Penjualan Ban Meningkat, Hankook Tire Raih Laba Operasional sebesar KRW 6,896.4 triliun

Oleh : Candra Mata | Senin, 24 Februari 2020 - 23:27 WIB

Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia
Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia

INDUSTRY co.id - Seoul, Produsen ban global terkemuka, Hankook Tire minggu lalu mengumumkan pencapaian finansial perusahaan tahun 2019 dengan penjualan konsolidasi global yang mencapai KRW 6,896.4 triliun, serta perolehan operating profit atau laba operasional sebesar KRW 542,9 miliar.

Didukung oleh teknologi terkemuka dan produk dengan kualitas premium, penjualan ban high-inch (ban dengan diameter lebih dari 17 inci) mampu mendominasi penjualan sebesar 55,4% dari seluruh penjualan, mengalami peningkatan 3,1% secara year-on-year atau periode yang sama dengan tahun sebelumnya.

Penjualan ini khususnya didukung berkat penjualan ban high-inch yang meningkat di Cina sehingga Hankook mengalami pertumbuhan yang lebih stabil di pasar replacement market (RE) sebagai produk pengganti ban orisinil kendaraan.

Selaras dengan pertumbuhan permintaan segmen produk SUV (sports utility vehicle) secara global, Hankook terus memperkuat pemasaran lini ban high-inch-nya dengan memperbanyak kemitraan strategis dengan produsen mobil premium ternama, seperti Porsche Cayenne generasi ketiga, Audi Q8 generasi terbaru, dan Audi SQ8 TDI.

Sementara itu, penjualan perusahaan juga dipengaruhi oleh persaingan pasar ban global yang semakin intens disebabkan penurunan permintaan pasar otomotif secara global, dan ketidakpastian dari perang dagang sehingga penurunan laba perusahaan tak terhindarkan.

Di tahun 2020 ini, Hankook Tire menargetkan perolehan penjualan sebesar KRW 7,2 triliun dan peningkatan laba operasional year-on-year. Hankook Tire ingin fokus memperkuat citra premium dengan menggenjot penjualan ban high-inch.

Sementara itu, President Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyiapkan sejumlah strategi bagi PT. Hankook Tire Sales Indonesia yang menaungi seluruh kegiatan penjualan dan distribusi produk di Indonesia.

“Kami di Indonesia juga memiliki fokus produk yang sejalan dengan orientasi global, yaitu produk ban penumpang segmen SUV. Target penjualan global tahun 2020 ini menjadi tugas bersama bagi seluruh jaringan penjualan Hankook di seluruh wilayah, tak terkecuali Indonesia yang membutuhkan strategi khusus dalam merebut pasar yang lebih luas. Kami berencana tidak hanya mengandalkan jaringan retail saja. Hankook siap memasok produk bagi manufaktur mobil di Indonesia yang ingin mencari alternatif ban berkualitas premium dengan nilai ekonomis sebagai Original Equipment (OE)” ungkap President Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin.

Agar mampu bertahan di tengah dinamika industri yang kerap berubah, Hankook Tire konsisten memperkuat budaya perusahaan yang berorientasi kecepatan dan fleksibel, sehingga dapat mendorong budaya kerja yang proaktif melalui inovasi cara kerja karyawan, dan mempercepat kinerja perusahaan menjadi perusahaan global papan atas. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…