G di Indonesia, terutama menekankan keragaman use cases termasuk Industrial Internet of Things (IIoT) yang sejalan dengan…

Wisma atlet kemayoran

Jumat, 25 September 2020 - 12:18 WIB

4 Hari Dibuka, Tower 4 dan Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Sudah Terisi Sebanyak 2122 Pasien OTG

Tower 4 dan Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta - yang disiapkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sebagai Flat Isolasi Mandiri bagi warga yang tak memiliki tempat untuk melakukan isolasi mandiri…

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan dan Jojo Pimpinan Media Digital Menyayangkan Febri Diansyah Mundur dari KPK

Jumat, 25 September 2020 - 12:17 WIB

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan dan Wakil DPD Sultan Nadjamuddin Menyayangkan Mundurnya Febri Diansyah

Febri Diansyah tercatat sebagai aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW). Kondisi politik dan hukum telah berubah bagi KPK. Dan ini, membuat belasan pegawai KPK mundur dengan beragam alasan.…

Marcella Zalianty (Foto Ist)

Jumat, 25 September 2020 - 12:00 WIB

Ketum PARFI 56 Marcella Zalianty Terima Bantuan untuk Pekerja Seni Dampak Pandemi Covid

Akibat pandemi Covid-19, banyak pekerja seni yang kehilangan pendapatan, sehingga beralih menekuni UMKM. Antara lain memproduksi kerajinan bambu, budidaya serangga, dan usaha kuliner seperti…

Kebun Bunga Bougainville Lengkapi Kawasan The Mandalika NTB

Jumat, 25 September 2020 - 12:00 WIB

Kebun Bunga Bougainville Lengkapi Kawasan The Mandalika NTB

Proyek Pink Mandalika adalah proyek penanaman bunga Bougainville berwarna pink di tujuh bukit di seputar area Jalan Khusus Kawasan (JKK) dengan total lahan yang akan ditanami mencapai 26,5 ha…