Penjualan Ban Meningkat, Hankook Tire Raih Laba Operasional sebesar KRW 6,896.4 triliun

Oleh : Candra Mata | Senin, 24 Februari 2020 - 23:27 WIB

Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia
Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia

INDUSTRY co.id - Seoul, Produsen ban global terkemuka, Hankook Tire minggu lalu mengumumkan pencapaian finansial perusahaan tahun 2019 dengan penjualan konsolidasi global yang mencapai KRW 6,896.4 triliun, serta perolehan operating profit atau laba operasional sebesar KRW 542,9 miliar.

Didukung oleh teknologi terkemuka dan produk dengan kualitas premium, penjualan ban high-inch (ban dengan diameter lebih dari 17 inci) mampu mendominasi penjualan sebesar 55,4% dari seluruh penjualan, mengalami peningkatan 3,1% secara year-on-year atau periode yang sama dengan tahun sebelumnya.

Penjualan ini khususnya didukung berkat penjualan ban high-inch yang meningkat di Cina sehingga Hankook mengalami pertumbuhan yang lebih stabil di pasar replacement market (RE) sebagai produk pengganti ban orisinil kendaraan.

Selaras dengan pertumbuhan permintaan segmen produk SUV (sports utility vehicle) secara global, Hankook terus memperkuat pemasaran lini ban high-inch-nya dengan memperbanyak kemitraan strategis dengan produsen mobil premium ternama, seperti Porsche Cayenne generasi ketiga, Audi Q8 generasi terbaru, dan Audi SQ8 TDI.

Sementara itu, penjualan perusahaan juga dipengaruhi oleh persaingan pasar ban global yang semakin intens disebabkan penurunan permintaan pasar otomotif secara global, dan ketidakpastian dari perang dagang sehingga penurunan laba perusahaan tak terhindarkan.

Di tahun 2020 ini, Hankook Tire menargetkan perolehan penjualan sebesar KRW 7,2 triliun dan peningkatan laba operasional year-on-year. Hankook Tire ingin fokus memperkuat citra premium dengan menggenjot penjualan ban high-inch.

Sementara itu, President Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyiapkan sejumlah strategi bagi PT. Hankook Tire Sales Indonesia yang menaungi seluruh kegiatan penjualan dan distribusi produk di Indonesia.

“Kami di Indonesia juga memiliki fokus produk yang sejalan dengan orientasi global, yaitu produk ban penumpang segmen SUV. Target penjualan global tahun 2020 ini menjadi tugas bersama bagi seluruh jaringan penjualan Hankook di seluruh wilayah, tak terkecuali Indonesia yang membutuhkan strategi khusus dalam merebut pasar yang lebih luas. Kami berencana tidak hanya mengandalkan jaringan retail saja. Hankook siap memasok produk bagi manufaktur mobil di Indonesia yang ingin mencari alternatif ban berkualitas premium dengan nilai ekonomis sebagai Original Equipment (OE)” ungkap President Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin.

Agar mampu bertahan di tengah dinamika industri yang kerap berubah, Hankook Tire konsisten memperkuat budaya perusahaan yang berorientasi kecepatan dan fleksibel, sehingga dapat mendorong budaya kerja yang proaktif melalui inovasi cara kerja karyawan, dan mempercepat kinerja perusahaan menjadi perusahaan global papan atas. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

On Robot

Selasa, 07 April 2020 - 22:25 WIB

OnRobot Soft Gripper Brings Highly Flexible, Food-Grade-Certified Handling to Challenging Pick-and-Place Applications

The new OnRobot food-grade Soft Gripper is able to pick a wide array of irregular shapes and delicate items in food and beverage, cosmetics and pharmaceuticals production, as well as manufacturing…

Atal Depari Ketum PWI

Selasa, 07 April 2020 - 22:15 WIB

Lindungi Wartawan, Ketum PWI Atal Depari: Panduan Peliputan Wabah Covid-19 Berlaku Mulai Rabu 8 April 2020

Wartawan yang akan meliput wabah Covid-19 harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai Covid-19. Selain itu wartawan yang sedang dalam status diduga atau dalam pengawasan penyakit Covid-19…

Prajogo Pangestu

Selasa, 07 April 2020 - 21:36 WIB

Tambah Rp10 miliar, Total Gelontoran Sumbangan Covid-19 Prajogo Pangestu Capai Rp40 miliar

Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19 sebesar Rp 10 Miliar. Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk…

Kuehne + Nagel

Selasa, 07 April 2020 - 21:05 WIB

Kuehne + Nagel launches eShipAsia to meet the logistics needs of Intra-Asia shippers

Kuehne + Nagel launches eShipAsia – an online logistics platform enabling Intra-Asia shippers to optimise every shipment based on the route, transit time and cost instantly.

Bambang Widjojanto: Aktivis Hak Azasi (Foto Dok Berita Satu)

Selasa, 07 April 2020 - 21:00 WIB

Janji Keadilan untuk Pak Ketua MA Baru

Selamat dan sukses kepada DR. M. Syarifuddin yang sudah terpilih sebagai Ketua MA menggantikan DR M. Hatta Ali yang memasuki usia pensiun.