Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi Pertama START Summit

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 Februari 2020 - 09:00 WIB

Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi Pertama START Summit
Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi Pertama START Summit

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, konsisten mendukung perkembangan talenta digital Indonesia demi memajukan ekosistem industri teknologi Tanah Air. Salah satu langkah strategis dalam mewujudkan misi besar tersebut, Tokopedia menggelar konferensi teknologi pertama bertajuk Tokopedia START Summit 2020 di The Kasablanka Hall, Jakarta, belum lama ini.

Mengusung tema ‘Transforming Indonesia Through Technology’, Tokopedia START Summit 2020 merupakan ajang berbagi pengalaman puluhan talenta digital Tokopedia yang berinovasi untuk masyarakat dalam satu dekade perusahaan. Konferensi ini ditujukan kepada para pegiat teknologi, mulai dari startup, perusahaan, komunitas hingga media.

Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengungkapkan, “Melalui START Summit, Tokopedia ingin berbagi pengalaman kami dalam mengembangkan teknologi yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain baik rintisan ataupun korporasi yang sedang atau berencana melakukan transformasi digital untuk dapat menyiapkan fondasi yang lebih baik dan tidak perlu melakukan kesalahan yang pernah kami lakukan.”

Gelaran perdana Tokopedia START Summit 2020 ini menyuguhkan beragam topik di bidang TI, meliputi Tokopedia Technology Evolution, Future Technology Forecast, Core Engineering, Infrastructure and Productivity, Data dan beragam topik menarik lainnya. Selain wawasan inovasi, peserta juga dapat berdiskusi antara pelaku industri, komunitas dan Tim Engineering Tokopedia di ‘Leaders Circle’ yang tersedia secara gratis di area pameran.

Tokopedia START Summit 2020 didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Menteri Riset dan Teknologi RI sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro mengatakan, “Kami mendukung penuh inovasi dan inisiasi dari berbagai pihak dalam memajukan talenta digital Indonesia, termasuk Tokopedia Academy dan kegiatan START Summit yang dihadirkan oleh Tokopedia. Hal ini sejalan dengan usaha pemerintah dalam mendorong perkembangan talenta digital guna memenuhi kebutuhan industri 4.0 di Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan semangat bagi seluruh pihak untuk sama-sama membangun talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem industri teknologi yang lebih signifikan.”

“Tokopedia percaya bahwa untuk mewujudkan pertumbuhan talenta digital dibutuhkan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak, seperti pelaku bisnis, pemerintah, institusi pendidikan dan komunitas. Kehadiran Tokopedia START Summit 2020 merupakan salah satu upaya kami untuk membentuk ekosistem yang kolaboratif guna membangun industri teknologi Indonesia yang semakin maju,” ungkap Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja.

Tokopedia START Summit 2020 merupakan bagian dari Tokopedia Academy, wadah bagi para talenta digital Indonesia untuk belajar mengenai beragam topik TI dan mengembangkan talenta. Program Tokopedia Academy meliputi kegiatan reguler ‘Tech A Break’, workshop TI, dan kemitraan dengan berbagai komunitas TI.

Tokopedia Academy juga mengedepankan kerja sama strategis dengan institusi pendidikan, salah satunya dengan Universitas Indonesia  dengan mendirikan Tokopedia-UI AI Center of Excellence pada Maret 2019 lalu.

Ke depannya, Tokopedia berkomitmen untuk terus mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dan bertransformasi menjadi Super Ecosystem dengan mengedepankan lima pilar utama, yaitu memperkuat fondasi, fokus pada kebutuhan konsumen, memperluas pemanfaatan data, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan menjalankan kerangka kerja yang optimal secara finansial.

Acara ini juga didukung oleh sejumlah mitra termasuk Alibaba Cloud, Google Cloud, Bank Mandiri, Akamai, AsliRI, New Relic, Scalyr, Bank BCA, Workato, Amazon Web Services, Salesforce, Indonet dan CBN.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar bertema Kiat Tetap Positif, Sehat, dan Semangat Menghadapi Pandemi bersama Dr. Farhan Zubedi & Chef Rebecca Suwignyo,

Jumat, 06 Agustus 2021 - 00:49 WIB

Konsumsi Tempe dan Kelola Pikiran Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

PT Kobe Boga Utama lewat aksi peduli bertajuk Stay Well Stay Strong, melakukan beberapa rangkaian acara guna memberikan support kepada masyarakat dalam menghadapi wabah ini serta memotivasi…

Gedung Antam

Kamis, 05 Agustus 2021 - 22:49 WIB

Petinggi Antam Diperiksa Kejagung

Kejaksaan Agung Republik Indonesia akhirnya mengikuti berbagai desakan Komisi Hukum DPR RI untuk mengungkap skandal penyelundupan imporemas batangan yang dilakukan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.…

irektur Utama BTN, Haru Koesmahargyo/swa

Kamis, 05 Agustus 2021 - 21:08 WIB

CEO BTN, Haru Koesmahargyo: Stimulus Pemerintah Genjot Sektor Perumahan

Jakarta– CEO BTN Haru Koesmahargyo PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyebut, faktor pendorong pertumbuhan perumahan saat ini adalah stimulus-stimulus yang diberikan pemerintah ke sektor…

Gubernur Anies dan Relawan Kesehatan

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:30 WIB

Gubernur Anies Lepas Pulang Relawan Kesehatan: Terimakasih Ibu/Bapak Telah Tulus Berjuang Menangani Pasien Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari ini turut melepas Relawan Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Ekstensi Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede yang berasal dari RS Vertikal Kementerian Kesehatan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Tekstil Pan Brothers

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:07 WIB

Kembali Diguguat, Pan Brothers Bakal 'Mati-matian' Lawan Maybank

PT Bank Maybank Indonesia Tbk kembali menggugat PT Pan Brothers Tbk ke ranah hukum. Setelah pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ditolak, kali ini perusahaan mengajukan permohonan…