Amar Bank Bangun 20 Rumah Layak Huni Untuk Warga Desa Babakan Madang

Oleh : Hariyanto | Senin, 24 Februari 2020 - 20:54 WIB

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian bersama Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia
Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian bersama Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Amar Bank, pionir fintech bank Tunaiku bersama dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia (Habitat for Humanity Indonesia), melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan bertemakan “Amar Bank Bangun Senyum”.

Melalui kegiatan CSR ini, Amar Bank dan Yayasan Habitat melakukan pembangunan 20 rumah layak huni untuk membantu lebih dari 80 warga bersama lebih dari 300 karyawan Amar Bank di Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Senin (24/2/2020). 

Kegiatan ini merupakan tema outing Amar Bank tahun ini sekaligus realisasi komitmen Amar Bank setelah bergabung dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia pada tahun 2019, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tempat tinggal layak huni.

Kurangnya pemukiman layak huni serta minimnya kesejahteraan membuat Habitat for Humanity Indonesia menginisiasi program untuk melakukan pembangunan rumah di desa-desa sehingga menjadi rumah yang layak huni. 

Pada outing tahunan kali ini, Amar Bank berpartisipasi untuk memberikan dukungan langsung kepada Habitat for Humanity Indonesia dengan membangun 20 rumah warga sebagai bentuk nyata perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, dengan mengerahkan lebih dari 300 karyawan Amar Bank untuk menjadi relawan.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, Amar Bank yang berfokus pada teknologi memiliki komitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam menjalankan komitmen, kami berusaha untuk mengetahui dan menjawab kebutuhan masyarakat. 

"Kondisi tempat tinggal dan sanitasi yang buruk serta kurangnya pengetahuan tentang praktik kebersihan umum, adalah masalah paling signifikan yang ditemukan di Desa Babakan Madang," kata Vishal Tulsian disela-sela kegiatan CSR.

Melalui kegiatan ini, tambah Vishal, Amar Bank berupaya untuk mendukung transformasi desa agar dapat menciptakan lingkungan yang mampu mendukung kegiatan warga setempat dengan membangun rumah yang layak untuk ditempati. 

"Kami berharap kehadiran Amar Bank dan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia dengan membangun 20 rumah dengan sanitasi yang layak dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengurangi keresahan warga Desa Babakan Madang akan tempat tinggal yang kurang memadai.” tambah Vishal Tulsian

Kegiatan CSR berkelanjutan ini menjadi salah satu komitmen Amar Bank sebagai perusahaan yang bergerak di lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diwujudkan melalui pembangunan rumah layak huni dan juga program keuangan berkelanjutan. 

Program tersebut sejalan dengan 17 Sustainable Development Goals yang memiliki tujuan untuk mengentaskan berbagai masalah yang ada. 

Kegiatan CSR ini bertujuan untuk membantu mendorong tujuh dari 17 program yang ada, di antaranya No Poverty, Good Health,  Clean Water & Sanitation, Good Jobs and Economic Growth, Innovation and Infrastructure,  Sustainable Cities and Communities, dan Partnership for The Goals. 

"Ketujuh poin tersebut kami lakukan  sebagai dukungan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup," tambahnya.

Program pembangunan rumah layak huni ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hunian di daerah Babakan Madang dengan kondisi rumah yang kurang layak, diantaranya lantai yang terbuat dari tanah, dinding bilik, tidak adanya ventilasi, dan tidak ada kamar mandi dalam rumah. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah rumah yang tidak layak huni dan membantu masyarakat Kecamatan Babakan Madang agar dapat menempati rumah yang lebih kokoh. 

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menjelaskan secara umum tempat tinggal di Babakan Madang merupakan tempat tinggal dengan kondisi kurang layak huni. “Melalui CSR Amar Bank ini, Habitat berharap masyarakat dapat memiliki tempat tinggal yang layak huni sehingga masyarakat dapat bertumbuh semakin berdaya, sejahtera, dan mandiri.” ungkap Susanto. 

Rumah yang layak merupakan kebutuhan utama bagi seseorang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di pedesaan, yang kemudian akan memberikan dampak positif untuk menggapai tujuan lainnya seperti pendidikan dan pendapatan yang lebih baik. 

Sejalan dengan hal tersebut, Amar Bank melakukan kegiatan CSR berkelanjutan yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

Vishal mengungkapkan, kegiatan CSR berkelanjutan yang fokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak di Desa Babakan Madang, sejalan dengan tujuan peminjam nasabah Tunaiku. 

"Sebagai lembaga keuangan, Amar Bank dengan produk Tunaiku menjalani program keuangan yang berkelanjutan untuk mendukung penggunaan pinjaman yang produktif yang mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat," ungkapnya.

Tujuan pinjaman untuk merenovasi rumah menempati posisi pertama yang mencapai 50% dari total nasabah Amar Bank. Dari situ Amar Bank menyadari bahwa rumah yang layak memang merupakan kebutuhan utama bagi seseorang untuk meningkatkan kehidupan, mulai dari rumah yang layak, pendidkan yang lebih baik dan pendapatan yang lebih baik. 

"Sejalan dengan hal tersebut, kami melakukan kegiatan CSR berkelanjutan yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak. Ke depan, kami berkomitmen terus bangun senyum masyarakat melalui berbagai kegiatan-kegiatan lainnya di berbagai daerah di Indonesia." tutup Vishal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

11 Tahun ICDX & ICH Peroleh Sertifikat ISO 27001 Wujud Komitmen dalam Perdagangan Berjangka Komoditi

Minggu, 05 Juli 2020 - 07:00 WIB

11 Tahun ICDX & ICH Peroleh Sertifikat ISO 27001 Wujud Komitmen dalam Perdagangan Berjangka Komoditi

Menapaki usia ke-11 tahun, Indonesia Commodity & Derivatives (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH) terus menunjukkan kualitas layanan dan prestasinya meski harus melalui berbagai sepak terjang.…

Dokter Reisa Tim Covid-19

Minggu, 05 Juli 2020 - 06:21 WIB

Ayah Bunda Tolong Catat! Tips Sukses Belajar Dirumah, dr Reisa: Siswa Harus Gembira, Jangan Stres

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan tujuh kiat atau cara sukses melakukan kegiatan belajar jarak jauh secara daring dari rumah. Ia mengatakan, pertama,…

Prajurit TNI di Lebanon Kembali Donasikan Obat-Obatan dan APD

Minggu, 05 Juli 2020 - 05:30 WIB

Prajurit TNI di Lebanon Kembali Donasikan Obat-Obatan dan APD

Bentuk perhatian kepada masyarakat desa binaan di wilayah Tulin, prajurit TNI yang tergabung Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/UNIFIL yang…

Satgas Yonif 125-Petugas Puskesmas Tingkatkan Kewaspadaan Makanan Masyarakat

Minggu, 05 Juli 2020 - 05:00 WIB

Satgas Yonif 125-Petugas Puskesmas Tingkatkan Kewaspadaan Makanan Masyarakat

Untuk memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi warga benar-benar sehat dan aman, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa bekerjasama dengan Puskesmas Bupul menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak)…

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Minggu, 05 Juli 2020 - 04:30 WIB

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Kepala Staf Korps Marinir (KS) Kormar, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M.Tr. (Han) bersama Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Ahmad Fajar meninjau langsung…